Berbisnis Kursus Menyelam Dan Surfing Sangat Cocok Di Daerah Wisata Pantai

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tekenal akan pantai pantainya yang indah yang membentang dari sabang sampai merauke, maka nggk usah heran jika pantai masih menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di indonesia.

Karena memang selain pemandangan dan panoramaya yang indah, di pantai kita bisa merasakan semilir angin sepoi sepoi yang selalu berhembus. melihat sunset, dan tentunya bermain air dengan berenang, menyelam dan surfing tentunya.

Dan yang paling populer diantara yang saya sebutkan di atas tentunya menyeleam dan surfing, karena memang kedua kegiatan ini selain mengasikkan dan memacu adrenalin, dengan menyelam kita bisa melihat keindahan taman bahwa laut yang mungkin belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

Namun sayangnya untuk melakukan surfing maupun menyelam tentulah tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena kedua kegiatan ini memerlukan keahlian dan keterampilan khusus sehingga bagi orang orang yang ingin mencoba kedua kegiatan ini maka mereka harus belajar dari ahlinya dan harus memiliki setifikat menyelam.

Maka untuk itulah bagi sahabat yang tinggal di daerah wisata wisata pantai yang terkenal sebagai tempat surfing maupun menyelam, maka berbisnsi kursus menyelam dan surfing merupakan salah satu peluang bisnis potensial yang sangat cocok untuk sahabat coba.
Berbisnis Kursus Menyelam


Tapi bagaimana cara memulai bisnis kursus menyelam dan surfing ini?

Nah dari beberapa informasi yang saya dapatkan mengenai cara mendirikan kurusus menyelam atau dive center ini, maka itu semua tergantung dari sahabat apakah ingin mendirikan dive center secara mandiri atau ingin mendirikan dive center di bawah naungan agensi selam resmi yang ada di indonesia saat ini seperti " PADI Dive Center dan SSI Dealer Dive Center.

Dimana tentunya jika membuat kurus menyelam sendiri persyaratan tentu lebih detail dan lebih rumit dibandingkan berada di bawah naungan kedua agen selam resmi tersebut.

Seperti yang di utarakan oleh Jhon E. Sidjabat, yang merupakan seorang ( National Association of Underwater Instractors ) NAUI course Director. Dimana menurutnya seorang yang ingin menyelenggarakan pelatihan menyelam maka harus memenuhi persayatan.

Baca juga : Cara memulai usaha kolam renang

1. Minimal harus di pimpin oleh sesoranng Instruktur menyelam

Hal ini karena dive center merupakan pusat kegiatan selam ataupun diving baik untuk penyelaman ataupun setifikasi yang hanya bisa dilakukan oleh seorang insturktur. Lain halnya jika sahabat hanya ingin menjadi seorang penyelenggara kegiatan di lokasi industri wisata selam ( dive operator ) maka boleh di pimpin minimal seseorang yang memegang sertifikat dive masater.

2. Izin Pemerintah

Selanjutnya untuk membuka kursus diving tentunya harus sudah mengantongi inzin pemerintah.

3. Tahu Betul Tentang Penyelaman

Ini yang paling penting, sebelum seseorang ingin terjun kedalam bisnis diving ini maka harus tahu betul tentang seluk belum penyelaman, baik itu tentang spot spot yang menarik untuk di selami, ataupun mengetahui tentang detail penyelaman itu sendiri dari mulai perizinan hingga teknik penyelaman karena mengingat menyelam merupakan kegiatan dengan higt risk.

Membuka Kursus Di Bawah Naungan Agensi Selam Resmi Padi Dive Center Dan SSI

Nah untuk yang berada di bawah naungan agensi, maka juga ada beberapa pesyatan dari agensi tersebut di antaranya "


  • Memiliki lokasi yang strategis, dalam hal ini tepat untuk berbisnis diving
  • Profesional dalam setiap hal
  • Menjaga kebersiahan dan kerapian seta fasilitas yang memadai
  • Memiliki sistem udara yang mampu menghasilkan udara untuk bernafas dengan kualitas tinggi
  • Memiliki semua izin pemerintah termasuk peraturan terkait perburuhan dan perpajakan
  • Tidak melakukan pelanggaran kode etik penyelaman dalam waktu 12 bulan terakhir
  • Menggunakan sistem penyelaman menyeluruh bagi siswa sesuai dengan standar minimum SSI
  • Sepakat untuk menyelengarakan program MAP
  • Menyelenggarkan program instruksional dengan memanfaatkan instruktur SSI untuk mengajar program di bawah kendali Dive Center
Demikianlah sedikit gambaran tentang berbisnis kursus menyelam dan surfing di indonesia. bagi sahabat yang tinggal di lokasi spot spot wisata penyelaman di indonesia, maka bisnis ini sangat menjanjikan, dan patut untuk sahabat lakukan riset mulai dari sekarang.


EmoticonEmoticon