Apa Itu Blogger Dan Fungsinya ( Kamu Harus Tahu )

Sebenarnya saya sedikit terkejut, saat saya tahu, ternyata cukup banyak yang belum begitu familiar tentang apa itu blogger dan apa fungsi dari blog itu sendiri, mengingat saat ini sudah cukup banyak yang menjalani profesi sebagai blogger, baik hanya sebagai pengisi waktu luang, ataupun sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

But, is oke, mungkin data yang saya dapat tersebut, merupkan data dari sahabat yang mungkin jarang online dan bergelut di dunia internet, sehingga tidak mengenal tentang apa itu blogger ataupun arti dari blogger itu sendiri.

Atau bisa juga data yang saya baca tersebut berasal dari adik adik yang masih tergolong anak zaman now, yang baru saja beranjak gede, sehingga wajar kalau masih blog mengenal tentang apa itu blogger.

Karena terus terang, saya sendiri sudah mengenal dunia blogger sejak tahun 2012 lalu, ( hehe, bukan bermaksud sombong ya ). Meskipun pada saat itu saya juga masih benar benar gaptek, sehingga tidak berapa lama saya berhenti menjadi blogger dan baru mulai aktif kembali di tahun 2015 hingga sekarang.

Namun jika sahabat belum tahu tentang penertian blogger hingga saat ini, maka bisa dibilang sangat terlambat. Tapi nggk masalah, toh lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali kan?

So !! buat yang belum tahu apa itu bloger, kalian menemukan artikel yang tepat, karena kalian mendapatkan iformasi langsung dari seorang blogger itu sendiri, sehingga informasi yang kalian dapat di zamin keasliannya. hehe


Jadi Apa Itu Blogger ?

Hmm, pasti udah nggk sabar ya, jadi. Blogger itu sebenarnya adalah sebutuan untuk seseorang yang memiliki blog, kalau yang pernah belajar bahasa inggris pasti ngerti dech.

Contohnya, seperti menyanyi, dalam bahasa inggris di sebut dengan : sing, Nah untuk orang yang menyanyi atau yang bisa kita sebut penyanyi maka dalam bahasa inggris akan di sebut singger.

Sudah paham kan?

Begitu juga dengan blogger, adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki blog, yang mana blog tersbut selalu diisi dengan tulisan ataupun artikel artikel yang bermanfaat yang berisi tentang opini, berita, inspirasi, narasi, puisi dll, tergantung dari tema yang di usung dari si blogger itu sendiri.

Seperti yang sedang sahabat baca ini, merupakan salah satu artikel dari blog saya, yang berisi tentang iformasi untuk sahabat yang belum mengerti tentang blogger itu apa, nah karena saya memiliki blog, maka saya bisa juga di katakan sebagai blogger

Lalu blog itu sendiri apa? untuk penjelasan lengkapnya silahkan sahabat baca di artikel saya yang lain tentang : Pengertian Blog,  di link tersebut sudah saya jelaskan secara lengkap tentang arti dari blog.

Manfaat Menjadi Seorang BLogger

Nah, sekarang sahabat sudah tahukan apa itu blogger, lalu apa manfaat menjadi seorang blogger tersebut, kenapa banyak yang rela capek capek membuat tulisan setiap hari, padahal nulis itu nggk gampang lho. trus apa benar bisa menghasilkan uang dari blog seperti yang banyak orang katakan? 

Saya yakin pertanyaan semacam ini akan muncul di benak sahabat, nah, biar sahabat nggk penasaran, maka akan saya jelaskan juga sedikit disini tentang fungsi menjadi seorang blogger.

1. Sebagai catatan harian

Kalau di zaman dulu kita menulis catatan harian di sebuah buku, maka dengan menjadi blogger kita tidak memerlukan buku lagi, karena di blog kita tersebut akan tersimpan secara rapi tulisan tulisan yang kita buat sampai kapanpun selama kita masih ingat password dan email dari blog kita tersebut.

2. Bisa Dikenal Banyak Orang

Nah, bagi blogger yang rajin menulis di blognya setiap hari, maka lama kelamaan tulisan tulisan mereka di blog tersebut akan keindex oleh google dan akan mudah di temukan banyak orang yang mencari informasi yang berhubungan tentang tulisan yang dia buat.

Contoh, sahabat bisa menemukan artikel ini karena mengetikkan kata kunci "apa itu blogger " di google kan? nah maka sahabat bisa menemukan blog saya dan sahabatpun bisa mengenal saya.

Begitu juga dengan tulisan tulisan lain yang berjendre cerita, puisi ataupun novel, selama itu merupakan tulisan karya pribadi, maka lambat laun akan di tampilkan di google dengan sendirinya dan akan di kenal banyak orang, dan bukan tidak mungkin blogger tersebut akan terkenal.

