Payment Gateway, Solusi Pembayaran Praktis Dan Aman Di Era Digital

Seperti kita ketahui, saat ini transaksi jual beli online kian mengeliat seiring dengan pertumbuhan teknologi internet yang semakin pesat yang mampu merubah model bisnis dalam beberapa tahun terakhir ini, dari yang dulunya dari rumah ke rumah, toko ke teko. mall dan lainnya, kita semua bisa dilakukan dengan cukup beberapa kali klik saja.

Hal ini terjadi, karena transaksi jual beli online dinilai jauh lebih praktis dan ekonomis, karena semua bisa dilakukan dari rumah, dibandingkan dengan transaksi manual yang mengharuskan seseorang bertatap muka secara langsung untuk melakukan transaksi.

Maka tak heran jika saat ini perumbuhan bisnis online seperti toko online, reseller, dropshipper dan jenis bisnis lain yang mengharuskan melakukan transaksi jual beli online ini berlangsung.

Namun seperti dua sisi mata uang yang selalu bersamaan, seiring pertumbuhan teknologi tentu akan di barengi beberapa kedala tak terkecuali dalam hal transaksi online, permasalahan yang sering terjadi adalah pihak penjual harus menyiapan banyak rekening pembayaran agar bisa menampung setiap pembayaran dari para pembeli yang tentu memiliki rekening bank berbeda beda.

Sedangkan dari pihak pembeli sendiri, terkadang tidak semua pembeli memiliki akses internet banking dan mobile banking, sehingga mengharuskan dia melakukan transfer lewat atm agar bisa melakukan transaksi online. 

Selain itu pihak pembeli juga harus melampirkan dan mengirim bukti transfer kepada pihak penjual, sebelum pihak penjual melakukan proses pengiriman barang.

Nah dalam hal ini, tentunya terkesan ribet dan membutuhkan banyak waktu, untuk itulah saat ini sudah diciptakan dan di temukan solusinya untuk mengatasi hal hal tersebut yakni dengan adanya Payment Gateway.

Apa itu payment gateway dan bagaimana cara kerja? akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Mengenal Payment Gateway

Seperti saya jelaskan sedikit di atas, Payment Gateway hadir sebagai solusi untuk mempermudah proses pembayaran dalam transaksi online yang awalnya harus menggunakan banyak bank, dengan payment Gateaway, maka semua bisa dilakukan dengan satu akun saja.

Kalau sahabat pernah mendengar tentang Paypal, Percpect Money, Payza , kira kira seperti itulah fungsi dari payment gateway, yakni kita bisa melakukan transaksi pembayaran online tanpa harus repot repot pergi ke atm, karena semua bisa dilakukan melalui akun akun tersebut, asalkan kita sudah mengisi saldo yang sudah terbaca secara virtual di akun tersebut.

Dan hebatnya payment gateaway ini sudah bisa mengautorisasi pembayaran dari banyak platfor seperti kartu kredit, transfer bank, direct debit ( Mandiri clickpay, BCA clickpay, e-pay BRI, CIMB cliks), ewallet seperti (Tcash dan XL tunai), bahkan ada juga yang menerima metode pembayaran dari minimarket, sehingga sangat memudahkan kita untuk melakukan pembayaran.

Untuk mempermudah pemahaman sahabat, kira kira seperti gambar di bawah ini proses kerja payment gateway.
payment gateway

Dari gambar di atas , sangat jelas proses alurnya, Custumer melakukan order pembayaran melalaui kartu kredit, visa ataupun debit kepada pihak online store, kemudian online store akan melakukan kontak ke Payment gateway, selanjutnya di teruskan kepada payment proessor ( payment processor akan memproses semua ) dan akan membeirkan respon kembali kepada payment gateway, dilanjut ke online store dan ke custume.

Meskipun terlihat ribet dan banyak proses yang dilalui, namun sebenarnya hal tersebut hanya berlangsung dalam hitungan detik saja, dan semua sudah berjalan secara otomatis sehingga memudahkan kita dalam melakukan belanja.
Baca juga : Deretan miliarder dunia yang mendapatkan kekayaan dari internet

Untuk Keamanan Bagaimana?

Untuk keamanan menggunakan transaksi payement gateway ini sahabat nggak perlu khawatir, karena sebelum pihak payment gateaway melakukan kerja sama dengan toko online ataupun marchant tertentu tentulah akan ada syarat syarat khusus yang di tetapkan oleh payment gateaway yang tentu tidak akan bisa di penuhi oleh toko online sembarangan.

Sehingga jika kita berbelanja di toko online ataupun marchant yang sudah menggunakan fasilitas payment gateaway ini tentulah lebih aman, dibandingkan kita harus transaksi secara langsung melalui transfer rekening.

Sistem dari payment gateway sendiri juga sudah menggunakan.

a. Adress Verification System : yang memungkinkan rincian tagihan pelanggan akan di sesuaikan dengna alamat kartu yang terdaftar.

b.Card Security Code : Setiap transaksi akan di mintai 3 digit kode yang ada dibelakang kartu kredit ataupun debit.

c.3D scure password : sehingga otorisasi pembayaran lebih aman.

Selain itu, payment gateway juga sudah terintegrasi resmi dari bank indonesia, sehingga untuk keamanan sudah bisa terjamin, berikut vido dari National Payment Gateway.

Contoh Payment Gateway 

Nah, untuk di indonesia sendiri, sudah cukup banyak payment gateway yang cukup populer dikalangan masyarakat di antarnya.

1. Doku

Ini adalah payment gateway yang paling populer di indonesia, karena selain sudah cukup lama didirikan, kabarnya doku sudah melayani 17.000 marchant dalam berbagai sekala usaha, dari yang kecil sampai yang besar dan populer seperti Garuda indonesia, Air Asia, Raja Karcis, Mulia hotel dll bahkan untuk pembayaran facebook ads pun sudah bisa melakukan pembayaran menggunakan payment gateway yang satu ini.

2. Ipaymu

Selain doku, payment gateway selanjutnya ada Ipaymu yang sudah terhubung ke 137 Bank ternama di indonesia serta sudah melayani puluhan ribu marchant dan melayani 3 layanan yakni Debit dan Credit Card serta cahs and delivery.

3. Finpay

Merupakan payment gateway anak perusahaan Telkom indonesia yang sudah ada sejak tahun 2012 yang juga sudah terhubung dengan banyak marchant di indonesia.

4. Midtrans

Dulunya bernama Veritrans yang muncul hampir bersaamaan dengan Ipaymu, Medtrans juga merupakan salah satu payment gateway yang cukup populer, karena sudah terhubung denganberbagai marhcant dan keperluan transaksi online lainnya.

Demikianlah sedikit ulasan tentang payment gateway, solusi pembayaran praktis dan aman di era digital, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua


EmoticonEmoticon