13 Usaha Tanpa Modal Yang Minim Resiko Beserta Cara Memulainya

Memulai usaha tanpa modal? mungkin sebagian dari sahabat yang membaca artikel ini pasti sedikit tidak percaya dengan judl artikel ini, masa ia sih ada usaha tanpa modal? hari gini mana ada orang yang mau ngasih modal gratis?

Eits, jangan berfikir negatif dulu ya sob.

Modal yang minim memang sering kali menjadi alasan kebanyaan orang untuk tidak memulai suatu usaha, sehinggga banyak di antar mereka yang mengurungkan niat dan keinginannya untuk menjadi pengusaha sukses serta mengubur mimpinya dalam dalam, karena merasa tidak mungkin untuk bisa memiliki suatu usaha dengan kondisinya saat ini.

Jangan kan untuk mengumpulkan modal, untuk keperluan sehari hari saja terkdang masing kurang, " Mungkin itu yang ada di benak sahabat".

Itu tidak salah, Namun tidak juga benar lho sob, karena sebenarnya modal bukanlah satu satunya alasan untuk seseorang bisa memiliki usaha, karena buktinya banyak juga orang yang berhasil memulai bisnis tanpa modal.

Sebut saja seperti Yasa Singgih dan beberapa pengusaha lain yang sudah saya rangkum di artikel saya sebelumnya tentang kisah pengusaha sukses, tidak semua dari mereka memulai usaha dengan modal uang, karena ada beberapa dari mereka yang bisa sukses bahkan dengan modal dengkul, dan sedikit modal.

Apalagi di era sekarang, yang merupakan jamannya bisnis online, sangat banyak peluang usaha tanpa modal yang beredar di internet yang bisa kita ikuti dan sudah terbukti menghasilkan banyak etrepreneur online.

Seperti yasa singgih, dia memulai usahanya benar benar tanpa modal karena dia hanya bermodalkan meminjam baju dari pedagang pedagang di tanah abang, dengan menjalin sistem kepercayaan dan membayarnya setelah ada barang laku, kemudian dia berbisnis dengan cara menjualnya secara online.

Atau seperti eka lesmana, seorang mantan tukang angon bebek yang sukses menjadi pengusaha online dengan bermodalkan tekad dan kemamuan yang kuat untuk belajar sehingga di sukses menghasilkan ratusan juta dar blog setiap bulannya. So !! jika sahabat masih berfikir modal adalah segala galanya dalam usaha, maka buang jauh jauh fikiran tersebut, karena itu hanya akan membuat sahabat semakin terpuruk dalam nestapa.

Dan untuk itulah pada kesempatan kali ini kerjaonline.my.id akan menghadirkan 15 contoh usaha tanpa modal yang minim resiko yang bisa sahabat pilih salah satu, yang semoga bisa menghantarkan sahabat menjadi seorang pengusaha sukses kelak.

Apa saja peluang bisnis tanpa modal tersebut? yuk kita simak ulasannya di bawah ini :

1. Blogger Profesional

usaha tanpa modal hasil melimpah

Ini adalah usaha tanpa modal yang paling saya rekomendasikan. Kenapa? Karena saya sudah menjalaninya sendiri, dan alhamdulillah saat ini saya sudah bisa menghasilkan uang dari blog secara rutin setiap bulan, tanpa mengganggu pekerjaan utama saya. 

Berapa penghasilan yang saya dapatkan?  Belom besar sih, tapi alhamdulillah suda bisa melebihi gajik umk di tempat saya bekerja. 

Ya walaupun memang untuk menjadi seorang blogger profesional ini tidak mudah, karena butuh waktu dan proses yang cukul panjang. 

Namun untuk jangka panjangnya, menjadi seorang blogger profesional ini sangatlah menjanjikan asalkan kita mau belajar dan konsisten .

Seperti saya sebutkan di atas, mas eka lesmana bisa menghasilkan ratussn juta tiap bulan dari blognya. Tapi tau nggk sahabat berapa waktu yang di perlukannua untuk belajar? Kurang lebih 3tahun, sebelum iti dia terus belajar dan belajar.

