Usaha Sampingan Yang Cocok Bagi Guru Honorer ( SD, SMP, SMA ) Swasta Di Rumah

Seperti kita ketahui bersama, menjadi seorang guru honorer swasta tidaklah seperti seorang guru pegawai negeri yang sudah cukup memiliki banyak failitas dan tunjungan yang sangat cukup dari pemintah.

Menjadi seorang guru honorer, memiliki penghasilan yang sangat terbatas dan terbilang sangat kecil. karena hanya berkisar antara Rp.300.000 hingga Rp.1.500.000 perbulan tergantung dari kebijakan dimana tempat mereka mengajar.

Sangat Memprihatinkan bukan?

Oleh sebab itu mencari usaha sampingan ataupun pekerjaan sampingan selain mengajar bisa di bilang wajib hukumnya bagi para guru honorer agar mereka bisa memberisapkan masa depan yang lebih baik sembari menunggu penganggakatan sebagai seorang pegawai negeri sipil.

Apalagi menjadi soerang guru bisa di bilang memiliki cukup banyak waktu luang untuk di jadikan usaha sampingan, sehingga akan lebih mudah untuk para guru honorer sekalian mencari usaha usaha sampingan yang sesuai dengan kemampuannya masng masing

Dan untuk itu pada kesempatan kali ini saya ada beberapa rekomendasi usaha sampingan guru honorer yang bisa para guru coba :
usaha sampingan guru honorer sd, smp, sma

1. Menjadi Seorang Blogger

Ini adalah usaha sampingan guru di rumah yang paling saya rekomendasikan kepada para guru honorer dimanapun berada.

Kenapa?

Karena  sebagai seorang guru tentulah memiliki pengetahuan dan keahilaan sesuai dengan bidangnya masing masing, dan akan ada banyak kegiatan dan pembelajaran yang bisa di berkan kepada para murid.

Nah untuk itu, maka jika pra guru menjadi seorang blogger, tidaklah sulit untuk para guru membuat konten dan artikel secara teratur, karena bisa di isi dengan seputar kegiatan mengajar di sekolah. Dan juga bisa di isi dengan berbagai materi mata pelajaran lainnya.

Tentulah ini modal yang sangat bagus untuk menjadi seorang blogger sukses, karena kebanyak blogger yang gagal adalah karena keterbatasan materi yang mereka buat setiap hari dan juga ketidak sabaraan dalam mengembangkan blognya.

Terus dari mana penghasilan seorang blogger?

Mengenai hal itu sudah sering saya bahas sebelumnya, silahkan baca di artikel saya yang lain : 8 Cara menghasilkan uang dari blog

Yang jelas, menjadi seorang blogger ini cukup menjanjikan koq, asalkan mau tekun dan konsisten, karena usaha sampingan yang satu ini merupakan usaha jangka panjang.

Seperti saya sendiri, kurang lebih 2 tahun barulah saya bisa merasakan hasis yang konsisten dari menjadi seorang blogger, dan bisa menjadi penghasilan tambahan yang cukup lumyan, dan bukan tidak mungkin suatu saat bisa menjadi penghasilan utama saya.

Karena ada beberapa dari teman teman bloger saya yang sudah bisa menghasilkan puluhan juta rupiah dari blog setiap bulannya.

2. Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Seperti kita ketahui, masih banyak anak anak murid kita yang memberlukan bimbingan belajar tambahan di luar jam sekolah, karena waktu belajar di sekolah yang sangat terbatas.

Nah tentu ini bisa menjadi suatu peluang bagi sahabat para guru honorer sekalian untuk membuka jasa bimbingan belajar baik secara private ataupun dengan membuka lembaga bimbingan belajar secara mandiri.

Dimana seperti kita ketahui juga cukup banyak lembaga bimbingan belajar yang cukup sukses menekuni di bidang ini sebut saja seperti Primagama dll.

Tidak usaha bekecil hati meskipun harus memulai secara pribadi, karena tidak ada usaha yang dimulai langsung menjadi besar, melainkan dari hal hal kecil lebih dahulu.

3. Membuka Usaha Kursus / Pelatihan


Usaha sampingan yang cocok buat guru honorer selanjutnya adalah membuka usaha kursus ataupu pelatihan, kenapa? karena masih berhubungan dengan kegiatan mengajar tentunya.

Selain itu usaha kursus ini juga merupakan usaha yang mudah untuk di jalankan terutama buat kita yang memiliki keahlian dan keterampilan. 

Misalnya sahabat merupakan guru bahasa inggris, maka sahabat bisa membuka kursus bahasa inggris, ataupun sahabat memiliki keterampilan lain seperti menyetir maka sahabat bisa membuka kursus meyetir, ia kan?

Kalau tidak memiliki keahlian gimana donk?

Maka sahabat tinggal amati keterampilan keterampilan yang paling di butuhkan di lingkungan sahabat, dan asahlah kemapuan sahabat di bidang tersebut baik dengan cara ikut pelatihan ataupun belajar secara otodidak, barulah setelah itu sahabat membuka pelatahian di daerah sahabat tersebut.

4. Menjadi Youtuber Profesional

Tentu pernah dengar donk tentang youtuber youtuber profesional baik dari luar negeri maupun dari indonesia sendiri, tahu berapa penghasilan mereka? hmmm menggiurkan bukan, bahkan ada di antara mereka yang masih usia sekolah lho, yang artinya masih menjadi seorang murid.

Nah kalau ada murid sekolah yang bisa sukses menjadi youtuber profesional maka kenapa seorang guru tidak bisa, ia kan?

So !! menjadi youtuber profesional ini patutlah para guru pertimbangkan, karena cukup tekun membuat vidio dan channel youtube tentang kegiatan sehari hari , maka sudah bisa menghasilkan uang yang cukup lumyan jika di kelola dengan baik tentunya.

5. Menjadi Seorang Penulis

Membaca dan menulis tentulah makanan sehari hari seorang guru, jadi, kenapa tidak menekuni usaha sampingan sebagai seorang penulis saja, karena selain menjadi seorang penulis buku, sahabat guru sekalian bisa menjadi seorang content writer dan penulis artikel blog atau website yang saat ini banyak di butuhkan.

6. Usaha Pangkas Rambut

Buat sahabat yang memiliki keahlian memangkas rambut, maka sahabat bisa mencoba membuka usaha yang satu ini.

Seperti salah satu teman saya yang kebetulan juga seorang guru honorer, setelah mengajar dia membuka usaha pangkas rambutnya di malam hari, dan alhamdulillah saya perhatikan lebih dari cukup untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya.

Apalagi jika menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitr maka dia bisa memperoleh omzet yang fantastis setiap harinya.

Artikel terkait : Tempat mencari pekerjaan online gratis di rumah


EmoticonEmoticon