Bisnis Taman Rekreasi, Alternatif Bisnis Wisata ALam Di Tengah Kota

Tinggal di daerah perkotaan memang menyenangkan karena selain menjadi pusat perekonomian, daerah perkotaan juga menjadi pusat pembangunan sehingga banyak gedung tinggi menjulang, mall mall, lalu lintas yang tak pernah tidur, pertokoan dan lain sebagainya.

Namun sisi buruknya, tinggal di perkotaan tentu akan membuat kita mudah lelah dan rentan stres karena harus menjalani rutinitas di tengah hingar bingar yang tak pernah sepi tersebut.

Maka tak heran jika saat banyak orang yang memanfaatkan setiap hari pekannya untuk bersantai di taman taman hijau yang di buat oleh pemerintah setempat,, dan antusiasnya sangat tinggi.

Nah, bagi kita yang memiliki insting bisnis, ini merupakan suatu peluang usaha yang sangat potensial untuk mendirikan taman rekreasi di tengah perkotaan, sehingga masyarakat tak perlu jauh jauh hanya untuk sekedar menghabiskan akhir pekan saja.

Terutama buat sahabat yang memiliki lahan kosong yang cukup luas, maka dari pada tidak di manfaatkan maka lebih baik di buat taman rekreasi lengkap dengan wahana pemainan serta tempat bersantai yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat di hari libur mereka.

Ya meskipun memang usaha taman rekreasi ini membutuhkan modal yang cukup besar, namun potensi penghasilannya juga cukup menggiurkan lho, karena selain dari tiket masuk kita juga bisa mendapatkan pemasukan dari wahana wahana permainan yang sudah kita sediakan.

Artikel terkait : Bisnis wisata berkuda masih memiliki prospek yang sangat cerah
bisnis taman rekreasi
Contoh Taman Rekreasi

Seperti yang di utarakan oleh Ibu Safitri ketika di wawancari oleh kontan.co.id . Pemilik taman KMC ( Kampung main cipulir ) itu mengungkapkan bahwa dalam sebulan pengunjung dari Taman rekreasi miliknya tak kurang dari 20.000 pengunjung yang datang.

Dengan jumlah pengunjung yang demikian, maka dengan tiket masuk Rp.5000 saja maka sudah bisa menghasilkan Rp.100 juta rupiah dalam satu bulan hanya dari tiket masuk saja. belum dari tiket dar setiap wahana. wow

Atau seperti yang di ungkapkan oleh pemilik Taman rekreasi Kampung Radja di jambi yang sudah menjalankan usaha semacam ini sejak 2006 lalu, menurutnya meskipun bisnis taman rekreasi ini memerlukan modal yang cukup besar dan tidak menjanjikan modal kembali cepat. Namun surplus yang di dapatkan cukup besar, dimana Kampung Radja sendiri dengan penunjung bulanan mencapai 15.000 pegunjung, maka dengan tiket masuk sebesar Rp.30.000 dia bisa mendapatkan pmzet Rp.450.000.000.

Dari sini bisa kita lihat dengan jelas bahwa bisnis ini sangatlah menggiurkan dan menguntungkan jika di kelola dengan benar.

Cara Memulai BIsnis Taman Rekreasi

Nah bagi sahabat yang tertarik untuk memulai bisnis ini, maka langkah awal yang harus sahabat siapkan tentunya adalah Modal karena walau bagaimanpun biaya pembuatan tempat wisata ini tidak bisa di bangun dengan modal yang kecil.

Sebagai gambaran untuk sarana permainan seperti kolam renang, flaying fox, out bound, dan Kiddy Rider saja maka dan yang harus kita sediakan kurang lebih 4 miliar.

Belum lagi untuk pembelian lahan, karena untuk membuka taman rekreasi ini di perlukan lahan yang cukup luas maka tentu di perlukan modal yang cukup bedar juga tergantung harga tanah di daerah sahabat. ( yang jelas tidak murah tentunya ).

Kecuaali sahabat memiliki lahan kosong sendiri yang nganggur, maka merupakan kesempatan besar bagi sahabat, karena bisa memangkas modal untuk pembelian lahan tersebut.

Dan sebaiknya jangan menggunakan modal pinjaman untuk membuka usaha taman rekreasi ini, mengingat untuk balik modal, berdasarkan beberapa pengalaman para pengusaha di bidang ini minimal 5 tahun baru balik modal, jadi harus benar benar di pikirkan sebelum memutuskan meminjam di bank.


Memillih Wahana Permainan Yang Tepat

Nah penting juga untuk sahabat memiliki wahana permainan yang tepat, karena selain bisa menghemat modal yang di perlukan, sahabatpun bisa meminimalisr kerugian yang bisa mengakibatkan kebangkrutan.

Untuk itu pilihlah wahana permainan yang kira kira sesuai dengan kebiasaan ataupun yang sudah famiiliar di lingkungan tempat sahabat akan mendirikan taman rekreasi.

LIhat juga kondisi perekonomian daerah setempat, apakah kelas menengah ke atas atau kebawah. Jika memang berada di kelas menengah keatas, maka nggk ada salahnya sahabat untuk langsung membuat wahana wisata yang kmplit.

JIka tidak maka sahabat bisa memulainya dari beberapa wahana yang lebih terjangkau, seperti out bound yang hanya berkisar 200 jutaan, dibandingkan kolam renang yang memerlukan modal hingga 3 miliar.

Promosi Yang Tepat

Strategi promosi dalam bisnis, memegang peranan yang sangat penting untuk keberhasilan suatu bisnis tersebut. karena dengan promosi yang tepat maka bisa mendongkrak kunjungan masyarakat ke taman rekreasi yang kita buat.

Dan di zaman sekarang ini maka cara promosi yang tepat tak lain adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram ataupun facebook, yang terbukti ampuh bisa membuat viral suaut wadah rekreasi jika memang di nilai bagus oleh pengunjung.

Untuk itu pastikan juga sahabat mendesain taman rekreasi sahabat agar memiliki pemandangan yang instagramable, sehingga bisa mengundang para instagramer untuk berkunjung dan mendokumentasikan taman rekreasi milik kita di akun instagram mereka.

Jangan sungkan juga untuk meminta para pengunjung untuk melakukan ulasan pengalaman mereka di media sosial mereka, karena tentu mereka tidak akan keberatan memang sudah keseharian masyarakat sekarang untuk menggukan media sosial.

Gunakan juga teknik promosi berjenjang dengan cara memberikan imbalan tiket masuk gratis bagi pengunjung yang bisa mengajak 10 orang rekannya untuk berekreasi ke taman milik sahabat, dengan cara ini cukup ampuh untuk mempercepat perkembagan bisnis milik sahabat tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan tentang bisnis taman rekreasi sebagai alternatif bisnis pariwisata alam di tengan kota, semoga bisa memberikan manfaat untuk sahabat semua.


EmoticonEmoticon