Cara Bisnis Affiliasi Tanpa Modal Untuk Pemula Agar Sukses

Seperti kita ketahui bersama, bisnis affiliasi adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan uang dari internet yang sudah cukup familiar di kalangan internet marketer. seperti bisnis affiliasi amazon, affiliasi lazada, click bank, adalah contoh contoh nyata yang sudah banyak melahirkan para entrepreneur online.

Dimana kabarnya mereka yang sudah di level expert, bisa menghasilkan jutaan bahkan hingga puluhan juta rupiah dari bisnis affiliasi mereka tersebut.

Tapi sahabat jangan senang dulu dengan penghasilan para expert di bidang affiliasi tersebut, karena pada kenyataannya, untuk sahabat yang di level pemula, saya sering mendengar keluhan bahwa bisnis affiliasi sering mengecewakan karena sulitnya untuk menadapatkan komisi penjulan, padahal sudah berbagai macam cara mereka lakukan.

Kenapa ini bisa terjadi? dan bagaimana cara bisnis affiliasi untuk pemula agar bisa sukses? inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yang semoga bisa memberikan sedikit pencerahan kepada sahabat semua.


Kenapa Bisnis Affiliasi Cenderung Tidak Bersahabat Dengan Pemula?

Salah satunya adalah karena konsep dari bisnis affiliasi itu sendiri yang mengharuskan terjadinya konversi penjualan lebih dahulu barulah kita bisa mendapatkan komisi, sehingga meskipun kita sudah cukup banyak menghasilkan traffic melalu link affiliate kita, tetap saja sulit mendapatkan komisi, karena tidak semua yang mengunjungi lingk affiliasi tersebut melakukan pembelian.

Berbeda dengan sistem bisnis PPC seperti google adsense, dimana meskipun tidak ada konversi pembelian yang dilakukan oleh pengunjung, asalkan mereka melakukan klik link ikan yang kita pasang di blog maka kita sudah bisa mendapatkan penghasilan, walaupun jumalahnya lebih kecil.

Kira kira seperti gambar berikit ini konsep bisnis affiliasi :

cara kerja affiliate marketing

Dari konsep di atas sangat jelas,  bahwa jika kita ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari bisnis affiliasi maka kita harus bisa menghadirkan pengunjung yang benar benar tertarik dengan link affiliasi yang kita tawarkan atau setidaknya memilik minat yang sesuai.


Karena kalau tidak, maka meskipun sahabat memiliki banyak pengunjung di blog sahabat, maka akan sangat sedikit sekali melakukan klik link affiliasi apalagi melakukan pembelian.

Sedangkan yang banyak terjadi

Banyak para pemula yang menargetkan traffic sembarangan ke blog mereka, yang penting banyak pengunjung katanya, akibatnya meskipun mereka mendapatkan banyak pengunjung sangat sedikit sekali yang mengunjungi link affiliasi merea, karena memang bukan itu yang mereka cari.

Ada juga yang melakukan promosi link affiliasi mereka di forum forum, menyisipkan link affilasinya di komentar komentar blog, menyisipkannya di email, chat wa, bbm dll yang semua itu hanya sia sia dan buang buang waktu saja, karena tidak akan ada yang mengunjungi link affliasi sahabat, walaupun ada, saya jamin tidak akan ada terjadinya konversi.

Kenapa? seperti saya jelaskan di atas, karena sahabat menargetkan orang orang yang tidak spesifik dengan barang yang ada di link affiliasi sahabat

Lalau bagaimana Cara bisnis affiliasi agar sukses?

Kuncinya adalah sahabat harus bisa mendatangkan traffic yang benar benar relevan ke blog affiliasi sahabat, dan cuma itu jalan satu satunya, karena jika sahabat menargetikan traffik yang sembarangan maka hasilnya tidak akan pernah maksimal.

Tapi bagaimana caranya agar traffik yang datang itu benar benar relevan?

Nah untuk hal ini maka mau gak mau sahabat harus memahami tentang keyword resech dan jenis jenis keyword.

Kenapa? 

Karena setiap keyword itu tidak sama, ada yang nilai pencarianya rendah, ada yang nilai pencariannya tinggi, ada juga yang nilai pencariannya tinggi tapi tidak berguna, dan ada yang nilai pencarian rendah namun nilainya sangat tinggi.

Jadi disini sangat penting untuk sahabat memahami tentang jenis jenis keyword ini, jika sahabat ingin sukses di bisnis affiliasi, karena jangan sampai sahabat menargetkan kata kunci yang salah yang akibatnya usaha sahabat hanya sia sia saja.

