Yuk Lirik Bisnis Pariwisata Lokal Yang Ada Di Daerah Kita

Indonesia merupakan negara kepulauan yang di karuniai alam yang sangat indah hampir di seluruh pelosok negerinya, dari sabang sampai marauke, sehingga tak heran jika hampir di setiap daerah pasti memiliki tempat wisata andalan yang bisa menjaring wisatawan untuk berkunjung baik itu wisatawan lokan ataupun wisatawan mancanegara.

Karena sudah sifat dasar manusia menyukai keindahan, apalagi yang berhubungan dengan alam dan juga pemandangan yang indah, pastilah akan memberikan kesan yang tak terlupakan sehingga meraka rela untuk datang jauh jauh dari tempatnya untuk bisa menyaksikan keindahan tersebut.

Nah, bagi kita para generasi mudah tentu harus jeli melihat hal ini, terutama buat sahabat yang di daerahnya terdapat pariwisata lokal yang cukup terkenal ataupun yang belum terexpost oleh khalyak, agar bisa lebih di perkenalkan lagi di mata dunia.

Karena dimana ada tempat wisata, maka disitulah akan ada peluang bisnis yang bisa kita ambil, asalkan tempat wisata tersebut cukup memiliki nilai jual yang tinggi sehingga para wisatawan silih datang berganti tanpa henti hentinya.
bisnis pariwisata lokal

Seperti di daerah tempat saya tinggal misalnya, meskipun bukan tempat wisata yang sangat populer sepert bali. lombok ataupun wakatobi. Nyatanya tempat wisata di daerah saya ini tidak pernah sepi wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatan lokal, yang mana menurut data yang saya dapat ada kurang lebih 14.933 wisatan asing dan 9.760 wisatawan lokal yang datang ke Pangakalan Bun di tahun 2017 lalu.

Nah banyaknya wisatawan yang datang ini tentunya akan menjadi berkah bagi daerah kita, karena tentunya akan ada banyak peluang bisnis yang bisa kita lirik di antarnya :


1. Menyewakan Penginapan

Ya meskipun memang sekarang sudah banyak hotel maupun losmen, namun saya rasa tidak ada selahnya sahabat buat menyewakan penginapan di daerah sahabat jika memang dekat dengan lokasi wisata.

Karena tentunya tidak semua wisatawan yang datang ke daerah kita tersebut memiliki budget yang cukup besar, sehingga terkadang  mereka lebih memiliki penginapan penginapan yang murah agar bisa lebih menghemat pengeluaran.

Ini merupakan salah satu bisnis di bidang pariwisata lokal yang bisa sahabat geluti, jika sahabat mempunya rumah ataupun ruko yang menganngur.

Apalagi saat ini sudah ada sturt up seperti Airbnb yang merupakan sebuah sturt up yang mempermudah seseorang pemilik rumah, properti , vila. ruko dll untuk menyewakan tempatnya melalui aplikasi Airbnb.

Karena kini Airbnb sudah cukup banyak di gunakan oleh wisatawan mancanegara maupun lokal untuk mencari penginapan yang cukup murah dan sesuai kantong mereka. sehingga jika memang sahabat berniat untuk menyewakan penginapan di daerah sahabat sahabat bisa bergabung di AIrbnb ini. info lengkap di www.airbnb.co.id

2. Menjadi Seorang Tuour Guide

Wisatawan yang datang ke tempat kita tentulah mereka tidak mengenal seluk beluk tempat wisata di daerah kita dengan detail karena mereka hanya mendapatkan informasi dari internet atupun dari rekan dan keluarga mereka yang pernah bekunjung.

Nah untuk itu keberadaan seorang tour guide bisa dibilang wajib di setiap tempat wisata dimanapun berada. Hal ini tentu merupakan suatu peluang bisnis buat kalian untuk bisa menjadi seorang pamandu wisata di daerah kalian, apalagi jika kalian menguasai bahasa asing maka tentu akan lebih mudah lagi dalam hal mencari seseorang yang mau menggunakan jasa kalian.

Dalam hal ini, kalian bisa membuka jasa tour guide sendiri dengan cara membuat cv ataupun jasa tour guide kecil kecilan dengan menawarkan diri ke berbagai travel agent perjalan wisata yang ada di daerah kalian.

3. Membuka Travel Agen Wisata Di Daerah Kalian

Nah, jika kalian merasa memiliki cukup modal atau relasi di daerah kalian, maka tidak ada salahnya untuk sahabat mencoba membuka usaha travel agen wisata dengan tujuan tempat wisata yang ada di daerah sahabat.

Karena tentunya dengan membuka usaha travel agen sendiri maka tentu keuntungan yang akan sahabat dapatkan jauh lebih besar di bandingkan hanya menjadi seorang tour guide.

Hanya saja, dalam hal ini menjadi seorang travel agent tentu tidaklah mudah, karena sahabat harus sudah mengeti lebih dahulu tentunga seluk beluk tempat wisata di daerah sahabat, sahabatpun sudah harus bisa menyediakan semua keperluan dari para wisatawan di mulai transportasi, penginapan, akomodasi, konsumsi, dan juga tour gudidenya.

Sahabat juga harus sudah mengeti tentu seluk beluk perizinan dalam mendirikan travel agen wisata, agar nantinya tidak ada masalah di kemudian hari dengan pemerintah setempat.

4. Menjadi Seorang Juru Masak

Pengalaman saya pribadi, di daerah wisata di tempat saya harus di tempuh melalui jalur laut dalam waktu yang cukup panjang sehingga di haruskan menginap dan paling minim sekali tour adalah 24 jam.

Sehingga setiap travel agen wisata di tempat saya haruslah menyediakan konsumsi untuk wisatwan minimal 3 kali sehari.

Nah dalam hal ini, maka untuk menjaga kepuasan wisatawan mereka rela menyewa juru masak yang bisa memasak makanan yang cukup enak untuk menemani perjalan para wisatawan.

Nah, jika di tempat sahabat juga demikian, maka menjadi seorang juru masak merupakan piliah yang sangat menjanjikan buat sahabat, karena tentunya bayarannya juga cukup menjanjikan.

5. Menjual Souvenir Khas Daerah

Selain hal hal di atas, maka bisnis pariwisata lokal yang bisa sahabat lirik adalah dengan menjual sovenir souvener khas daerah sahabat kepada para wisatawan yang tentu mereka tidak akan pernah melewatkan untuk membeli cindera mata sebagai oleh oleh ataupun kenang kenangan bahwa mereka pernah pergi ke tempat wisata di daerah kita.

Demikianlah beberapa bisnis pariwisata lokal yang bisa sahabat lirik di daerah sahabat, yang saya berikan hanya sebagai contoh saja, selebihnya sahabat bisa sesuaikan dengna keadaan tempat wisata di daerah sahabat, untuk bisa menyesuaikan peluang bisnis yang potensial.


EmoticonEmoticon