Berbagai Macam Cara Membuka Bisnis Jasa Tour Guide

Tour guide, bagi para traveller tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, karena memang setiap mereka berwisata kesuatu tempat pastilah akan di temani oleh para tour guide yang menjadi pemandu sekaligus sumber informasi mengenai hal hal yang mereka kunjungi tersebut, baik itu sejarah dari tempat tersebut,  hal hal menarik apa saja yang ada di tempat tersebut. Dll.

Nah keberadaan akan tour guide pagi traveller ini sangatlah penting, karena kebayangkan kalau seandainya kita pergi berlibur kesuatu tempat yang tidak kita kenal seorang diri?, maka tentu akan terasa garing dan tidak bisa mengexplore lebih jauh tempat tersebut.

Melihat akan kenyataan hal ini tentulah bisnis jada tour guide merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat potensial untuk di geluti.

Apalagi seiring dengan manusia modern saat ini yang menjadikan liburan menjadi kebutuhan pokok, yang wajib untuk menghilangkan letih dan penat di tengah kesibukan sehari hari.

Maka potensi usaha toure guide ini tak bisa di bantahkan lagi, dan merupakan peluang usaha yang bisa sahabat lirik.

Dan jika memang sahabat tertarik untuk menggeluti bisnis toure guide ini, maka ada beberapa cara yang bisa sahabat lakukan :
Cara Membuka Bisnis jasa Tour Guide

1. Menjadi Seorang Tour Guide Freelance


Nah bagi sahabat yang masih pemula maka menjadi seorang tour guide freelance merupakan pilihan yang tepat menurut saya pribadi.
Karena dengan menjadi seorang tour guide freelance ini, disinilah kesempatan kita untuk mengerti seluk beluk dari bisnis tour guide ini, di samping mendapatkan penghasilan tambahan tentunya.

Sahabat bisa mendapatkan pekerjaan tour guide sebagai freelance dengan cara mendaftar di pengusaha tour and travel di daerah sahabat, biasanya mereka banyak memerlukan seorang tour guide terutama yang memiliki kemampuan bahasa asing.

Atau bisa juga sahabat membuka company profil sendiri di internet, sehingg jika ada perusahaan tour and travel yang membutihkan bisa dengan mudah menemukan sahabat.

2.  Membuka biro jasa tour guide sendiri


Nah untuk yang kedua ini merupakan cara yang paling baik,  karena meskipun mungkin memerlukan proses yang lebih rumit namun merupakan usaha yang bagus untuk masa depan kita untuk menjadi seorang entrepreneur.

Karena membuka biro jasa Tour guide sendiri artinya kita menjadi bos atas diri sendiri dan peluang keuntungan yang kita dapatkan jauh lebih besar di bandingkan dengan hanya menjadi seorang freelance.

Hanya saja tentu sebelum membuka jasa tour guide senidri ada bebera hal yang harus sahabat perisapkan dengan baik. agar semua bisa berjalan lancar, diantaranya :

  • Pengetahuan Tentang Tempat Tempat Wisata
Seperti kita ketahui bersama, menjadi seorang tour guide tentunya harus bisa mengetahui dan memahami seluk beluk tentang tempat wisata yang ada di daerah kita, karena sebagai tour guide selain sebagai petunjuk arah bagi para wisatawan, kita juga merupakan sumber informasi bagi mereka mengenai hal hal yang berkaitan dengan tempat wisata yang di kunjungi.

Untuk itu pengetahuan tentang tempat tempat wisata ini sangatla penting untuk kita kuasai sebelum sahabat membuka usaha tour guide sendiri.

Pelajari dengan seksama tentang sejarah di balik tempat wisata tersebut, legenda legenda yang beredar di masyarakat, penemuan penemuan penting yang ada. dan juga harus paham setiap detail lokasi dari tempat wisata tersebut.


  • Mulai menyukai jalan jalan
Bagaimana mungkin kita bisa menemani seseorang untuk jalan jalan dengan baik jika kitas sendiri tidak menyukainya? ia nggk? maka semua tentu akan terasa sangat berat jika kita melakukan yang tidak kita sukai.


