Cara Menerima Dan Transfer Uang Tanpa Rekening Maupan ATM

Menerima dan melakukan transfer uang lewat ATM adalah hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat di zaman sekarang ini, karena memang selain lebih cepat dan bebas antri di bandingkan harus mengirim uang lewat teller bank secara langsung, transfer lewat atm juga bisa dilakukan kapa saja dan dimana saja.

Tapi bagaimana jika kita tidak punya ATM maupun rekening? masih bisakah melakukan transfer uang? nah, inilah masalah yang sering muncul, karena walaupun bagaimanapun, saat ini masih banyak juga teman teman kita yang masih belum memiliki rekening bank sendiri, sehingga mengalami kesulitan untuk melakukan pengiriman uang.

Untuk itulah saya buat artikel ini, dengan harapan bisa membantu teman teman yang belum memiliki rekening, tetapi ingin melakukan pengiriman uang dengan cepat kepada teman, saudara, ataupun lainnya.

Karena sebenarnya tanpa rekening bank maupun ATM itu kita juga bisa melakukan pengiriman uang, berikut caranya:

1. Transfer Uang Lewat Kantor Pos

Jika dulu kantor pos kita kenal hanya kita kenal sebagai sarana untuk mengirim surat ataupun paket, maka kini kantor pos sudah berevoulusi sesuai zaman dan kebutuhan masyarakat, salah satunya dalam hal pengiriman uang tunai tanpa harus memiliki rekening bank ataupun ATM.

Dan dalam hal ini ada 3 pelayanan transfer uang yang bisa sahabat pilih :

# Weselpos Instan

Dengan weselpos instan ini memungkinkan sahabat untuk mengirim uang secara instan dan real time dengan PIN dan NTP akan di kirim langsung oleh pengirim kepada penerima melalui handphonenya.

Jadi jika sahabat ingin mengirim uang melalui weselpos instan ini, maka pastikan si penerima uang yang akan kita kirim memiliki nomer hp aktif, dan pastikan juga data penerima yang kita tulis sesuai dengan nama KTP penerima, karena syarat pengambilan uangnya adalah harus menunjukan KTP elektronik dan juga PIN yang sudah dikirim ke HP penerima.

Langkah langkah pengeriman uang lewat weselpos instan :

  • Datang langsung ke kantor pos terdekat
  • Bawa KTP atau kartu pengenal lain berserta no hp sahabat + nomor hp penerima uang
  • Temui petugas pos dan minta formulir pengiriman wesel pos instan
  • Isi data data yang di perlukan
  • Serahkan formulir dan uang yang akan di kirim ke petugas pos
  • Pengiriman akan di proses
Sampai disini, maka tak berapa lama uang akan segera terkirim dan bisa di ambil oleh penerima di cabang kantor pos dimanapun di seluruh indonesia, dengan menunjukan KTP dan juga PIN yang sudah di kirim ke no hp penerima.

Namun yang perlu jadi catatan disini, kita harnya bisa mengirim uang minimal Rp.100.000 dan maksimal RP.20.000.000 saja.
cara kirim uang tanpa rekening bank

# Weselpos Prima

Pada prinsipnya sama dengan weselpos instan, hanya saja, proses pengirimannya akan berlangsung lebih lama dan pemberitahuannyapun akan diantar melalui surat pemberitahuan dari kantro post terdekat kepada penerima.

# Weselpos Cash to Account

Nah kalau yang ini merupakan layanan pengiriman uang tunai langsung ke rekening bank penerima uang.

Jadi, jika sahabat ingin mengirim uang cash kepada saudara misalnya, dan dia memiliki rekening, maka sahabat bisa juga mengirim uang melalui kantor pos langsung ke rekening bank saudara kita tersebut, sehingga proses pengambilannya lebih gampang.

Artikel terkait : Syarat buka rekening bni dan caranya

Caranya :

  • Datang langsung ke kantor pos terdekat ( online)
  • Isi formulir pengiriman secara lengkap, biasanya berupa : identitas pengirim, besarnya uang yang akan dikirim, nomer referensi ( bisa berupa nomer telpon), 
  • Serahkan formulir yang sudah disi beserta uang yang akan dikirim dengan munjunjukan KTP asli beserta foto copynya
Selesai, maka uang akan segera dikirim ke no rekening sesuai dengan yang sudah sahabat isi di forumuli.

