Kisah Sukses Seorang Reseller Hingga Menjadi Miliarder

Kisah ini saya sadur dari laman tibunnews.com, meskipun terbilang kisah lama, namun merupakan salah satu kisah yang sangat menginsipirasi, terutama buat kita yang ingin memiliki bisnis dan berjiwa wirausaha, di kisah ini di ajarkan bahwa dimana ada kemauan dan keyakinan maka disitu pasti kita akan menemukan jalan.

Khususnya buat sahabat yang mungkin tertarik dengan dunia Reseller ataupun Dropshipper yang beberapa tahun belakangan ini cukup banyak digeluti oleh berbagai macam kalangan dari pelajar, pekerja kantoran, ataupun mereka yang memang full jualan online.

Buat yang belum tahu apa itu reseller, silahkan baca di artikel saya sebelumnya tentang : arti reseller.

Kisah reseller sukses ini berasal dari seorang gadis manis bernama Aprie Angeline yang merupakan mahasiswi di Fakultas kedokteran gigi di Universitas Gdjaah Mada yang saat itu masih menginjak semester pertama.

Dimana dimasa masa kuliahnya tersebut, dia merasa ketidak cocokan dalam diri dan jiwanya tentang kuliah yang dia jalani, karena pada saat itu keinginan terbesarnya adalah jadi artis dan terkenal, "Ungkapnya".

Namun, karena takut mengecewakan orang tuanya akhirnya dia tetap memutuskan untuk kuliah dan tidak drop out dari kampus, hanya saja sejak dari awal kuliah dia tidak merasa semangat untuk menjalani kuliah tersebut karena merasa tidak cocok dengan kepirbadiannya yang suka ngomong dan sedikit pelupa.


Awal Kisah Suksesnya Dimulai


Akhirnya, sebagai pelarian dari rasa jenuh di kuliahnya tersebut, Aprie mencoba mengisi waktu dengan mencoba jualan online, tepatnya jualan sepatu dan baju pada saat itu, dan juga mencoba mengikuti beberapa syuting sinetron serta dunia modelling.

Namun, entah mengapa dia lebih  merasa nyaman melakukan usaha di bidang online di bandingkan dengan syuting sinetron ataupun dunia modelling yang cenderung lebih melelahkan.

Sehingga akhirnya dia memutuskan untuk lebih serius lagi untuk menekuni usaha online shopnya dan memutuskan untuk sementara waktu cuti kuliah lebih dahulu.

Kira-kira sekitar tahun 2012 tepatnnya, diapun mulai serius menekuni usaha onlinenya dengan mulai belajar dari beberapa supplier barangnya, serta belajar secara otodidak dari group group pebisnis online yang ada di media sosial.

Namun seiring berjalannya waktu aprie menemukan ketidakcocokan dalam berbisnis baju online, karena pada saat itu saat bisnis pakaian banyak menemukan kekecewaan terutama dari segi kualitas yang terkadang tidak sesuai dengan gambar yang di tampilkan, "mana untunya tipis: ungkapnya.
Aprie Angeline, Via pinterest

Beralih Menjadi Reseller Produk Kosmetik

Dari gagalnya bisnis online shop pakaiannya tersebut, aprie tidak menyerah, dan terus menekuni dunia online marketing dan diapun memutuskan untuk pindah haluan dengan mencoba menjadi Reseller dari sebuah produk kosmetik dari luar negeri.

Dan kali ini, dia tidak ingin mengulangi kesalahanya pada saat jualan pakaian dahulu, sehingga sebelum Aprie menjual produk kosmetiknya tersebut, maka dia mencoba menggunakannya lebih dahulu, jika bagus , maka barulah aprie menjualnya di akun sosmednya.

Artikel terkait : Cara jualan online di instagram

Dan siapa sangka, kali ini respon dari konsumen langganan bisnis onlinenya dulu cukup bagus" mungkin karena dulu selalu memberikan pelayanan terbaik, sehingga konsumen percaya terhadap setiap produk yang saya jual" uangkapnya.

Dimana tak butuh waktu lama, bisnis kosmetik yang dia beri nama Billion Shop ini meningkat pesat dan bisa menghasilkan omzet puluhan juta rupiah dalam waktu beberapa bulan saja.

Dari sini, Aprie semakin yakin bahwa online shop benar benar potensial asalkan di kelola dengan baik dan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan " dimana dalam melayani pelanggan saya tidak pernah marah, membalas pesan konsumenpun bukan sekedar menjawab pertanyaan dia" tetapi membalasnya dengan memberi keterangan sedetail mungkin, sehingga custumer merasa dekat dan bercaya dengan kita.


Mencoba Membuat Produk Sendiri

Setelah berhasil menjual produk kosmetik dan memiliki custumer based yang cukup besar, akhirnya terlintas dalam dirinya" kenapa tidak saya coba jual produk sendiri saja" kan hasilnya pasti akan lebih besar.

Dari sini dia mulai berfikir, kira kira produk apa yang bisa di terima oleh konsumennya tersebut, dan entah kebetulan atau tidak, karena pada saat itu Aprie mengalami masalah pada rambutnya, akhirnya dia memutuskan untuk membuat produk shampoo sendiri.

Dan tanpa fikir panjang, Apriepun mulai belajar di sana sini bagaimana cara membuat shampoo, dan dia juga berkunsultasi dengan salah satu temannya yang paham dengan seluk beluk tentang pembuatan shampoo" alhasil, akhirnya diapun berhasil membuat produk shampoo sendiri.

Dimana pada awal 2013 dia mulai meluncurkan produk shampoonya tersebut dengan lebel Angeline Hair Treatment ( AHT) yang dia produksi dengan menggunakan bahan bahan herbal berkualitas, sehingga meskipun di jual dengna harga relatif mahal lagi lagi bisa di terima oleh konsument Aprie.

Terbukti dari awal hanya memproduksi sekitar 200 botol shampoo (AHT), tiap bulan penjualannya terus meningkat hingga bisa menjual sekitar 1000 paket produk AHT dengan omzet mencapai 230 juta. wow.

Tak sampai disitu saja, Aprie juga melengkapi kesuksesanya dengan meluncurkan produk gula dari nira kelapa yang mengandung glukosa cukup rendah, sehingga sangat cocok untuk mencegah diabetet.

Hal ini dia lakukan karena dulu kakenya meninggal dunia karena menidap penyakit diabetes, sehingga nggk ada salahnya jika kita menjual produk yang bisa membantu para penderita diabetes, ia kan?

Dan benarnya saja, dengan niat yang baik, produk " Java Sweet Sugar" ini pun bisa di terima di pasaran dan kini bisa menjual ratusan toples setiap bulan.

Sungguh kisah sukses yang patut kita tiru sahabat.

Pelajaran Yang Bisa Kita Ambil

Bahwa ternyata untuk sukses itu, yang utama bukanlah seberapa besar modal yang kita punya ataupun seberapa besar keahlian dan kemampuan yang kita miliki, karena banyak di luar sana yang memiliki modal dan ahli di segala bidang nyatanya tidak mampu berbuat apa apa.

Dari cerita sukses Seorang yang gagal menjadi dokter ini bisa kita ambil pelajaran bahwa kunci sukses yang utama itu adalah kemauan untuk mencoba dan belajar dari pengalaman serta selalu berusaha memberikan pelayanan serta kualiata produk yang terbaik terhadap pelanggan kita.

Semoga kita semua yang membaca ini bsa mengikuti jejaknya.


EmoticonEmoticon