Sebut saja seperti Raditya Dika, pasti kenalkan?

Tahu nggk, dulunya, dia adalah seorang blogger lho sob, karena dia rajin menulis cerita tentang kehidupannya di blognya, akhirnya dia bisa menjadi penulis novel, komikia dan juga artis sinetron. keren kan?

Kalu kamu mau, juga bisa koq.

3. Bisa Menghasilkan Uang

Nah ini dia yang paling di gembor gemborkan banyak orang, menjadi blogger bisa menghasilkan uang? yupz itu benar adanya, namun yang perlu saya garis bawahi disini, menghasilkan uang dari profesi sebagai blogger itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Butuh proses, perjuangan dan kedisiplinan dalam menulis artikel sebelum akhirnya bisa menghasilkan uang yang cukup dari blog kita, saya sendiri butuh waktu sekitar 2 tahun sebelum bisa gajian rutin tiap bulan dari blog saya.

Simaka ceritanya artikel saya yang lain tentang : Cara membuat blog yang menghasilkan uang

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Blogger

Nah, sekarang sahabat sudah mengerti tentang apa itu blogger, jika sahabat tertarik untuk menjadi seorang blogger, berikut langkah langkahnya:

1. Membuat blog

Yups, biar syah di katakan sebagai seorang blogger maka sahabat harus membuat blog lebih dahulu, dan untuk itu ada 2 platfor blog yang populer banyak di gunakan orang yakni blogger.com dan wordpress.com.

2 platforn tersebut merupaan platforn untuk membuat blog yang paling populer di gunakan banyak orang, karena memang mudah dan gratis membuatnya, silahkan sahabat pilih yang mana yang bagus.

Namun kalau saran dari saya, lebih baik sahabat membuat blog di blogger.com saja karena lebih mudah dan suatu saat bisa di custum domain menjadi blog berbayar.

Seperti blog saya ini menggunakan platforn blogger.com.

2. Isi Blog Dengan Tulisan Secara Rutin

Ini adalah tugas yang paling berat bagi sahabat yang memulai menjadi seorang blogger, terutama buat sahabat yang memang belum teribasa menulis artikel, karena untuk menjadi seorang blogger maka harus bisa membuat tulisan tulisan bermanfaat setiap hari, agar lama kelamaan blog kita akan di kenal banyak orang.

Dimana tulisan tersebut haruslah original ( tidak menjiplkan tulisan orang lain apalagi copy paste) dan juga haruslah bermanfaat serta berdasarkan fakta dan realita, jika menulis suatu informasi ataupun berita.

Bagi yang tidak sabar, maka akan banyak yang berhenti di tengah jalan dan berhenti menulis.

Namun jika sahabat sabar dan tekun, maka yakin suatu saat pasti sahabat bisa.

3. Rajin membaca dan belajar dari blog yang sudah populer

Seperti kata pepatah, jika kita ingin sukses, maka belajarlah dari orang orang yang sudah sukses, begitu juga jika kita ingin menjadi seorang blogger, maka belajarlah dari blogger blogger yang sudah sukses dan menjadi seorang blogger profesional.

Karena biasanya di blog blog mereka ada banyak sekali pengalaman sertta pengetahuan blogging yang mereka bagikan secara gratis melalui artikel artikel yang mereka buat, yang tentu saja bisa kita coba terapkan dan praktekkan.

Berikut beberapa contoh blog yang baik untuk belajar ngeblog : Kumpulan contoh blog pribadi yang bagus untuk pemula

4. Rajin promosi dan berkunjung ke blog orang lain

Yang terakhir, untuk menjadi seorang blogger maka sahabat harus rajin berkunjung ke blog orang lain dengan meninggalkan komentar yang relevan sesuai dengan topik artikel yang kita baca, sehingga mereka juga bisa menemukan keberadaan blog kita.

Jangan lupa juga untuk aktif di forum forum blogger baik di sosmed ataupun forum lainnya, untuk saling berdiskusi dan berbagi pengetahuan.

Jika 4 hal di atas sahabat lakukan, maka saya yakin suatu saat sahabat akan menjadi blogger profesioanl .

Demikianlah pembahasan kita tentang apa itu blogger dan fungsinya, semoga bisa bermanfaat dan memberikan sedikit pencerahaan kepada sahabat yang memerlukan.

2 komentar

Menjadi seorang blogger itu memang banyak sekali manfaatnya ya gan? Salam kenal...

Banyak banget manfaatnya gan, karena dengan menjadi blogger maka membuat kita mau tidak mau rajin membaca dan menggali pengetahuan baru agar bisa membuat tulisan yang baik dan bermanfaat, selain itu bisa menghasilkan uang tentunya.

Salam kenal Gan Heru Satria


EmoticonEmoticon