Untuk itu jika sahabat ingin menjadi pengusaha tour guide maka wajib hukumnya mulai dari sekarang menyukai semua hal yang berbau travelling sehingga bisa terbiasa dan menyusaikan diri dengan cepat.


Karena tentunya selalu berpergian tentunya juga membutuhkan fisik yang kuat, yang jika tidak terbiasa tentu akan mudah letih dan lemas.

  • Menyediakan Alat Trasportasi Bagi Wisatawan
Meskipun kita hanya seorang pemandu wisata, sangat penting juga untuk kita bisa menyediakan alat transportasi sendiri, karena tentu setiap wisatawan nantinya membutuhkan alat trasportasi untuk mereka bepergian selama di tempat kita.


Nah daripada mereka menggunakan jasa transportasi lain, maka lebih baik sahabat manfaatkan ini sebagai bisnis penunjung bagi usaha tour guide sahabat.

Artikel terkait : 7 Jenis mobil yang cocok untuk usaha travel

  • Menyediakan Penginapan Bagi Wisatawan
Sama hanya dengan penginapan, sangat penting bagi sahabat untuk memiliki tempat sendiri yang bisa untuk di sewakan ataupun menjalin kerja sama dengan berbagai hotel dan losmen yang ada di tempat sahabat, sehingga jika nanti ada beberapa wisatawan yang menggunakan jasa tour guide sahabat memerlukan penginapan, maka sahabat tidak perlu bingung lagi.

  • Strategi Promosi Yang Akan Di Gunakan
Suatu bisnis tanpa promosi itu laksana sayur tanpa garam, karena tidak akan ada yang tahu tentang keberadaan bisnis sahabat dan akan sangat sulit bagi sahabat untuk mendapatkan custumer jika bisnis tour guide sahabat tidak sahabat promosikan.

Untuk itu dari awal membangun bisnis sudah harus sahabat siapkan strategi promosi yang akan sahabat gunakan untuk usaha milik sahabat.

Misalnya melakukan promosi secara online, bisa dengan mulai membuat blog atau website yang profesional tentang usaha jasa yang kita tawarkan, sehiingga custumer merasa yakin akan profesionalitas yang kita tawarkan.

atau bisa juga dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram yang saat ini merupakan salah satu media sosial yang banyak di gunakan oleh pra traveller.

3. Alternatif Bisnis Jasa Tour Guide

Nah, yang perlu sahabat ketahui menjadi seorang tuor guide nggk melulu hanya sekedar berprofesi sebagai pemandu wisata lho. kalo sahabat jeli ada beberapa alternatif bisnis yang juga bisa sahabat jalani secara beriringan.

  • Menjadi Seorang Travel Blogger
Ini yang paling menjanjikan menurut saya, karena sebagai pemandu wisata maka sahabat tentu sudah paham secara detail tentang tempat tempat wisata menarik yang ada di temapt sahabat, nah kemampuan ini tentu sayang jika tidak manfaatkan misalnya dengan menjadi seorang travel blogger.

Sepert kita tahu saat ini blogger menjadi salah satu profesi yang mulai banyak dilirik karena terbukti banyak sumber penghasilan yang bisa mereka dapatkan, jika blog yang dibuatnya berhasil memiliki banyak pengunjung misalnya dari google adsense, dari sponsor bebera agen tour and travel, dari affliate. dll.
  • Menjadi Seorang Youtuber
Sembari menjadi seorang tour guide Sahabat juga bisa menjadi seorang youtuber dengan cara mendokomentasikan setiap momen perjalanan sahabat dengan para wisatawan  dengan vidio dan menguploadnya ke youtube.

Dengan cara ini bukan tidak mungkin suaut saat sahabat menjadi youtuber terkenal yang penghasilannya tentu jauh lebih dari hanya sekedear seorang tour gudie.

  • Membuka Jasa Penukaran Uang
Jika para wisatawan yang sahabat sasar adalah para wisatawan manca negara, maka sahabat bisa juga membuka usaha jasa penukaran uang, karena tentu banyak wisatawan asing yang memerlukan uang rupiah untuk bisa mereka gunakan di indonesia.

Demikianlah sedikit tentang berbagai macam cara membuka bisnis jasa tour guide semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon