Settingan Dasar Blog Yang SEO Agar Blog Bisa Tampil Di Goolge

Tadinya saya tidak begitu tertarik untuk membuat tutorial tentang setinggan dasar blog ( terutama blog dengan plafforn blogspot). Karena selain sudah banyak yang membuatnya, artikel artikel yang bertemakan tentang blogging cenderung sangat sedikit sekali mendapatkan klik iklan google adsense kita. Ya tau sendiri donk alasannya? para blogger sudah hapal betul dengan iklan yang ada di blog kita, sehingga mereka tidak terartik lagi untuk melakukan klik iklan.

Tapi karena saya lihat masih banyak yang bingung dan tidak mengerti sama sekali tentang pengaturan dasar blog agar bisa mudah tampil di google, hati saya jadi terpangil untuk membantu mereka, karena saya tahu gimana rasanya dulu belajar secara otodiak sangatlah membuat pusing tujuh kelilikng. hehe

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan berikan pejelasan secara lengkap tentang settingan blogger yang harus dilakukan oleh sahabat, tepat setelah sahabat membuat blog baru.

Yang mana meskipun settingan dasar blog ini terlihat sangat sepele, namun sangat berpengaruh terhadap kesuksesan blog sahabat kedepannya, dalam menjaring traffik organik, dalam hal ini traffick dari search engine utama seperti Google, yahoo. dan bing yang merupkan sumber traffcik terbersar dan paling bagus untuk blog kita.

Kenapa harus traffic blog dari search engine? kan kita bisa mendapatkan traffik secara cepat dari facebook ads? dan media sosial lain?

Haiyo kenapa coba? hehe. Alasannya adalah karena traffcik dari google itu bisa kita dapatkan secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, dan traffic yang kita dapatkanpun bisa bertahan sangat lama, jika artikel yang kita buat bisa menembus page one google.

Pengalaman saya pribadi artikel yang saya buat bahkan ada yang bertahan sampai 3 tahun di page one yang setiap hari tidak pernah berhenti memberikan traffik ke blog saya. wow enak kan?

Ia, ituah salah satu kelebihan traffik dari search engine, meskipun susah susah di awal, tapi jika kita lakukan dengan sabar dan niat untuk belajar dan terus belajar, maka suatu saat sahabat akan merasakan hasilnya.

Gimana setting dasar blog tersebut? nggak usah peke lama lagi, silahkan sahabat ikuti step by stepnya di bawah ini :
Baca juga : Pengenalan menu menu dasar di blogger dan fungsinya

1. Settingan Basic / Dasar Blog

Settingan Dasar Blog


Ada 2 point yang paling penting di dalam setinggan dasar blogspot ini, yakni pada bagian Title dan Descripstion, karena ini merupakan point utama kita untuk menargetkan kata kunci yang kita incar dan mempermudah mesin pencari menemukan blog kita.

Perhatikan gambar di atas, setelah sahabat login dan pilih menu pengaturan > Basic, maka sahabat akan menemukan tampilah seperti pada gambar di atas, selanjutnya silahkan sahabat isi pada bagian masing masing menu dengan menekan tombol edit pada bagian sampingnya.

Title : Di isi dengan kata kunci utama sahabat, ataupun tema blog yang sahabat usung, seperti pada blog ini pada bagian title saya isi dengan keyword " kerja online, peluang usaha, bisnis sampingan" karena memang inilah keyword keyword utama yang saya targetkan.

Yang perlu di perhatikan dalam pembuatan title ini adalah jangan terlalu pajang dan juga jangan terlalu pendek sehingga mengurangi penargetan keyword sahabat

Descripton :  Silahkan sahabat isi dengan ringkasan singkat tenang blog sahabat. Contoh " blog seputar pariwisata dan aneka kuliner di malang" .

Privacy: Biarkan saja, karena biasanya s
udah betul setingganya.

Https: Lebih baik sahabat aktifkan, karena kedepan akan sangat berguna.

2. Setting Search Preference / Prefesrensi Penelusuran

Settingan Dasar Blog Yang SEO

Selanjutnya setinggan blog yang juga sangat penting adalah pada bagian preferensi penelusuran / search preference, tepatnya pada bagian meta tags yang berfungsi untuk menampilkan meta deskripsi pada blog dan juga pada tiap tiap artikel nantinya.

untuk lebih jelas silahkan sahabat lihat gambar di atas yang sudah saya beri tanda kotak mereah, silahkan sahabat isi meta tags deskripsi tersebut dengan deskripsi tentang blog sahabat.

Untuk yang lainnya abaikan saja, karen itu tidak terlalu penting dan sudah otomatis .
Baca juga : Cara menampilkan deskripsi penelusuran pada blog baru

3. Setinggan Di Bagian Other / Lainnya


Pengaturan blog

Selanjutnya yang terakhir adalah setinggan pada bagian other/ lainnya tepatnya pada bagian "site feed "

Disini yang perlu sahabat perhatikan adalah, pastikan sahabat melakukan setinggan "allow blog feed" menjadi short / pendek, ini untuk mencegah pencurian konten sahabat dengan cara AGC yang sedang marak beberapa tahun belkangann ini.

Jika sahabat sudah mengakitfkan feedburner sahabat, maka sahabat bisa juga mengalihkan post feed sahabat ke link feed burner sahabat, seperti pada gambar di atas.

Demikianlah settingan dasa blog yang SEO agar blog sahabat bisa tampil di google, untuk beberapa menu lainnya memang sengaja saya lewati, karena disini saya hanya berfokus pada pengaturan yang berhubungan dengan SEO blog saja, selebihnya lain kesempatan bisa kita uraikan kembali.

Salam hangat, Happy blogging.


EmoticonEmoticon