Kaya Raya Dari Bisnis Camilan ? Kenapa Tidak

Salah satu " Penyakit bisnis" kebanyakan orang adalah menganggap remeh usaha usaha kecil seperti bisnis camilan. karena mereka menganggap bisnis kecil tersebut hanya bisa memberikan omzet yang kecil juga. Buat apa berbisnis kalau untungnya hanya kecil. kata sebagian orang.

Padahal kalau di telaah lebih dalam, segala sesuatu yang besar itu semua berasal dari yang kecil lho, jika tidak ada yang kecil maka yang besarpun tidak akan pernah ada.

Contohnya uang 1 miliar, ataupun 1 juta itu tidak akan pernah ada jika tidak ada uang 1000 dan 100 rupiah.

Begitu juga dalah hal bisnis, meskipun kelihatannya untungnya hanya kecil. namun jika terjadi penjualan dalam jumlah yang besar maka tentu akan menghasilkan keuntungan yang besar juga, ia nggk.

Misalnya produk seperti permen relaxa, kalau kita fikir fikir berapa keuntungan yang di dapat dari 1 biji permen relaxa? kecil kan, tapi kalau yang terjual dalam 1 harinya sebanyak 1 juta relaxa berapa keuntungan yang kita dapat? coba dech sahabat hitung sendiri.
bisnis camilan

Begitu juga dengan bisnis camilan, selama ini banyak yang menggap remeh bisnis ini karena keuntungannya yang kecil, padahal yang terpenting itu bukanlah masalah keuntungannya yang kecil tetapi bagaiamana cara membuat camilan yang enak dan cara pemasaran serta cara promosi yang baik sehingga bisa menghasilkan penjualan yang banyak dan keuntungannyapun akan banya pula.

Jadi kalau sahabat bertanya apakah bisa kaya raya dari bisnis camilan, kenapa tidak? itu semua bisa terjadi kalau kita tekun dan mau membesarkan bisnis tersebut.

Baca juga : pentingnya melakukan studi kelayakan usaha sebelum berbisnis

Untuk cotoh sudah banyak koq.

Di desa saya misalnya, dahulu ada camilan yang bernama Amplang, dimana camilan ini dulunya biasanya hanya ada di warung warung dan terkesan sebagai makanan kampung dan pedesaan.

Singkat cerita, kemudian ada seseorang yang kreatif dari kampung saya yang membuat camilan amplang tersebut dengan bentuk yang lebih baik serta kemasan yang lebih moderen.

Alhasil saat ini camilan amplang tersebut menjadi Primadona di tempat saya tinggal dan sudah menjadi ciri khas daerah dimana setiap orang yang hendak bepergian pasti membeli amplang sebagai oleh oleh.

Pemasarannya pun sudah semakin luas dan menjangkau kota kota lain di indonesia. 

Alhasil pemiliknyapun kita menjadi pengusaha sukses yang kaya rasa berkat dari kerja keras dan kerja kreatifnya melalui bisnis camilan.

Untuk contoh contoh lain pengusha sukses dari bisnis camilanpun juga banyak, baik yang saya baca di google maupun di daerah saya sendiri, atau seperti yang di langsir di laman tribunnews.com.

Disitu di ceritakan sosok pemuda bernama helmi, seorang pemuda kelahiran banyu wangi yang tinggal di malang, di situ di ceritakan bahwa hanya dengan bermodalkkan 5 Kg  camilan kacang telor dan pilus hasil pinjaman dari seroang teman, Helmi memulai bisnis camilan miliknya.

Namun sebelum menjualnya, Helmi sempat berfikir hingga 2 hari lamanya tentang bagaimana caranya agar jualan camilannya bisa laris manis dan berjalan lancar.

Sampai terbesitlah ide di dalam dirinya agar mengemas ulang produk camilannya tersebut menjadi lebih baik dan menarik, dan Helmipun mengubah 5 kg camilan tersebut menjadi 120 bungkus plastik kecil yang ia jual dengan harga Rp.1000 sebuah harga yang sangat terjangkau oleh siapapun.

Namun sebelumnya Helmi juga sudah membuat kemasan dengan desain yang menarik dan dia beri nama camilan tersebut dengan label " Naimaa Food ".

Baca juga : Kisah sukses seorang reseller hingga menjadi miliarder

Barulah setelah itu di coba titipkan camilan milinya tersebut di toko toko, meskipun sempat ada toko yang meragukan apakah camilan miliknya tersebut baklan laku atau tidak. namun dengan sedikit negosiasi akhirnya diapun bisa menitpkan camilannya dibeberapa toko.

Dan berkat ketekunanya tersebut, dalam beberapa bulan permintaanpun mulai mengalir secara bertahap sampai akhirnya helmi bisa 2 kwintal camilan setiap minggunya dan ada sekitar 800 toko Ritel di kota malang yang menjadi langgan helmi. 

Wow.. dari cerita di atas maka sudah sangat jelas bukan. bisnis kecil seperti camilan juga tidak bisa di pandang remeh jika di kelola dengan baik dan benar.


Kunci Sukses Bisnis Camilan

Dari cerita sukses kedua pengusaha camilan tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa kunci sukses dari bisnis camilan adalah :

1. Kemasan Yang Menarik

Mengemas camilan dalam kemasan yang menarik dan moderen merupakan hal yang mutlak jika kita hendak sukses di dalam bisnis camilan ini, karena dengan kemasan yang menarik maka akan memberikan nilai tambah lebih terhadap bisnis yang kita jual sekaligus lebih menarik perhatian para pembeli.

2. Membuat Brand / Merek Sendiri

Ini juga tak kalah pentingnya, karena dengan memubat brand sendiri maka itu artinya kita menjual produk yang fresh dan belum ada di pasaran, sehingga bisa membuat para pembeli penasaran akan produk milik kita.

3. Teknik Pemasaran Yang Baik

Nah yang terakhir kunci sukses dari bisnis camilan adalah bagaimana cara kita memasarkan produk kita tersebut.

Di zaman sekarang ini saya rasa lebih mudah, karena kita bisa memanfaatkan internet untuk memperluas pemasaran sekaligus memperkenalkan merek dagang kita tersebut.

Baca juga : Inspirasi bisnis dari pemilik usaha bunga kertas dengan omzet ratusan juta


EmoticonEmoticon