Contohnya : Misalkan ada seseorang yang mencari sesuatu di google dengan keyword berikut :

1. HP Samsung

2. Beli Hp Samsung

3. HP Samsung Terbaru Di Bawah 2 Juta

Nah dari ketiga keyword tersebut, coba sahabat bayangkan kira kira artikel tentang apa yang mereka cari? pasti berbeda kan?

1. Mereka hanya ingin mengetahui informasi seputar hp samsung

2. Mereka ingin membeli hp samsung

3. Mereka mencari rekomendasi tentang hp samsung terbaru d bawah 2 juta

Sangat jelas kan perbedaanya?

Jika sahabat memahami, sebenarnya dari setiap keyword itu memiliki tujuannya masing masing, inilah yang sangat penting untuk di ketahui oleh para pebisnis affiliasi, karena sebenarnya 


Ada 4 Kategori Keyword Yang Harus Di Pahami

1. Keyword Informasi

Sesuai dengan namanya, keyword informasi merupakan keyword yang di cari oleh seseorang karena mereka semata mata hanya  ingin mendapatkan sebuah informasi yang mereka butuhkan.

Misalnya seperti : " Nilai tukar dollar hari ini", tentunya maksud dari seseorang mencari kata kunci tersebut adalah ingin mengetahui tentang nilai tukar dollar pada hari ini

Keyword jenis informasi ini merupakan keyword dengan nilai pencarian yang paling tinggi karena memang banyak orang yang membutuhkan informasi, namun yang perlu di garis bawahi adalah.

Biasanya google sudah memberikan jawabannya secara langsung, sehingga meskipun kita berhasil peringkat 1, sangat sulit untuk mendapatkan traffic.

Contohnya gambar di bawah ini, merupakan hasil pencarian dari keywrod " nilai tukar dollar hari ini".

cara menjadi affiliate yang sukses
Atau seperti ini : hasil pencarian dari keyword "1 kilo berapa gram"

belajar affiliate marketing

Itu namanya : quick answer box, dimana dengan fitur ini, peluang website atau blog lain untuk mendapatkan kunjungan sangat sedikit sekali.

Untuk itu penting untuk sahabat petimbangkan hal ini jika sahbat mengincar keyword yang sifatnya informasi ini.

2. Keyword Navigasi

Keyword ini juga merupakan keyword dengan jumlah pencarian cukup besar, namun tidak ada manfaatnya. Kenapa? karena biasanya orang yang mencari keyword ini hanya ingin langsung mengunjung ke website resminya.

Contohnya : " login facebook" , " Trigana Air".

3. Keyword Komersil

Inilah keyword yang harus banyak di incar oleh sahabat yang ingin sukses di dalam bisnis affiliasi.

Kenapa? karena  keyword komersil ini merupakan keyword dimana seseorang yang mencarinya biasanya merupakan seseorang yang ingin mempelajari lebih tentang sesuatu yang ingin mereka beli.

Ya walaupun memang biasanya mereka tidak ingin langsung membeli, namun setidaknya mereka sudah ada niatan, tinggal bagaimana kita meyakinkannya dengan membuat konten yang relevan dan berkulaitas.

Contohnya seperti :

" Hp Samsung Di Bawah 2 Juta"
'' Hotel Paling Murah Di Jakarta"
"Tempat Wisata Menarik Di Bandung"
" Harga laptop asus"

SIlahkan sahabat gali sebanyak mungkin yang berhubungan dengan affiliasi yang sahabat ikuti.

4. Keyword Transaksi

Nah, yang terakhir ini juga merupakan kata kunci yang sangat cocok untuk para pebisnis affiliasi, kenapa? karena biasanya orang yang melakukan pencarian menggunakan keyword ini adalah orang orang yang sudah siap untuk membeli sesuatu, sehingga walaupun nilai pencarian kecil, keyword ini nilainya sangat tinggi.

Contohnya seperti :

" Beli tiket pesawat murah pangkalanbun jakarta"

" Beli Sepatu Adidas"

" Jual Baju Batik Murah"

Pokoknya dari unsur kata kata pencarianya biasanya bisa kita lihat mereka sudah siap untuk membeli sesuatu tersebut.

Nah, setelah sahabat memahami jenis jenis keyword di atas, maka sahabat bisa dengan mudah menargetkan traffik pengunjung yang bisa di sesuaikan dengan bisnis affiliasi sahabat.

Ya tentunya, untuk memahami hal hal di atas tentu tidak bisa begitu saja, dan harus sering latihan, agar sahabat bisa terbiasa.


EmoticonEmoticon