Saya sendiri, butuh waktu hingga 1 tahun sebelum akhirnya saya bisa mendapatkan penghasilan dari blog.

Ya, cukup lama memang, namun menurut saya. Blogging tetaplah yang terbaik sebagai bisnis online tanpa modal untuk jangka panjang .

2. Bisnis dropship

bisnis tanpa modal tanpa resiko

Apa itu dropship?  Silahkan sahabat pahami lebih jauh tentang dropship du artikel saya sebelumnya tentang : apa itu dropshipper dan cara kerjanya

Secara garis besar dropship ini mirip dengan reseller, hanya saja dalam hal ini kita tidak perlu lagi melakukan stok barang layaknya reseller, jadi untuk memulai bisnis dropship ini benar benar tanpa modal.

Cara kerjanya? 

Ya kita tinggal mencari toko online ataupun supplier yang menerima sistem dropship ini, kemudian kita daftar menjadi member mereka, maka kita sudah bisa langsung ikut menjual dan menjadi bagian bisnis mereka.

Contohnya : Semisal saya menjual sepatu kulit, Nah kemudian saya membuka penjualan dengan sistem dropship, kemudian sahabat menajukan diri untuk join dengan saya, maka mualailah sahabat menawarkan produk saya melalui katalog produk ataupun sample gambar produk yang sudah saya sediakan.

Nah selanjutnya tinggal sahabat tawarkan produk saya tersebut, baik melalui blog. media sosial dll, dan jika ada yang tertarik, maka sahabat tinggal konfrimasi kepada saya, maka selanjtunay saya yang akan mengirim barang tersebut ke custumer sahabat, menarik bukan?

Jadi intinya dengan bisnis dropship ini maka sahabat bisa memiliki toko online sendiri tanpa modal, karena sahabat tidak perlu stok barang dan tinggal memasarkannya saja.


3. Jasa Perpanjangan STNK Dan Pajak Kendaraan

inspirasi usaha tanpa modal

Mau cara usaha tanpa modal yang simple? maka membuka jasa perpanjangan STNK dan Pajak kendaraan bermotor jawabannya. lho emang bisa? ya bisa donk, di jaman sekarang ini ada banyak sekali masyarakat yang malas untuk mengantri untuk membyar pajak ataupun stnk kendaraan bermotor mereka, baik karena alasan sibuk dengan kerjaan ataupun alasan lainnya.

Jadi ini merupakan salah satu peluang usaha tanpa modal yang sangat potensial untuk sahabat semua, lumayan lho, pengalaman dari teman saya, untuk satu orang kita bisa memasang tarif Rp.50.000 s/d Rp.100.000, lumayan besar bukan?

Hanya bermodalkan mengantarkan berkas ke samsat kita sudah bisa memiliki penghasilan yang cukup lumayan.

4. Membuka Jasa Lest Private

bisnis tanpa modal sepeserpun

Selanjutnya, untuk sahabat yang memiliki keahlian di bidang ke ilmuan seperti matematika, bahasa inggris, dan juga yang lainnya, maka usaha sampingan tanpa modal yang cocok buat sahabat adalah membuka jasa lest private.

Sahabat bisa memanfaatkan ruang tamu dirumah, dan menyebarkan brosur serta promosi dari mulut ke mulut, maka sahabat sudah bisa memiliki usaha sendiri.

Apalagi jika sahabat tinggal di desa, yang belum banyak lembaga bimbingan belajar disana, saya rasa bisnis jasa yang satu ini sangatlah potensial, karena bisa berlangsung secara berkesinambangungan, selama masih ada anak sekolah maka selama itu pula jasa lest private ini di perlukan.

Apalagi menjelang ujian nasional maupun kenaikan kelas, maka tentu akan banyak para pelajar yang membutuhkan jasa ini, karena mereka ingin bisa lulus ataupun naik kelas dengan nilai yang baik.


5. Menjadi Seorang Content Writer

Apa itu content writer? kalau dari segi bahasa content writer = Penulis konten, wah apaan tuh konten? konten itu bisa berupa tulisan, vidio ataupun gambar yang di gunakan dalam upaya untuk mengoptimasi website mereka.

Misalnya blogger, selalu melakukan update artikel di blog mereka untuk mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya, ataupun website website lain, hampir semua dari mereka memerlukan konten yang di update setiap hari.

Nah, di antar blogger dan pemilik website website besar itu, tidak semua melakukan update konten sendiri, karena keteratasan waktu ataupun karena memang mereka memiliki blog dan website lebih dari satu, sehingga mereka memerlukan seorang jasa content writer.

Hanya saja yang harus di garis bawahi disini, jika sahabat tertarik untuk memulai bisnis sampingan tanpa modal sebagai seorang content writer, maka paling tidak sahabat sudah mengerti tentang cara penulisan yang SEO friendly, ataupun yang di sukai oleh mesin pencari, karena umumnya mereka yang menggunaan jasa content writer ini adalah ingin hasil tulisannya bisa ranking 1 di google.

So ! mau tidak mau seorang conten writer harus bisa mengerti tentang SEO. Karena biasanya sebelum melakukan pemesanan artikelpun mereka akan memberikan sejumlah kata kunci untuk di jadikan bahan artikel.
Lebih lengkap silahkan sahabat baca : Cara mencari uang di internet dengan menulis artikel

6.  Menjadi Seorang Youtuber

Lho emang dari youtube bisa menghasilkan uang ya? ya bisa donk, jika channel vidio yang sahabat upload di youtube sudah mencapi 4000 penayangan, dan jumlah subscriber sahabat sudah mencapai 1000 orang.

Maka sahabat sudah bisa mengajukan cahnnel youtube sahabat untuk di daftarkan ke pihak google adsense untuk di monetisasi. Dan jika pengajuan moentisasi sahabat di setujui oleh pihak google adsense maka sahabat sudah bisa memasang iklan di vidio sahabat, nah dari situlah sahabat bisa mendapatkan penghasilan, dihitung dari setiap pengunjung ataupun penonton vidio sahabat yang melakukan klik iklan yang di pasang di vido sahabat tersebut.

Menarik bukan?Hanya denga upload upload vidio setiap harinya, maka sahabat sudah bisa memiliki penghasilan.

Berapa besaran penghasilannya? mengenai besar penghasilannya itu semua tergantung dari berapa jumalah subsriber channel youtuber sahabat dan berapa yang menontonnya.

Semakin besa dan banyak yang menonton vidio sahabat, maka semakin besar vidio sahabat berpeluang untuk mendapatkan klik iklan dari mereka, dan semakin besar pendapatan sahabat.
Artikel terkait : Cara mendapatkan uang dari youtube

7. Menjadi Endorsment Di Instagram Dan Youtube

APa itu endorsment? bahasa gampangnya itu, kita memberikan peluang kepada sesorang ataupun perusahaan yang ingin mempromosikan produk mereka di akun instagram kita, dengan cara kita rekomendasikan di akun instagram dan youtube kita.

Lho emang ada ya orang yang mau promosi di instagram dan youtube kita? ada donk, namun yang menjadi tolak ukurnya adalah jumlah follwer dari akun instagram dan youtuber kita, semakin banyak followernya maka semakin banyak peluang kita untuk mendapatkan endorse dari seseorang.

Tak hanya follower, tingkat interaksi para follower terhadap setiap postingan ataupun vidio yang kita upload juga akan menjadi tolak ukur bagi para pengiklan untuk mengiklankan produk kita di instagram dan youtube.

Karena tujuan mereka memasang iklan di akun kita adalah ingin meningkatkan penjualan produk mereka, jadi tingkat interaksi juga menjadi salah satu tolak ukur, semakin tinggi tingkat interaksinya semakin bagus.

Contohnya seperti yang terkenal sebagai Ratu endorse adalah Syahrini : sekali posting produk untuk endorse, syahrini bahkan bisa di bayar hingga ratusan juga lho sahabat, karena memang jumlah follwernya yang sangat banyak tingkat interaksi follwernya yang tinggi.

8. Menjadi Agen Penjualan Properti

Usaha tanpa modal selanjutnya adalah menjadi agen penjualan properti. Kenapa harus properti? karena bisnis properti adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya, dan seiring dengan perumbuahan penduduk yang semakin padat, maka kebutuhan akan perumahan seakan tidak pernah ada habisnya.

Untuk itu, menjadi agen properti merupakan salah satu pilihan tepat jika sahabat ingin memulai usaha tanpa modal uang, karena yang di perluakan di sini adalah keahlian kita dalam melakukan pemasaran dan melakukakan lobi terhadap orang orang yang membutuhkan perumahan.

Untuk mulai menjadi agen propertipun sangat gampang, karena biasanya para devolever property tidak menerapkan syarat khusus bagi mereka yang ingin menjadi agen pemasaran, yang penting ada kemauan dan keahlian dalam pemasaran.

9. Menjadi Agen Penjualan Sepeda Motor Bekas

Selain properti, sepeda motor juga merupakan salah satu bisnis yang cenderung meningkat tiap tahunnya, karena kebutuhan akan transportasi bagi masyarakat yang terus meninggkat, apalagi di daerah daerah yang umumnya sangat minim fasilitas kendaraan umum, maka penjualan sepeda motor selalu laris manis.

Nah untuk itu, ini juga merupakan salah satu peluang usaha tanpa modal bagi sahabat yang ingin punya penghasilan dengan cara menjadi agen penjualan motor Bekas, karena biasanya kita akan di berikan komisi yang cukup besar, jika ada pembeli sepeda motor yang kita rekomendasikan untuk membeli disana.

Tapi kan susah untuk cari pembeli?

Hello, dalam bisnis tidak ada yang gampang sob, semua butuh kerja keras dan kerja cerdas, dan hanya orang orang yang tekun dan sabarlah yang bisa menjadi pebisnis yang sukses.
Baca juga : Usaha cuci helm, peluang usaha yang masih minim pesaing

10. Membuka Jasa Pengetikan Online

Masih berhubungan dengan teknologi internet, kita bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa pengetikan online sebagai salah satu bisnis kita, karena saya lihat cukup banyak juga yang merlukan jasa ini, baik dari kalangan mahasiswa, ataupun kalangan perkantoran.

Kalau sahabat kurang percaya, silahkan sahabat search di google, sahabat akan cukup banyak menemukan yang menggeluti bidang jasa ini, banyak pesaing? berati usaha ini cukup komersil.

11. Menjual Foto Di Situs Microstock

Bisnis online gratis tanpa modal selanjutnya adala menjual foto di situs situs mcrostock seperti sutterstock.com, dreamsteam.com dll.

Kelebihan dari sistem penjualan foto di situ situs tersebut adalah menggunakan format digital yang memungkinkan 1 foto kita bisa di jualan berulang ulang kali, sehingga memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan pendapatan yang cukup besar.

Namun, untuk bisa menjual foto disini, tentulah foto sahabat harus berkulatis dan memenuhi standart yang mereka minta, karena memang rata rata yang membeli foto di situs tersebut adalah para profesional yang banyak membutuhkan media foto untuk bisnis mereka.

12. Menjual Jasa Penerjemah

Selanjutnya sahabat jua bisa mencoba membuka jasa penerjemahan dari bahasa indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya, karena di jaman sekarang ini cukup banyak yang memerlukan jasa ini.

Bahkan para bloggerpun banyak yang membutuhkan jasa penerjemahan dari bahasa indonesia menjadi bahasa inggris untuk keperluan mengisi konten blog blog bahasa inggris mereka, karena memang mempunya blog dengan bahasa inggris memiliki pasar dan peluang bisnis yang lebih bagus dari pada blog bahasa indonesia.

13. Jasa Pembuatan Logo

Yang terakhir usaha tanpa modal yang bisa sahabat coba adalah jasa pembuatan logo ataupun desain, seperti logo untuk blog, logo untuk kaos, desaing untuk produk dll, saya rasa pasar dalam bidang ini juga cukup baik.

Demikianlah ulasan tentang 12 usaha tanpa modal yang minim resiko yang bisa sahabat coba, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua.


EmoticonEmoticon