Catatan : kita hanya bisa mengirim uang ke rekening bank yang termasuk dalam jaringan ATM bersama.


2. Mengirim Uang Lewat Alfamart

Selanjutnya cara ke 2 untuk mengirim uang tanpa rekening adalah mengirim uang lewat alfamart. hah, masa ia sih mas? alfamart kan bukannya mini market? ia, alfamart memang mini market, tapi jangan salah alfamart juga bisa untuk ngirim uang lho, jadi jika kalian kepepet ingin ngirim uang tunai, tapi orang yang ingin kalian kirimi uang nggk punya rekening, maka bisa menggunakan jasa pengiriman uang alfamart.

Caranya :

1. Datang langsung ke alfamart dengan membawa persyaratan pengiriman uang yang di perlukan, di antarnya
  • KTP Pengirim
  • No Handphone pengirim uang
  • No handphone penerima uang
  • Uang yang akan di kirimkan
2. Bilang ke karyawan alfamartnya bahwa sobat ingin mengirim uang ( maka dengan sigap sahabat akan di layani dan biasanya akan di bantu untuk pengirisian formulir pengiriman)

Selesai, maka sahabat tinggal menunggu bukti resi pengiriman uang sahabat, dan jangan lupa untuk mengirimkan kode penarikan (MTCN) yang ada pada resi tersebut kepada orang yang kita kirimi uang.

3. Kirim Uang Melalui Wastern Union

Salah satu kelebihan metode pengirman uang tanpa rekeneing bank yang satu ini adalah bisa mengirim uang tak hanya antar kota saja melainkan kita bisa juga mengirim uang antar negara dengan cepat dan instan. keren kan?

Keamanannya gimana?

Mengenai keamanan pengiriman uang menggunakan wastern union sahabat juga nggk perlu khawatir, karena wastern union juga sudah banyak di pakai perusahaan perusahaan international bonafit, contohnya seperti google juga menggunakan wastern union sebagai salah satu cara untuk membayar para publihser adsense mereka, sehingga untuk keamanan pengiriman uang melalui wasteren union sangatlah terjamin.

Cara pengirimannya :

1. Sahabat datang langsung ke agen Wastern Union (WU) terdekat seperti bank maupun kantor pos, ( saran saya pilih kantor pos saja, karena biayanya lebih murah)

2. Sampai di kantor pos, silahkan sahabat ambil formulir pengiriman wastern union (WU) dan isi data data yang diminta sesuai dengan yang ada di formulir tersebut ( jika ada yan gtidak jelas, tanyakan saja ke petugas posnya)

3. Selesai mengisi formulir, selanjutnya sahabat serahkan formulir tersebut ke petugas pos, lengkap dengan uang yang ingin sahabat kirim, dengan memperlihatkan identitas asli sahabat (ktp / Sim)

4. Selesai, sahabat tinggal mengunggu bukti transaksi pengiriman uang (wu) yang selanjutnya bisa sahabat informasikan kepada penerima uang
Catatan penting : Pastikan nama penerima uang yang sahabat tuju sesuai dengan nama asli yang tertera di KTP mereka, agar tidak ada masalah pada saat pengambilan uang nantinya

Cara menerima uang dari WU :

1. Datang langsung ke agen WU terdekat

2. Bawa identitas diri (KTP) beserta 1 lembar foto copynya

3. Tunjukan kode penarikan (MTCN) kepada petugas pos

4. Selesai, maka uang akan di cairkan sesuai dengan yang di kirim

4. Mengirim Uang Melalui Indomaret

Nah, untuk cara mengirim uang yang ke 4 ini, cara mengirim dan menerimanya hampir sama dengan mengirim uang melalui alfamart, so silahkan sahabat pelajari cara pengiriman uang melalui alfamart di atas ya.

5. Mengirim uang dengan datang langsung ke bank

Nah, yang terakhir, buat sahabat yang ingin mengirim uang tapi belum punya rekening, maka sahabat bisa datang langsung ke bank untuk mengirim uang, dengan catatan bahwa orang yang akan kita kirimi uang sudah punya rekening.

Untuk caranya sangat simple, sahabat tinggal datang ke bank, ambil no antrian, setelah itu tinggal serahkan uang yang akan di transfer kepada teller bank, maka uang akan dikirim dengan segera.

Demikianlah cara menerima dan melakukan ransfer uang tanpa rekening maupun ATM, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat yang memerlukan informasi ini.


EmoticonEmoticon