Pengertian Peluang Usaha Secara Umum Menurut Para Ahli Beserta Sumbernya

Apakah sahabat di suruh menjelaskan tentang pengertian peluang usaha secara umum namun tidak bisa menjawabnya, gak perlu khawatir, disini akan saya bahas secara lengkap tentang pengertian peluang usaha menurut para ahli dan juga wikipedia yang bisa jadi referensi sahabat jika di tanya tentang pengertian peluang usaha.

Karena definisi peluang usaha itu sebenarnya sangat simple dan bisa kita lihat dari arti suku kata pelaung dan usaha itu sendiri sudah menunjukan arti pelung usaha yang sesungguhnya.


Jadi Peluang Usaha Adalah ?

Bisa kita uraikan dari kata peluang yang berarti kesempatan, dan usaha yang berarti suatu upaya untuk mendapatkan yang kita ingiinkan, maka pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang datang dari berbagai sumber yang kemudian dimanfaatkan oleh seseorang untuk bisa menggapai apa yang mereka inginkan.

Itulah mengapa terkadalah peluang usaha itu bisa berasal dari lingkungan, ataupun banyak juga bebeapa masalah yang ada di masyarakat justru bisa jadi peluang usaha, seperti yang pernah saya bahas di artikel saya sebelumnya tentang 5 contoh masalah jadi peluang usaha.

Sampai disini sahabat bisa pahamkan tentang apa itu peluang usaha?
pengertian peluang usaha adalah


Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Berikut pandangan beberapa ahli tentang definisi peluang usaha.


  • Robbin And Coulter
Mereka mengatakan bahwa peluang usaha adalah proses yang melibatkan individu ataupun kelompok yang dengan menggunakan sarana tertentu bisa menciptkan nilai tambah untuk memenuhi segala kebutuhan.

  • Thomas W Zimmer
Peluang usaha merupakan kreatifitas ataupun inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang ada.

Baca juga : Usaha yang tidak pernah sepi

Pengertian Peluang Usaha Menurut Wikipedia

Nah sedangkan menurut wikipedia, peluang usaha itu sendiri di samakan artinya dengan kewirausahaan yang berarti sebuah proses pengidentifikasian, pengembangan, dan perencanaan usaha yang bisa menciptakan proses yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu hingga bisa menciptakan usaha baru yang di bentuk dalam kondisi penuh resiko dan ketidak pastian.

Ciri Ciri Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Nah sekarang sahabat sudah tahu apa itu peluang usaha, lalau bagiamana cara kita bisa melihat peluang usaha tersebut menguntungkan atau tidak, sehingga kita tidak salah langkah dalam memilih.

Dalam hal ini maka sahabat harus mengetahui beberapa ciri peluang usaha yang menguntungkan di antarnya :

1. Banyak dibutuhkan masyarakat

Jika sahabat melihat adanya kebutuhan masyarkat yang sangat tinggi terhadap suatu barang ataupun jasa maka itu merupakan salah satu ciri peluang usaha yang menguntungkan.

Karena semakin di butuhkan suatu barang, maka semakin mudah untuk menjualnya dan artinya kita juga bisa dengan mudah memperoleh laba dan mengembangkan usaha di bidang tersebut.

2. Minim Persaingan

Walau bagaimanapun persaingan usaha tidak mungkin bisa kita elakkan, karena tentau sudah banyak masyarakat yang terjun menjadi seorang wiraushawan.

Untuk itu salah satu tolak ukur dari peluang usaha yg menjanjikan adalah masih minimnya persaingan, ataupun masih sangat jarang yang menjual ataupun begelut di bidang tersebut.

Sehingag jika kita memulai usaha di bidang tersebut kita bisa dengan mudah, menjadi yang paling di butuhkan di masyarakat.

3. Bisa Beradaptasi

Seperti kita ketahui kebutuhan manusia ini selalu berubah ubah seiring dengan perkembangan jaman dan juga teknologi, untuk itu salah satu tolak ukur peluang usaha itu menguntungkan adalah suatu usaha yang bisa beradaptasi.

Artiknya usaha tersebut tidak pernah lekang di telan zaman, dan bisa menyesuaikan segala kondisi yang ada, sehingga usaha ini bisa dijalankan dalam jangka panjang.

4. Ketersedian produk

Sebagus apapun peluang usaha yang kita temukan, jika nantinya kita sulit untuk menemukan ketersedian produk ataupun bahan baku, maka tentu akan sulit untuk berkembang.

Untuk itu sebelum sahabat memutuskan eksekusi terhadap suatu peluang usaha, pastikan sahabat bisa dengan mudah memenuhi ketersedian produk ataupun bahan baku dari usaha yang sahabat pilih.

Sumber Peluang Usaha

Di atas sudah sedikit saya singgung bahwa peluang usaha itu bisa berasal dari lingkungan. Nah sebenarnya tidak hanya itu saja, perlu sahabat ketahui peluang bisnis itu bisa datang dari berbagai sumber.

diantarnya :

1. Dari diri sendiri

Disadari atau tidak, sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang berasal dari diri sendiri seperti dari hobi.

Dalah hal ini banyak seseorang yang bisa melihat peluang bisnis setelah mereka menyukai sesuatu, misalnya seseorang hobi menyanyi, meskipun awalnya dia melakukan karena hobi, tapi karena mereka melihat banyak orang yang menyukai musik dan lagu akhirnya dia menjadi seorang penyanyi.

Atau seseorang yang hobi menulis. pada awalnya dia hanya suka menulis segala kegiatannya di buku harian, namun setelah berjalan sekian lama dan dia melihat ada peluang usaha menjadi seorang penulis, akhirnya dia memutuskan menjadi seorang penulis buku, novel ataupun menjadi seorang blgoger.

2. Dari Keahlian Yang Dimiliki Seseorang

Seperti pendiri kaskus misalnya, pada awalnya dia mencoba memanfaatkan keahliannya di bidang internet untuk membuat suatu website forum yang bisa menjadi sarang komunikasi jarak jauh bagi semua orang, dan alhasil akhirnya menjadi suatu peluang usaha yang menguntungkan di masa depan.

3. Dari Background Pendidikan

Dalam hal ini seseorang yang memiliki background pendidikan chief misalnya, dengan latar belakang pendidikannya tersebut akhirnya dia bisa menciptakan aneka masakan baru yang bisa menjadi peluang bisnis baru.

Ataupun seseorang yang memiliki latar pendiikan musik, dengan pendidikannya dia bisa mencitpkan lagu baru yang sesuai dengan keinginan masyarakat, dan akhirnya membuat dia menjadi seorang pencipta lagu.

Demikianlah pembahasan kita tentang pengertian peluang usaha secara umum menurut para ahli beserta sumber dan ciri cirnya, semoga bermanfaat.
Baca juga : Daftar peluang usaha terbaru yang menjanjikan tahun 2018 / 2019


EmoticonEmoticon