Apa Saja Yang Di Butuhkan Untuk Menjadi Wirausahawan?

Pertanyaan semacam ini tentulah akan selalu terngiang ngiang di telinga kita yang mungkin saat ini mempunyai keinginan terpendam untuk menjadi seorang wirausahaan, tapi belum mengerti ataupun belum berani memutuskan untuk terjun langsung. Mengingat menjadi seorang wirausahawan itu penuh ketidakpastian dan akan ada banyak resiko yang kita ambil nantinya.

Itulah mengapa saya sangat tertarik untuk mengulas topik ini, karena saya sendiri, sampai saat ini juga masih berstatus sebagai karyawan, namun di lubuk hati saya yang paling dalam juga sudah saya tanamkan bahwa suatu saat saya harus menjadi seorang wirausahawan dan harus memiliki usaha sendiri.

Dan alahmdulillah, saat ini saya sudah memiliki jalur bisnis yang tepat, yang saya yakin suatu saat akan menjadi bisnis utama saya yang akan menopang hidup saya kedepannya, yang akan menjadi jembatan saya untuk pindah kuadrant dari karyawan menjadi seorang pengusaha sukses.

Lalau apa saja yang di butuhkan untuk menjadi wirausahawan tersebut? dari beberapa sumber yang saya baca dan juga pendapat saya pribadi, setidaknya ada bebera hal yang harus kita siapkan :
Apa Saja Yang Di Butuhkan Untuk Menjadi Wirausahawan


1. Mental Yang Kuat

Ini adalah hal yang paling penting sebagai modal kita menjadi seorang pengusaha ataupun wirausahawan, karena seperti kita ketahui bersama, untuk menjadi seorang wirausawan sukses itu tidaklah mudah, banyak rintangan dan halangan yang terkadang membuat banyak orang menyerah.

Untuk itu sebelum kita memutuskan untuk menjadi wirausahwan pastikan kita sudah memiliki mental yang kuat dan pantang menyerah, agar jika tiba masanya nanti maka kita tidak akan pernah berhenti sampai tujuan yang kita ingin tersebut tercapai.

Jika secara mental kita belum siap, maka lebih baik urungkan dulu niat kita buar jadi pengusaha, kalau tidak mau menyesal akhirnya.

Karena tentu di awal awal kita membangun usaha kelak tidaklah mungkin langsung berhasil, bahkan terkadang ada beberapa dari pengusaha sukses yang harus mengalami beberapa kali kebangkrutan baru setelah itu mereka bisa mersakan manisnya keberhasilan.

So!! peranan mental sangatlah penting bagi seorang wirausahawan.


Artikel terkait : Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda

2. Keinginan Yang Kuat Untuk Sukses

Selanjutnya hal yang di butuhkan untuk menjadi seorang wirausahawan adalah, keinginan yang kuat untuk sukses. Karena dengan keinginan yang kuat tersebut akan membantu kita untuk terus semangat dalam mewujudkan apa yang ingin kita capai.

Dari keinginan yang kuat tersebut juga akan menghasilkan tekad yang bulat yang tentu membuat kita semakin komitmen untuk menjalankan profesi sebagai seorang wirausahawan dan terus berusaha untuk menjadi sukses.

JIka keinginan sahabat hanya setengah setengah, maka saya sarankan lebih baik di tunda dulu keinginan sahabat untuk menjadi pengusaha, karena di khawatirkan nantinya sahabat tidak begitu gairah dalam menjalankannya.

Dan pada saat mengalami kegagalan akan sulit bangkit lagi untuk segeara mengejar kesuksesan sahabat.

3. Ilmu Pengetahuan Yang Cukup

Ya, meskipun kata orang, ilmu itu bisa di peroleh dengan cara praktek secara langsung, namun tetap saja, pengetahuan secara teoritis itu juga tetap di perlukan, karena dengan mengerti dan mengetahui teorinya, maka tentu akan lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Jadi, jika memang sahabat ada niatan untuk menjadi seorang wirausahawan, maka mulai dari sekarang mulailah untuk menggali informasi seputar bisnis yang sahabat sukai dan ingin dijadikan usaha dimasa depan kelak.

Mulai juga untuk membaca buku buku motivasi dari orang orang yang sudah sukses, karena bisanya disana ada banyak sekali pelajaran penting yang bisa kita ambil dari kisah sukses perjalanan mereka menjadi wirausahawan.

Jika harus kursus ataupun ikut pelatihan juga nggk usaha ragu untuk berinvestasi biaya jika memang itu di perlukan dan akan menunjang bisnis sahabat nantinya.

4. Modal Yang Cukup

Ya meskipun ada beberapa orang yang katanya bisa sukses menjadi seorang wirausahawan tanpa modal, menurut saya pribadi tetap saja peranan modal ini juga sangat menunjang untuk memawa kita menjadi seorang wirausahwan sukses.

Karena dengan modal yang cukup maka kita bisa lebih mudah dalam menentukan usaha apa yang ingin kita geluti nanitnya, dengan modal yang cukup pula kita bisa lansung terjun ke bisnis bisnis potensial yang sudah terbukti banyak melahirkan para pengusaa sukses dan banyak pelaku usaha di bidang tersebut.

Jadi, jika memang sahabat ingin mempunya usaha sendiri kelak, maka mulai dari sekarang segeralah mengumpulkan modal usaha sedikit demi sedikit, agar nantinya tidak terlalu berat.


5. Tawakkal Kepada ALLAH

Sebagai manusia yang beragama, tentu kita meyakini bahwa rezeki itu datangnya dari pada Tuhan yang maha kuasa, dan sekuat apapun kita berusaha jika belum di restuinya maka kita takkan pernah berhasil.

Untuk itu selalu bertawakkal dan memohon pertolangan kepada ALLAH swt, didalam setiap usaha yang ingin kita lakukan, agar bisa memperoleh kesuksesan dan di berikan Rezeki yang halal dan baik.

Demikianlah sedikit ulasan tentang apa saja yang kita butuhkan untuk menjadi seorang wirausahwan, semoga bisa memberikan sedikit manfaat untuk kita semua yang membaca artikel ini.


EmoticonEmoticon