Tips Agar Jualan Takjil Laris Manis Dan Untung Besar

Jualan takjil di bulan ramadhan merupakan moment yang paling di tunggu2 oleh masyarakat yang ingin meraup berkah sekaligus keuntungan dari jualan mereka. Pasalnya, meskipun momentum jualan takjil ini hanya terjadi setahun sekali dan hanya di bulan puasa saja, potensi keuntungan dari jualan takjil bisa dibilang sangat besar, karena di bulan puasa hampir setiap masyarakat pasti membeli takjil untuk persiapan buka puasa mereka bersama keluarga.

Hal ini bisa kita lihat dari beberapa pengalaman para penjual takjil di beberapa tahun sebelumnya, dari yang pernah di langsir situs detik.com, di tahun 2017 lalu para pedagan takjil bisa memperoleh omzet hingga jutaan rupiah per hari. Wow, omzet yang menggiurkan bukan? 

Saya yakin di tahun 2018 inipun tidak akan jauh beda potensi pendapatannya.
Tapi bagaimana cara jualan takjil tersebut agar laris manis dan untung besar? Berikut saya ada beberapa tips untuk sahabat :
Jualan Takjil

1. Persiapkan Lokasi Takjil Dari Jauh Jauh Hari.

Lokasi jualan takjil menjadi hal yang sangat vital jika sahabat ingin jualan takjil sahabat laris manis dan memperoleh omzet yang besar.

Karena umumnya lokasi jualan takjil di suatu daerah itu, sudah di tetapkan di beberapa tempat tertentu, yang di jadikan pasar ramadhan dadakan untuk menampung para penjual takjil, dan biasanyapun masyarakat akan cenderung berbelanja takjil ke pasar ramadhan tersebut.

Untuk itu, jika memang sahabat ada niatan untuk jualan takjil, dari jauh jauh hari pastikan sahabat sudah memesan tempat di pasar ramadhan yang biasanya kuotanya terbatas, agar sahabat bisa mendapatkan lokasi yang strategis.

Karena jika sahabt telat untuk memboking maka bisa dipastikan sahabat tidak akan kebagian tempat karena sudah lebih dahulu di pesan orang lain.

Namun jika memang terjadi demikian, sahabat jangan berkecil hati, karena sahabat masih bisa berjualan takjil di pinggir pinggir jalan raya ataupun lokasi yang tidak begitu jauh dari pasar ramadhan.
Baca juga : Macam macam peluang usaha di bulan ramadhan yang menjanjikan untung besar

2. Membuat Takjil Sendiri

Meskipun lebih repot dan banyak menyita waktu, jualan takjil dengan membuat sendiri saya fikir akan jauh lebih menguntungkan di bandingkan membeli dari orang lain. Kenapa?  Karena dengan membuat sendiri, maka rasa dan tampilan dari takjil yang kita buat akan terjaga dan memilki ciri khas tersendiri di bandingkan dengan membeli dari orang lain, yang tentu banyak di jual juga oleh para penjual takjil lain.

Untuk itu buat sahabat yang bisa memasak alangkah baiknya kalau membuat jualan takjil sendiri, terkecuali jika memang sahabat berjuaalan sambil bekerja ataupun tidak bisa memasak, maka mau tak mau sahabat harus membelinya dari para supplier dagangan takjil.

3. Menjual Menu Takjil Buka Puasa Paling Laris

Ingin jualab takjil sahabt laris?  Maka tentunya sahabat harus menjual menu sajian takjil yang laris dan paling banyak diminati di masyarakat, sehingga lebih mudah untuk menjualnya, karena tentu banyak yang mencarinya.

Tapi apa menu takjil yang banyak di cari tersebut?

Berdasarkan dari informasi yang saya baca, ada 4 menu takjil yang paling pavorit di kalangan masyarakat.

a. KURMA

ini adalah yang paling pavorit dan laris manis, karena kurma sendiri memanglah makanan takjil yang di anjurkan oleh rasulullah sendiri, sehingg berbuka puasa dengan kurma bukan hanya masalah rasa, melainkan mensmbah nilai ibadah dari puasa itu sendiri, maka tak heran jika kurma menjadi salah satu menu yang paling di cari.

Nah dalam hal, jika sahabt ingin julan takjil sahabat laris, sahabat bisa mengkreasikan kurma menjadi olahan olahan lain yang lebih menarik sehingga terlihat beda dari lainnya, namun tidak mwngilangkan unsur sunnah memakan kurmanya.

b. Kolak

Menu takjil yang laris kedua adalah kolak, yang merupakan olahan ubi ubian ataupun pisang yang dicampur dengan cairan santan kelapa dengan gula.
Sehingga sangat pas untuk menu berbuka puasa, ksrena rasanya yang manis dan tidak terlalu berat layaknya nasi.

Kolakpun bisa si keasikan tidak hanya sebatas kolak pisang dan ubi saja, melainkan bisa juga menggunakan buah buhan dan umbi umbian lain seperti nangka ataupub duren.

C. Bubur Kacang Ijo

Bagi sahabat yang sudah terbiasa menjual bubur kacang ijo, maka shabat bisa melanjutkannya menjadi menu jualan takjil, karenu juga merupakan salah satu menu abdalan dalam bwebuka puasa di masyarakat Indonesia.

4. Ajak Keluarga dan Teman Untuk Jualan

Kenapa? Agar suasana jualan lebih seru dan bisa membantu mempromosikan jualan takjil sahabat ke teman teman dan kolega yang lainnya.

Karena seperti kata pepatah, nggak ada loe nggak rame, dari pada ngabuburit nggak jelas, maka mendiangan ngabuburit nya sambil jualan takjil bareng bareng aja, ia nggak?
Baca juga : Jualan yang menguntungkan dan cepat laku

5. Manfaatkan media sosial untuk promosi

Meskipun jualan takjil sifatnya sementara, namun tentunya jangan sampai lupa juga untuk mempormosikannya agar jualan takjil sahabat laris dan untung besar
Dan salah satu cara mudahnya adalah dengan memanfaatkan medis sosial yang umum seperti Facebook dan instagram.

Jangan lupa juga untuk meminta teman dan pelanggan lain untuk ikut melakukan upload jualan takjil sahabat di akun media sosial mereka biar cepat terkenal dab lebih banyak diminati.

Demikianlah tips agar jualan takjil sahabat laris manis dan untung besar, semoga bisa memberikan sedikit manfaat bagi sahabat yang memerlukannya.


EmoticonEmoticon