Parcel Lebaran : Peluang Usaha Menjanjikan Menjelang Hari Raya

Parcel Lebaran merupakan suatu hal yang lumrah di berikan seseorang kepada kerabat, rekan kerja, saudara, sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi ataupun  hubungan baik antar sesama.

Yang meskipun nilai dari parcel Lebaran tersebut bisa dibilang tidak seberapa, namun nilai yang terkandung di dalamnya sangatlah baik, dan sudah menjadi tradisi dikalangan masyarakat.

Bahkan tak hanya parcel lebaran saja, berdasarkan pengamatan saya di lapangan, kini juga sudah umum seseorang memberikan parcel untuk kado pernikahan, parcel untuk lahiran ataupun psrcel seserahan.

Nah, mengamati hal ini, tentulah ini nerupakan suatu peluang usaha yang menguntungkan bagi kita yang ingin meraup keuntungan di hari raya, sekaligus bisa juga untuk usaha jangka panjang. Dengan menjual tak hanya parcel Lebaran namun dilengkapi dengan parcel parcel lainnya.

Namun yang jelas, momen lebaran ini merupakan hal yang tepat untuk memulai usaha parcel, karena biasanya permintaan pasar akan parcel Lebaran sangatlah banyak.
Isi Yang Ada Di Dalam Parcel

Nah bagi sahabat yang tertarik untuk memulai bisnis parcel Lebaran atau parcel lainnya maka tentunya yang partama harus sahabat ketahui adalah daftar isi dari parcel tersebut.
Dalam hal ini, untuk parcel lebaran biasanya isinya adalah, kue, buah buahan, sirup, susu, sarung dan perlengkapan sholat.

Untuk parcel lahiran, isinya adalah: peralatan mandi dan bedak bayi, pakaian bayi.
Dan untuk parcel pernikahan biasanya isinya adalah seperangkat peralatan lengkap pengantin perempuan seperti, make up, peralatan sholat, peralatan mandi, slop, baju kebaya dll.

Nah, sangat penting bagi sahabat mwngetahui jenis dan isi dari parcel yang umum di pasaran, kemudian sahabat bisa mengkreasikannya dengan menambahkan atau memvariasikan daftar isi tersebut agar tidak terkesan sama dengan yang lainnya.

Lalu Bagaimana Cara Memulai Bisnis Parcel Tersebut?

Ada beberapa step yang harus sahabat lakukan.

1. Persiapan

Meliputi : modal, keterampilan membuat dan merangkai parcel, survei lokasi dan juga cara pemasaran serta strategi promosi yang akan sahabat gunakan, itu sangatlah penting untuk di fikirkan dan di persiapkan dengan baik.

Dalam hal ini modal dan keterampilan membuat parcel adalah yang paling penting,  karena setidaknya sahabat sudah mempersiapkan berpa besar modal awal untuk membuat parcel dan biaya operasional usaha sebelum usaha parcel sahabat tersebut berhasil.

Kereampilan dalam membuat parcelpun juga sangat penting di persiapkan, apakah dengan cara megang di tempat usaha parce yang sudah ada di daerah sahabat, ataupun dengan cara merekrut karyawan.

2. Pelaksanaan

Meliputi :

Pencarian Supplier Yang Tepat

Dalam hal ini sangat penting untuk sahabat bisa menemukan supplier yang tepat agar sahabat bisa mendapatkan barang barang untuk keperluang parce dengan harga yang jauh lebih murah dan terjangkau sehingga harga bisa bersaing nantinya.

Karena walau bagaimanpun harga jual yang bersaing merupakan salah satu penentu kesuksan dalam hal usaha.

Strategi bisnis yang di gunakan

Startegi bisnis yang sahabat pilih ini sangat menentukan juga keberhasilan sahabat kedepannya, apakah sahabat memilik menggunakan strategi bisnis secara offline ataupun secara online ataupun menggunakan keduanya.

Namun kalau saran dari saya pribadi lebih baik sahabat menggunakan keduanya yakni secara online dan offline, karena bisanya untuk ruang lingkun dari custumer bisnis parcel ini pasti tidaklah terlalu luas dan masih dalam lingkup satu wilayah sehingga masih juga saangat di perlukan toko ataupun tempat usaha yang baik.
Baca juga : Tips sukses bisnis event organizer yang harus di ketahui pemula


EmoticonEmoticon