Menggiurkannya Laba Usaha Budidaya Sarang Burung Walet

Artikel ini terinspirasi dari beberapa pengusaha sarang burung walet yang ada di daerah saya, yang mana hampir semua diantara mereka yang sukses menjalankan usaha sarang burung walet ini sukses juga menjadi miliarder.

Bagaimana tidak, dengan harga sarang wallet yang bisa mencapai hingga 20 juta rupiah per kilogramnya, maka bisa kita bayangkan berapa profit yang para pengusaha burung wallet bisa dapatkan setiap panennya?

Seperti Usaha rumah burung wallet yang tepat berada di depan rumah kakek saya, yang kebetulan letaknya di desa yang bisa dibilang jauh dari keramain dan lokasi desa yang masih berdekatan dengan hutan.

Dengan rumah gedung wallet sebanyak 4 tingkat saja, pemiliknya bisa panen sarang burung wallet per 3 bulan sekali bisa mencapai sebanyak 7 karung dmana perkarungnya mencapi berat sekitar 6 kg, yang jika di kalikan 7 maka akan menghasilkan 42 kg sarang burung wallet. wow.

Jika harga sarang burung wallet sekitat Rp. 10 juta  saja, maka setiap kali panen pemiliknya bisa mengantongi uang sebesar 420 juta. wow, sungguh laba yang sangat menggiurkan bukan sob?

Dan tak perlu lama pemilik rumah burung wallet yang kebetulan masih kerabat kakek saya tersebut bisa membuat rumah burung wallet yang lebih besar lagi dan punya mobil yang super keren sob.. hehe.
Contoh Bangunan Sarang Burung Walet

Eit,, koq jadi ngomongin kekayaan orang ya. haha.

Intinya kita ambil positifnya aja sob, dan dari beberapa pengalaman usaha orang lain tersebut sangat jelaslah bahwa usaha sarang burung walet ini sangat sangat menjanjikan, ya meskipun memang modal usaha yang di perlukanpun tidak sedikit, karena kita harus menyediakan bangunan " hotel" untuk sang burung walet.

Ya bisnis walet ini sangatlah menjanjikan dan saat ini banyak semakin banyak pengusaha yang melirik usaha ini.

Baca juga : Contoh masalah menjadi peluang usaha

Cara Memulai Usaha Burung Wallet

Nah jika sahabat tertarik untuk memulai usaha sarang burung wallet ini ada beberapa hal fital yg harus sahabat siapkan lebih dahulu seperti.

Lokasi yang mendukung. 

Lokasi yang mendukung merupakan syarat mutlak bagi seseorang yang ingin membangun rumah untuk burung wallet. 

Karena jika lokasi tidak mendukung, maka sebagus dan senyaman apapun rumah burung wallet yang sahabat buat akan sulit di diamai oleh sang burung. 

Oleh sebab itu, sebelum membuat rumah burung wallet pastikan sahabat memiliki lokasi tanah yang memang merupakan jalur terbang dari burung wallet yg bebas di alam, jauh dari keramaian, dekat dengan hutan, ataupun sawah, yg meripakan habitat alami burung wallet dalam mencari makan. 

Modal yang cukup besar

Selain lokasi yang tepat di atas, untuk usaha sarang burung walet ini juga di perlukan modal yang tidak sesikit untung membangunnya. 

Untuk itulah meskipun usaha ini terbilang menguntungkan dan menjanjikan, namun hanya orang tertentu saja yang bisa menggeluti bisnis ini. 

Untuk rumah sarang burung wallet yang sederhana saja minimal sahabat harus menyediakan uang sebesar Rp. 200 juta barulah sahabat bisa membangunnya. 

Saya rasa 2 faktor di atas merupakan faktor utama yang haris sahabat miliki jika ingin terjun ke bidang usaha burung wallet ini. 

Selebihnya, mengenai model rumah, perawatan dan pemanen burung wallet saya rasa sangatlah mudah di pelajari jika kita sudah memiliki ke dua faktoe di atas.

Bisakah Membuat Bangunan sarang Burung Walet Sederhana?

Sebenarnya bisa saja sih, namun tetap saja paling sederhan juga memerlukan modal yang cukup besar mengingat konstruksi bangunan dari sarang burung wallet ini haruslah memanjang sehingga menyerupai di GOA.

Sahabat hanya bisa mengakalinya dengan membuat lebar minimum 4 meter dan panjang minimun 16 meter ( Jika mau hasil yang maksimal ).

Namun jika sahabat mau membuat ukuran lebih kecil lagi, maka saya tidak merekomendasikannya, terkecuali memang daerah sahabat adalah daerah yang sangat banyak akan burung walet.

Untuk menyiasati biaya sahabat juga menggunakan dinding luar bangunan burung waler menggunakan seng, namun tetap bagian dalamya harus dilapisi gabus dan juga dinding semen yang menggunakan kawat, sehingga bangunan burung walet memiliki suhu yang tidak terlalu panas.

Demikianlah sedikit infromasi tentang menggiurkannya laba usaha budidaya sarang burung walet, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon