Cara Mempromosikan Produk Secara Online Dan Langsung Yang Efektif

Bagaimana cara mempromosikan produk secara efektif, tentulah selalu menjadi pertanyaan para pelaku bisnis. Bagaiamana tidak, cara promosi produk merupakan ujung tombak berhasil atau tidaknya seseorang dalam memasarkan produknya.

Jika cara promosi dan strateginya benar, maka akan mampu meningkatkan penjualan bahkan hingga berkali kali lipat, sebaliknya jika mempromosikan produknya dengan cara yang salah, maka hanya lelah dan buang buang waktu saja yang dia dapatkan.

Untuk itu, bagi sahabat yang ingin sukses dalam memasarkan produk, maka mau tak mau sahabat harus bisa menguasai cara mempromosikan produk yang efektif agar produk dan bisnis sahabat laku keras di pasaran.

Baik itu dengan cara promosi online, ataupun secara langsung, sangat penting untuk sahabat kuasai keduanya, yang saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan di dalam dunia marketing.

Dan kabar gembiranya, pada kesempatan kali ini, kita akan bahas secara tuntas itu semua, karena di artikel ini saya akan memberikan beberapa contoh cara mempromosikan produk yang baik, yang bisa sahabat tiru ataupun modifikasi.
Cara Mempromosikan Produk

Cara Mempromosikan Produk Secara Online :

1. Promosi Online Menggunakan Blog

Kenapa blog saya tempatkan pada posisi pertama di dalam cara promosi online? jawabanya adalah karena memang saat ini blog merupakan senjata marketing yang paling ampuh dalam promosi produk online.

Kalau sahabat tidak percaya, silahkan sahabat amati semua webstie bisnis besar saat ini, pasti sahabat akan menemukan hampir semua dari mereka memilik blog. Kenapa? karena dengan blog tersebutlah mereka bisa melakukan diffrensasi marketing serta soft selling.

Maksudnya?

Ya dengan memiliki blog, maka mereka bisa melakukan pemasaran secara halus, tanpa di sadari oleh para custumer.

Pasti tambah bingung ya? hehe

Jadi begini sob, seperti sahabat tahu, saat ini pada umumnya para custumer ataupun orang orang pasti tidak akan suka jika mereka di tawarkan sesuatu yang unsurnya promosi suatu barang, ia nggak? 

Kalau sahabat yang sering jualan pasti tahu dech, pada saat sahabat menawarkan barang secara langsung kepada seseorang pasti kebanyakan dari mereka bersikap sinis, dan cederung menolak.

Nah, dengan melakukan prmosi produk melalui blog, itu semua tidak akan terjadi sob. ah masa sih, gimana caranya?

Ia, caranya adalah dengan membuat artikel artikel ataupun panduan bermanfaat yang masih berhubungan dengan produk produk yang kita jual, maka secara tidak langsung mereka akan mengetahui bahwa kita adalah seorang yang ahli di bidang tersebut, maka dengan sendirinya, jika mereka membutuhkan sesuatu yang berhubugnan dengan barang yang kita jual, dengan sendirinya mereka akan mebelinya tanpa harus kita tawarkan.

Itulah mengapa hampir semua bisnis bisnis besar tetap membuat blog meskipun mereka sudah memiliki nama besar.

Baca juga : Cara promosi online yang justru berbahaya bagi kelangsungan bisnis
Selain iTu

Yang paling sepesial mempromosikan produk melalui blog di bandingkan promosi lainnya adalah kita bisa menjaring custumer dari google, yang kita tahu merupakan calon custumer yang sangat sangat potensial. Dan gak hanya itu saja, jika blog kita sukses mendatangkan banyak pengunjung, maka kita juga bisa menghasilkan uang lewat blog.


2. Promosi Produk Lewat Media Sosial

Cara Mempromosikan produk secara online yang kedua adalah melalui media sosial, yang seperti kita merupakan salah satu media online yang memiliki cukup banyak pengguna loyal, terutama di indonesia sendiri.

Sebut saja sepert instagram, facebook, youtube, twitter, google+ merupakan contoh contoh media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Nah bagi sahabat para pebisnis tentu jangan sampai melewat media sosial ini sebagai salah satu terget promosi sahabat, karena marketnya cukup besar sekali, dimana menurut data yang dilangsir oleh kominfo, pengguna internet di indonesia saat ini sekitar 63 juta orang dan 95% di antaranya merupakan pengguna jejaring sosial, jadi sangat jelas, disini market media sosial merupakan market yang sangat besar untuk kita promosi produk.

Hanya saja yang perlu di garis bawahi disini, promosi produk lewat media sosial itu tidak hanya cukup seperti kita menulis status layaknya kebanyakan orang, melainkan juga di butuhkan strategi dan cara yang tepat.

Dan untuk itu silahkan sahabat pelajari lebih lengkap di artikel artikel saya yang laini :

3. Promosi berbayar menggunakan Facebook ads ataupun Google adword

Nah selain 2 cara gratis di atas, untuk sahabat yang memiliki cukup modal dan menginginkan hasil promoi dan pemasaran produk yang lebih cepat, maka sahabat bisa promosi online menggunakan facebook ads ataupun google adword yang merupakan  promosi online berbayar yang banyak digunakan pakar internet marketer saat ini.

Apa itu facebook ads? adalah fasilitas promosi online berbayar dari facebook namun dengan target audience yang bisa kita sesuai dengan minat dan semua hal yang berhubungan dengan produk kita, sehingga memungkinkan terjadinya penjualan lebih besar.

Sedangkan google adword merupakan fasilitas promosi online berbayar dari google, yang memungkinkan seseorang medapatkan target pengunjung yang sangat mirip karakteristiknya dengan mesin pencari, sehingga memudahkan sesorang untuk memproleh traffik tanpa harus belajar SEO yang membutuhkan waktu cukup lama.

Namun meskipun terdengar gampang, untuk mendapatkan hasil yang terbaik tetap saja sahabat harus melakukan beberapa trial error sebelum akhirnya sahabat menemukan target yang pas untuk promosi produk sahabat.

Dimana untuk melakukan trial error itu tentunya tidak gratis dan memerlukan modal yang cukup besar, sehingga untuk pemula sering kali terasa cukup berat, namun begitu sahabat menemukan setinggian yang tepat, maka sahabat akan merasakan hasil yang cukup memuaskan.


4. Merekrut Dropshipper

Saat ini ada cukup banyak masyarakat yang tertarik untuk jualan secara online, namun karena mereka tidak memiliki modal maupun barang yang akan di jual, sehingga mereka menggururngkan niat mereka.

Inilah yang kemudian banyak di tangkap oleh para pebisnis dengan menciptakan sistem dropshipper, dimana siapaun boleh bergabung dengan mereka untuk ikut memasarkan produk mereka, dengan imbalan komisi tentunya.

Nah tentu ini juga merupakan teknik promosi yang sangat bagus, karena dengan teknik ini, maka semakin banyak masyarakat yang bergabung menjadi dorpshipper, maka akan semakin banyak juga yang ikut mempromosikan produk sahabat, yang artiknya produk sahabat semakin terkenal, dan juga penjualan akan meningkat, bahakan tanpa harus susah payah mempromosikannya.
Baca juga : Pengertian Dropshipper Dan Cara Kerjanya

5. Mengadakan Kontes Blog Dan Upload Foto Di Media Sosial

Sampai saat ini cara ini masih banyak di gunakan oleh para pelaku bisnis, karena memang cukup ampuh untuk mempromosikan sekaligus memerkenalkan brand mereka kepada influancer sehingga menimbulkan kepercayaan lebih pada pelanggan.

Hal ini bisa sahabat lakukan jika sahabat ingin mempercepat petumbuhan blog ataupun webiste bisnis milik sahabat, sehingga tidak hanya mengandalkan traffik dari search engine saja.

Cara Mempromosikan Secara Langsung

Selain promosi produk secara online, tentunya sahabat janga lupakan juga promosi secara langsung, karena juga merupakan sesuatu yang masih sangat efekti untuk meningkatkan pemasaran produ kita.

Caranya? :

1. Memberikan Free Sample

Seperti kata pepatah, tak kenal makanya tak cinta dan tak cinta makanya tak sayang. Bagaiamana seseorang mau membeli produk kita, sedangkan mereka masih belum tahu bagaimana rasa dan kualitasnya.

Untuk itulah mengapa sampai saat ini masih banyak yang meenggunakan teknik free sample ini sebagai salah satu cara promosi produk secara langsung yang efektif, karena dengan merasakan secara langsung maka custumer dapat merasakan perbedaan dan kualitas dari produk milik kita.

Ya, meskipun memang kita harus berkorban sedikit , tapi tentu tidak masalah donk kalau dari hal tersebut kita akan mendapatkan sesuaut yang lebih besar nantinya, ia nggak?


2. Memberikan Diskon

Seperti kita ketahui, masyarakat indonesia masih sangat suka dengan diskon alias penggurangan harga, untuk itu jangan sungkan untuk sahabat memberikan diskon kepada para pelanggan tetap, ataupun di moment tertenu yang spesial, agar bisa meningkatkan penjulan sekaligus menggaet banyak pelanggan baru.

Namun yang perlu di perhatikan dalam teknis memberikin diskon ini, jangan sampai mengorbankan banyak profit yang akan berujung pada kerugian, untuk itulah terkadang para pebisnis mengakilanyan dengan beberapa cara seperti :

Menggurangi harga sebesar 1 rupiah

Tentu sahabat sering melihat kan dafatar harga di toko ataupun di mall yang terkesan nanggung seperti Rp. 99999, kenapa tidak mereka bulatkan saja Rp.100.000. nah ini juga merupakan teknik pemasaran sob.

Karena dengan mengurangi satu rupiah tersebut, maka di awal orang membacanya maka yang kan terekan di otak kita adalah angka awalnya, sehingga otak kita meresponnya seoal olah harganya jauh lebih murah.

Nah, sahabat bisa mengunakan tekni ini, jika harga aslinya Rp.200.000 maka jika sahabat memberikan diskon Rp.10.000 sahabat bisa menuliskannya menjadi Rp.189.999 atau Rp.189.900 terliat jauh lebih murah kan?

3. Teknik Member Get Member

Semacam teknik mlm gitu ya? eits, jangan berfikir negatif dulu sob, yang saya maksud member get member disini adalah, sahabat bisa memberikan harga khusus maupun komisi bagai para custumer yang bisa merekomendasikan produk kita kepada keluarga, sahabat, mapun rekan kerjanya.

Nah, dengan cara ini, maka kita akan mendapatkankan keuntungan, karena kita akan mendapatkan promosi berjenjang yang tidak akan pernah ada habisnya, yang tentu saja imbasnya akan mengarah pada peningkatan omset.

4. Teknik jual Secara Paket

Seperti kita ketahui, teknik ini banyak digunakan di hampir semua segment bisnis dari mulai pakaian, restoran, dll. Kenapa? karena memang teknik promosi jual secara paket ini cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu dengan menjual secara paket kita juga mampu mendorong penjualan produk produk yang kurang diminati, dengan menggabungkannya dengan produk yang banyak diminati.

Para custumerpun juga akan merasa terbantu karena mereka bisa membeli semua produk yang mereka butuhkan dalam harga satuan, yang umumnya mereka anggap lebih murah dibandingkan dengan harus membelinya satu persatu.

5. Teknik Promosi "membangkitkan emosi Pelanggan"

Membuangkitkan emosi yang saya maksudkan disini bukanlah, emosi dengan konotasi yang negatif, melainkan adalah membangkitkan pengalaman pelanggan dan mempengaruhinya untuk betindak, misalnya :

Promosi sekaligus Beramal

Jika sahabat pernah memperhatikan promosi di televisi, pasti sahabat akan menembukan beberapa di antara mereka yang menyatakan bahwa dengan membeli satu produk mereka, maka sama dengan beramal sekian untuk pendidikan, ataupun lainnya.

Inilah yang saya maksudkan teknik promosi menggunakan amal, artinya sahabat bisa menyumbangkan seberapa persen dari penjualan untuk amal ataupun donasi untuk kepentingan masyarakat ataupun kemanusian.

Cara ini cukup ampuh, karena umumnya manusia akan terbangkit emosinya jika di ajak untuk beramal untuk keperluan orang banyak.

Promosi Dengan Memberikan Expektasi Dan Manfaat Lebih

MIsalnya seperti Produk saos sambal yang di gambarkan dengan seorang suami yang bolak balik mengambil masakan istrinya di meja ketika hendak berangkat kerja.

Dengan kata lain promosi tersebut ingin menyampaikan pesan bahwa, dengan memasak menggunakan saos sambal mereka maka akan mendapatkan makanan yang enak yang bisa menciptakan suasan harmonis bagi keluarga, jadi bukan hanya di tekankan pada produk sambalnya saja.

Atau seperti produk perbankan dan asurani yang selalu menggambarkan anak dan masa depannya terjamin karena memiliki asuransi, sangat jelas disini, mereka melibatkan unsur emosi pelanggan di dalam penjualan mereka.

Dan ini sah sah saja selama tidak ada unsur penipuan dan tidak melanggar hukum.

6. Rajin Mengikuti Bazaar

Sahabat juga bisa melakukan promosi secara langsung dengan mengikuti bazaar ataupun pameran yang ada di daerah sahabat, baik itu yang di adakan oleh pemerintah ataupun swasta, agar semakin banyak yang mengenal dan mengetahui produk sahabat.

7. Mendorong pelanggan untuk melakukan testimoni Di Media sosial

Nah ini juga sangat penting untuk sahabat lakukan, agar para pelanggan kita tidak sungkan dan segan untuk melakukan testimoni positf mereka tentang produk kita di media sosial, sehingga bisa di baca oleh khalyak luas terutama jaringan pertemanan mereka yang ada di media sosial.

Mintalah secara ramah dan santun kepada pelanggan, untuk ikut memberikan testemoni di akaun media sosial mereka, karena biasanya kalau tidak kita minta maka akan sangat sedikit sekali yang melakukannya.

8. Memberikan Bonus Tambahan

Meskipun terbilang klasik, sampai saat ini cara ini masih cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan, karena terbukti masih banyak di pakai oleh para penjual baik di toko konvensional ataupun toko online.

Meskipun terkadang bonus tambahan yang di tawarkan tersebut harganya tidak seberapa, namaun tetap saja memberikan nilai tambah yang lebih di bandingkan dengan produk yang tidak ada bonusnya.

Demikianlah cara mempromosikan produk secara online dan langsung yang efektif untuk mengingkatkan pemasaran, semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon