Analisis Bisnis Usaha Nasi Goreng Unik Dan Enak Di Pinggir Jalan

Jualan nasi goreng di pinggir jalan adalah usaha simple yang nggak ada matinya, Kenapa saya berani mengatakan demikian? Karena sejatinya bisnis ini adalah bisnis yang simple, yang hampir semua orang bisa membuatnya, sehingga siapapun bisa memulai usaha nasi goreng ini, asalkan nasi goreng buatannya enak.

Kalau tidak percaya, coba sahabat perhatikan sekitar kita, pasti bisnis nasi goreng ini hampir tidak pernah sepi pelanggan. Dan hampir di semua pinggir jalan, di sudut kota dan desa, kita bisa dengan mudah menemukannya.

Fenomena ini tentulah sangat unik dan menarik sekaligus merupakan peluang bisnis yang sangat bagus buat kita yang ingin memilki penghasilan sampingan ataupun ingin memiliki bisnis sendiri, karena mengingat usaha nasi goreng ini bisa dibilang sudah memiliki prospek pasar yang jelas serta tidak ada matinya.

Tinggal bagaimana kita bisa melakukan sedikit kreatifitas, agar tidak terkesan hanya sekedar ikut ikutan dan coba coba saja.
Jualan Nasi Goreng

Modal Usaha Yang Ringan

Nah selain memiliki prospek pasar yang jelas, usaha nasi goreng juga tergolong usaha dengan modal yang sangat ringan, karena tidak memerlukan peralatan peralatan yang mahal dan bisa menggunakan peralatan masak yang ada di rumah.

Tentu ini sangat bagus, bagi sahabat yang mungkin selama ini mengeluh terkendala dalam modal usaha dalam berbisnis, maka saya rasa sahabat bisa mencoba untuk jualan nasi goreng saja.

Berikut Rincian modal usaha nasi goreng yang di perlukan :

1. Kompor dan tabung gas elpiji 

2. Peralatan makan dan minum

3.Peralatan Masak Sperti Wajan

4. Meja dan Kursi

Nah dari keperluan peralatan peralatan di atas, praktis hanya meja kursi saja yang mungkin tidak sahabat miliki dirumah?  untuk peralatan yang lainnya maka untuk sementara waktu sahabat bisa mengunakan yang ada di rumah sampai usaha nasi goreng sahabat berjalan lancar, barulah setelah itu nanti sahabat bisa membelinya lagi khusus untuk keperluan usaha.
Baca juga : Tips Ampuh Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ngutang

Besar Keuntungan Yang Bisa Di Raih Cukup Menggiurkan

Berbicara bisnis, tentu ujung ujungnya adalah duit. begitu juga dalam jualan nasi goreng, berapa kira kira keuntungan yang bisa kita dapatkan? jangan kaget ya sob, ternyata cukup menguntungkan lho.

Mari coba kita hitung, modal utama nasi goreng berupa beras, saat ini untuk perkilonya berkisar Rp.12.000 s/d Rp.15.000, dalam hal ini berdasarkan hitungan kasar, 1 kg beras bisa di buat menjadi 10 posi nasi goreng, berarti modal beras yang di perlukan dalam 1 posinya adalah Rp.15.000/ 10 = Rp.1.500.

Modal yang kedua adalah Telur, ya kita anggap saja rata rata harga telur saat ini Rp.2000 perbutir, dalam hal ini 1 posi nasi goreng membutuhkan satu butir telu, berarti modal per porsi beras+ telur = Rp.1500 + Rp.2000 = Rp.3.500.

Modal yang terakhir bumbu bumbu masak seperti bawang merah, cabe dan juga kecap dan saos dan lainnya, kita anggap saja berkisar Rp.3.500 per porsinya, maka modal keseluruhan yang kita perlukan untuk satu porsi nasi goreng adalah Rp.7000.

Dengan harga jual saat ini Rp. 12.000 per posi, maka keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah 90 % lebih, tentu ini adalah sebuah margin keuntungan yang sangat maksimal dalam suatu bisnis.

Jika sahabat bisa menjual 50 porsi nasi goreng saja dalam 1 hari, maka sahabat sudah bisa memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp.300.000, cukup mengiurkan bukan?

Tentunya saja ini hanya perhitungan kasar, pada kenyataanya bisa lebih dan bisa juga kurang, tergantung dari harga bahan dasar yang sahabat gunakan, namun secara garis besarnya saya rasa tidak akan bea jauh dengan yang saya gambarkan di atas.
Baca juga : Memperoleh Omzet Jutaan Rupiah Perhari Dengan Jualan Es Buah

Tips Buat Yang Ingin Jualan Nasi Goreng

Nah buat sahabat yang tertarik untuk jualan nasi goreng, maka ada beberapa tips yang semoga berguna buat sahabat.

1. Menjaga Kebersihan Peralatan Makan Dan Minum

Terutama wadah pencucian piring dan juga peralatan makan lainnya alangkah baiknya kalau sahabat buatkan tempat khusus untuk mencuci piring dan jangan hanya menggunakan air satu ember untuk mencucinya, karena terkesan jorok.

Terutama buat sahabat yang ingin jualan di pinggir jalan, tentu akan sulit untuk menemukan tempat cuci piring yang memadai, untuk itu, bawalah air bersih dan tempat mencuci piring dan peralatan lainnya yang memadai untuk menjaga kebersihannya.

2.  Menjaga Kualitas Rasa

Pastikan kualitas rasa nasi goreng sahabat selalu terjaga, sehingga selalu tekenang di hati para pelanggan yang membelinya dan membuatnya membeli lagi dan lagi, jangan karena sudah banyak yang membeli trus sahabat mengurangi kualitasnya, maka tinggal masalah waktu saja pelanggan akan kabur.

3. Memberi Nama Yang Unik

Agar terlihat beda dan jualan laris masin , sahabat bisa memberi nama jualan nasi goreng sahabat dengan nama nama yang unik misalnya Nasi goreng jos gandos, Nasi goreng berani coba, Nasi goreng gila dll, yang kira kira bisa menari perhatian pelanggan sahabat.


EmoticonEmoticon