5 Contoh Masalah Menjadi Peluang Usaha

Contoh masalah menjadi peluang usaha? mungkin beberapa dari sahabat pasti akan bertanya tanya dalam hatinya, masa ia sih masalah bisa jadi peluang usaha !. 

Eits... beneran koq sob, saya nggak asal bicara, karena sejatinya masalah masalah yang ada di diri dan lingkungan kita itu sebenarnya adalah peluang peluang usaha bagi mereka yang jeli untuk menangkapnya.

Saya ambil contoh seperti lahirnya Go jek, yang kita tahu merupakan sebuah perusahaan aplikasi yang lagi booming saat ini.

Tahu nggk sahabat, bahwa sang pemilik gojek mendapatkan ide untuk membuat aplikasi gojek itu, karena dia sering berbincang bincang dengan para tukang ojek yang banyak mengeluh tentang sulitnya mendapatkan penumpang, dan sebagian besar waktunya di habiskan untuk menunggu.

Dari masalah yang di alami tukang ojek tersebut, maka lahirnya ide bisnis mendirikan aplikasi gojek yang saat ini menjadi salah satu perusahaan sturt up yang paling sukses di indonesia.

Gimana, udah nggak ragu lagi kan?


Karena sebagai manusia biasanya, hidup di dunia ini tentulah tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah, karena dari masalah masalah tersebutlah kita bisa belajar dan menjadi lebih dewasa dari yang sebelumnya.

Artikel terkait : Peluang usaha itu bisa berasal dari lingkungan
ide bisnis dari masalah

Berikut 7 Contoh Mengubah Masalah Menjadi Peluang Usaha

1. Kerajinan Tangan Dari Sampah Plastik

Seperti kita ketahui bersama, sampah merupakan masalah klasik di kehidupan manusia karena jumlahnya yang setiap hari terus bertambah, terutama di indonesia sendiri yang merupakan penghasil sampah terbesar NO.2 di dunia.

Terutama sampah sampah plastik yang sulit diuraikan, tentulah menjadi masalah yang sangat mengkhawatirkan jika di biarkan terus menerus.

Nah maka dari situ muncullah beberapa ide dari individu ataupun komunitas untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangah seperti tas, dll.

Tentu ini juga merupakan salah satu contoh mengubah masalah menjadi peluang usaha, karena hasil kerjinan dari sampah tersebut pastilah bernilai ekonomis asalkan di kelola secara benar.


2. Perusahaan Sturt Up Seperti Traveloka

Ayao siapa yang tidak tahu dengan traveloka ? saya yakin sahabat pasti sudah mengetahuinya, nah ini juga merupakan salah satu contoh mengubah masalah menjadi peluang usaha lho sahabat.

Kenapa? karena ide usaha traveloka ini datang, karena melihat masalah masalah yang di hadapi masyarakat moderen saat ini yang terkadang tidak memiliki cukup waktu untuk membeli tiket langsung ke bandara ataupun keloket loket karena harus bekerja.

Belum lagi untuk membanding bandingkah harga dari loket loket yang satu ke yang lainnya juga sangat memakan waktu dan tenaga. Maka itulah pihak traveloka sangat jeli melihat masalah tersebut dan mengubahnya menjadi peluang usaha yang sangat briliant dengan membuat aplikasi yang memudahkan seseorang untuk membeli tiket dan merencankan perjalannya.

Dan terbukti berkat ide bisnis dari masalah tersebut, traveloka juga menjadi salah satu perusahaan sturt up paling sukses di indonesia.

3. Usaha Jasa Tour Guide

Contoh masalah menjadi peluang usaha selanjutnya adalah usaha jasa tour guide, karena sejatinya usaha tersebut ada, karena adanya masalah yang di hadapi oleh para wisatawan dalam hal komunikasi dengan penduduk setempat, ataupun mengetahui alur perjalan tempat wisata dan mengetahui sejarah dari tempat wisata tersebut.

Nah dengan adanya tour guide maka banyak para wisatawan yang merasa terbantu dan bisa mengexplore dengan baik tempat tempat wisata yang mereka kunjungi.

4. Masalah Penginapan Dan Juga Trasnportasi

Contoh selanjutnya peluang usaha yang berasal dari masalah penginapan ataupun transportasi, biasanya juga di alami oleh para wisatawan ketika hendak menujue ke tempat wisata tujuan mereka, maka tentulah mereka memerlukan tansportasi yang memadai.

Karena biasanya jika mereka beriwsata ke daerah daerah maka sangat sulit sekali di jumpai kendaraan umum yang mereka tempati, maka dari itulah banyak para pengusaha travel yang juga menyediakan trasportasi untuk menyelasikan masalah para wisatawannya.

Begitu juga dengn penginapan, bagi para pelancon tentulah suatu masalah kalau seandainya tidak ada hotel ataupun penginapan, ia kan? jadi sangatlah jelas merupakan salah satu bentuk dari mengubah masalah menjadi peluang usaha.

5. Adanya Tempat Kursus

Selanjutnya contoh masalah menjadi peluang usaha adalah adanya tempat tempat kursus atau pelatahan, itu tentu karena banyaknya masalah yang di alami masyarakat tentang ketidak mampuan mereka dalam mengoperasikan komputer, menyetir, berbahasa inggris dlll.

Sehingga para pengelola kursus menangkap masalah tersebut menjadi suatu peluang usaha sekaligus membantu masyarakat agar bisa memiliki keahlian yang mereka inginkan tersebut.

6. Adanya Toko Online

Dizaman sekarang ada banyak sekali toko online yang menawarkan beraneka ragam barang di internet, dan saya yakin pasti sahabat juga sudah sering belanja di toko toko online tersebut.

Nah ini juga sebenarnya merupakan contoh masalah menjadi peluang usaha, karena sejatinya toko online itu ada karena menjaawab permasalah permasalah masyarakat yang ingin belanja serba praktis dan juga mendapatkan barang barang yang mereka inginkan tanpa harus pergi keluar daerah ataupun keluar negeri.

7. Usaha Foto Copy Dan Juga Printing

Terutama kalangan pegawai, pelajar dan mahasiswa, tentu tidak semua memiliki printer sendiri padahal mereka harus mengerjakan bayak tugas yang harus di print dan juga di foto copy, nah tentu ini suatu masalah bagi mereka.

Maka menculah usaha fotocopy dan juga printing yang hadir untuk menjawab permasalah permasalah mereka tersebut agar mereka tidak perlu bingung untuk melakukan printing maupun melakukan foto copy.

Demikianlah 7 contoh peluang usaha dari masalah, semoga bisa memberikan sedikit gambaran dan juga inspirasi buat kita semua.


EmoticonEmoticon