Masih Potensialkah Bisnis Mainan Anak Di Era Mobile Dan Game Online Ini?

Saya sangat tertarik untuk membahas hal ini, karena banyak yang bilang, saat ini bahkan anak balita saja sudah pandai bermian gadget dan game online, sehingga lupa akan permainan permainan tradisional dan juga mainan tempo dulu.

Benarkah demikian? lantas gimana dengan nasib para pelaku bisnis mainan anak yang menyasar mainan mainan kreatif dan edukatif? yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Potensi Bisnis Mainan Anak Di Era Sekarang?

bisnis mainan anak

Karena saya belum nikah dan punya anak, jadi saya perhatikan dari beberapa keponakan saya dan juga beberapa anak anak dari kerabat saya, jreeeng.. dan ternyata mereka masih dominan menyukai mainan anak yang bisa mereka interaksi secara langsung seperti boneka. pistol pistolan, sepeda mini dll, meskipun tak dapat di pungkiri memang untuk game di gadget juga untuk seumuran mereka bisa di bilang sudah cukup pandai.

Tak hanya disitu, saya juga memperhatikan anak anak yang ada di sekitar lingkungan saya dan juga anak anak dari teman teman saya.

Dan sama saja, pada dasarnya anak anak tetap lebih suka mainan yang bisa mereka ajak berinteraksi secara langsung di bandingkan hanya mainan yang ada di balik layar hp mereka.

Dari perilaku sebagian besar anak anak tersebut, maka sangat jelaslah bahwa bisnis mainan anak ini sebenarnya masih sangat potensial di era sekarang, karena pada dasarnya anak anak tetaplah anak anak, mereka sangat menyukai hal hal yang baru yang ada di sekitarnya dan suka berinteraksi dengan mereka.

JIka sahabat masih belum percaya, sahabat bisa cek ke acara seperti pasar malam, bazar, konser konser, pastilah sahabat akan menemukan banyak sekali para penjual mainan anak anak ini, ini menunjukan masih tingginya peluang di bidang ini.

Memulai Bisnis Mainan Anak

Nah sekarang kita sudah tahu bahwa bisnis mainan anak anak ini masih sangat potensial, lantas bagaimana cara memulai bisnis mainan anak anak ini, berapa modal yang di perlukan dan bagaimana cara terbaik memulainya?

Semua itu sebenarnya tergantung dari berapa kemampuan modal yang sahabat miliki, karena sebenarnya bisnis mainan anak ini merupakan bisnis yang sangat flexibel, yang mana bisa di mulai oleh semua kalangan.

Seperti mereka yang mulai merintis dengan menjual mainan di pasar malam, pameran pameran dan juga acara kerakyatan lain, atau ada juga para pelaku bisnis mainan anak yang menjajkan mainannya di sekolah sekolah Paud, TK dan SD, hingga mereka yang membuka toko mainan anak ataupun menjadi grosir mianan anak.

Dari sini sangat jelas sekali faktor modal sangat mempengaruhi dari pada pelaku bisnis mainan anak anak ini.

Jadi, buat sahabat yang ingin memulai bisnis mainan anak anak ini, bisa sahabat sesuaikan dengan kemampuan modal sahabat saat ini, jika memang sahabat memiliki cukup modal, maka tidak ada salahnya sahabat langsung membuka toko mainan anak di daerah sahabat dengan catatan sahabat sudah menemuan supplier mainan anak yang tepat.

Jika sahabat memiliki modal yang terbatas, maka saran saya jangan terlalu memaksakan untuk membuka toko mainan dengan cara meminjam modal di bank, karena sebenarnya jika di kelola dengan baik, bisnis mainan anak dengan skala kecilpun bisa cepat berkembang dan bisa dirintis dar bawah.

Tips Bisnis Mainan Anak Dengan Modal Kecil

Buat sahabat yang punya modal cukup besar, saya rasa tidak akan ada masalah untuk memulai bisnis maian anak ini. Nah buat sahabat yang memiliki modal kecil nggak usaha khawatir dan juga minder, karena dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan, berikut beberapa tips yang bisa sahabat lakukan.

Baca juga : Cara cepat kaya yang di lakukan para jutawan dan miliarder


1. Mulai Bisnis maianan sahabat dengan berjualan di pasar malam

Untuk sahabat yang masih pemula dan memiliki modal yang terbatas, maka memulai bisnis maianan sahabat dengan berjualan di pasar malam adalah cara yang terbaik menurut saya. Kenapa? karena disana cukup banyak masyarakat berkumpul dari kelas menengah kebawah yang bisanya sedang mencari hiburan bersama anak anak mereka, sehingga tepat yang tepat untuk sahabat menggelar lapak mainan sahabat.

Ya meskipun memang bisa di bilang musiman, namun potensi penghasilannya juga cukup besar koq sob, dan sahabat bisa terus berpindah pindah mencari dimana ada acara pasar malam yang biasanya di lakukan secara bergantian.

Biasanya pasti akan selalu ada acara acara seperti ini yang di adakan pemerintah setempat, untuk hiburan masyarakat, atau kalau di daerah perusahaan perusahaan kelapa sawit, setiap bulan menjelang gajihan mereka selalu menggelar pasar malam untuk karyawan mereka dan tidak pernah sepi pengunjung.

2. Mulai Bisnis Mainan Sahabat Dengan Berjualan Di Sekolah SD dan Tk

Seperti kita ketahui, anak anak  usia SD dan Tk merupakan usia dimana mereka sangat senang sekali terhadap mainan maianan, untuk itu ini merupakan pasar yang sangat bagus buat kita yang hendak memulai bisnis mainan anak, karena kita bisa menyasar setiap sekolah SD dan TK di daerah kita di jam jam istirahat ataupun menjelang jam pulang sekolah, maka saya yakin akan cukup banyak maianan sahabat yang laku disana.

3. Mulai Dari Bisnis Mainan Anak Dengan Harga Yang Murah

Buat sahabat yang memiliki modal yang terbatas, maka sahabat bisa memulainya dengan menjual mainan anak dengan harga yang murah, karena cukup banyak koq harga mainan anak yang di bawah Rp.1000 sehingga kita bisa menjualnya dengan harga serba seribu yang tentu sangat terjangkau bagi anak anak.

Manfaatkan Internet Untuk Pengembangan Bisnis Maianan Anak Anak

Sekarang adalah eranya internet dan media sosial, jadi berbisnis tanpa memanfaatkan internet tentu akan sangat di sayangkan, mengingat pasar di dunia internet sangatlah luas dan jumalah pengguna interent di indonesiapun semakin tahun semakin bertambah.

Maka dari itu, untuk bisnis mainan anakpun jangan sampai mau kalah dengan bisnis lainya, karena sahabat bisa memanfaatkannya untuk memperluas pasaran bisnis serta memaksimalkan keuntungan bisnis sahabat dengan cara membuat fanspage di facebook, membuat akun di instagram yang kita tahu merupakan media sosial yang sedang trendz saat ini.

Dan jangan sampai ketinggalan juga, sahabat bisa membuat blog ataupun toko online sendiri sehingga custumer biisa lebih mudah mengatahui jenis jenis mainan yang kita jual, karena kita bisa memanjangnya di blog ataupun toko online kita tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan kita tentang masih potensialkah bisnis mainan anak di era mobile dan game online saat ini, semoga bisa memberikan sedikit gambaran buat sahabat yang ingin memulai bisnis maianan anak anak.


EmoticonEmoticon