Beberapa Contoh Souvenir Khas Daerah Yang Bisa Sahabat Jadikan Usaha

Menjual souvenir khas daerah merupakan salah satu contoh peluang bisnis yang sangat potensinal buat sahabat yang tinggal di kampung kampung wisata andalan yang cukup banyak mendapatkan kungjungan wisatawan.

Karena tentu para wisatawan tidak akan pernah melewatkan semua hal yang berbau cinderamata khas daerah tujuan mereka, karena selain sebagai oleh oleh tentu akan sangat sulit bagi mereka untuk menemukannya di tempat lainnya.

Tapi sayangnya saya perhatikan, tidak begitu banyak daerah yang memiliki souvenir khas yang bisa di jajakan, terutama buat di daerah daerah pedalaman seperti di kampung saya, yang notabenenya sangat minim sekali home industri ataupun kerajinan daerah setempat, sehingga sedikit bingung untuk membuka usaha souvenir khasi daerah ini.

Namun sebenarnya ini juga bukanlah suatu alasan, karena sebenarnya jika kita jeli, kita bisa menciptakan sendiri souvenir khas daerah kita, dengan mencari ataupun menciptkan sendiri hal hal yang berbau ataupun bermotif khas daerah kita, misalnya:
Contoh Souvenir Khas Daerah Yang Bisa Sahabat Jadikan Usaha


1.Membuat Kaos Dengan Lambang Daerah Ataupun Maskot Wisata Andalan

Ini adalah yang paling mudah, karena tentu kaos dengan lambang daerah ataupun maskot wisata andalah di daerah kita tidak akan di temukan di daerah lainnya, untuk itu membuat kaos seperti ini merupakan souvenir khas yang sangat potensial untuk di jual menurut saya.

Asalkan sahabat bisa menjaga mutu kaos dan kualitas sablon yang digunakan, maka saya yakin akan cukup laris manis di serbu wisatawan, karena tentu mereka juga ingin menggunakan kaous tersebut sebagai kenang kenangan.

2. Menjual Senjata Khas Daerah

Nah di setiap daerah tentulah memiliki senjata khas yang sudah di turunkan secara turun temurun oleh nenak moyang. Jika sahabat bingung ingin menjual souvenir khas daerah sahabat, maka sahabat bisa mencoba menjual senjata khas daerah sahabat tersebut.

Karena tentunya tidaklah sulit untuk menemukan pengrajin yang menjual senjata khas daerah sahabat tersebut, asalkan sahabat mau mencari informasi tentang dimana para pengarajin tersebut berada.

3. Menjual Makanan Khas Daerah

Makanan khas daerah juga bisa menjadi solusi ataupun pelengkap buat sahabat yang ingin membuka toko oleh oleh buat para wisatawan, karena tentu para wisatawan ingin mencicipi makanan makanan khas yang ada di daerah kita yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya.

4. Menjual Kerajinan Tangan Daerah Setempat

Selain itu sahabat juga bisa mencari kerajinan kerajinan tangan khas daerah sahabat baik itu berupa perhiasan seperti kalung, gelang dan juga anting ataupun berupa pernak pernik dan juga peralatan lainnya, yang biasanya tentulah setiap daerah memiliki kerjinakan tangan yang unik.

Contohnya di tempat saya, kerajinan tangan yang paling unik adalah membuat gelang tangan dari bahan beruta ( sejenis gulma ) yang di anyam hingga menjadi sebuah gelang yang indah.

Hal hal semacam ini tentulah bisa menjadi souvenir yang bisa habat jual.

Demikianlah beberapa contoh souvenir khas daerah yang bisa sahabat jadikan peluang usaha semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon