Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya


branding ini jika dilihat dari segi bahasa, maka memiliki makna yang sangat jauh berbeda dari pengertian sesunnguhnya, karena Branding itu berasal dari bahasa inggris yakni Brand yang berarti merek.

Sedangkang pengertian branding adalah segela upaya komunikasi dari seseorang maupun perusahaan untuk memperkenalkan suatu merek sehingga menjadi besar dan di kenal oleh masyarakat.

Atau dengan kata lain pengertian branding adalah suatu proses untuk membangun citra ataupun kredibilitas di mata konsumen ataupun target pasar sehingga jika nanti citra itu sudah terbentuk, maka apapun yang berkaitan dengan merek ataupun personality akan mendapatkan kepercayaan lebih dalam masyarakat.

Dimana didalam penerapannya, branding ini sendiri tidak terbatas hanya terhadap suatu brand image suatu produk saja, melainkan bisa juga terhadap suatu personality, perusahaan, lingkungan dll.

Sehingga terciptalah beberapa jenis branding :

1. Product Branding 

Yakni suatu proses untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk atau merek tertentu merupakan produk yang berkualitas sangat baik di bandingkan produk produk pesaing lainnya.

Contohnya seperti : Nike dan Adidas merupakan salah satu product branding yang sangat terkenal dan memiliki citra yang baik di masyarakat, sehingga cenderung lebih diminati dari pada mereka sepatu lainnya.

2. Pesonal Branding

Dalam hal ini proses pembangunan citra terkait personality seseorang sehingga mereka mendapatkan citra yang baik dimata masyarakat, bisanya pesonal beranding ini erat kaitannya dengan public pigure, musisi, artis, poitisi, blogger dll.

3. Corporate Branding

Corporate Branding ini terkait erat dengan citra suatu perusahaan di pasar terkait segalalu sesuatu yang mereka hasilkan atuu merke kontribusikan terhadap masyarakat dan lingkungan, termasuk juga para karyawannya.

4. Geographic Branding

Merupakan penciptaan keterkaitan suatu produk terhadap daerah tertenu, sehingga apalagi di sebutkan daerah tertentu maka otomatis akan mengingatkan terhadap suatu produk

Misalnya seperti makanan khas suatu daerah, kerjinan tangan daerah dll.

5. Cultural Branding

Merupakan proses penciptaan image yang baik terhadp budaya dari suatu daerah ataupun negara tertentu di mata regional maupun internasional.

Pengertian Branding Menurut Para Ahli

1. Menurut Janita

Branding adalah ide, kata, grafis maupun suara yang menggambarkan produk atau jasa dan juga perusahaan dari produk jasa tersebut.

2. Menurut Kolter Dan Amstrong

Definisi branding adalah suatu janji penjual, untuk menyampaian manfaat , sifat ataupun jasa secara konsisten terhadap pembeli.

3. Menurut Landa

Arti branding adalah lebih dari sekedar merek dagang dari suatu produk, melainkan berkaitan dengan erat dengan citra, kredibiitas,karakter dan persepsi yang terbentuk di benak konsumen.

4. Menurut Setiadi

Branding adalah keseluruhan persepsi terhadap suatu merek yang di bentuk oleh proses informasi dari berbagai sumber yang berlangsung setiap waktu.

Hal Hal Yang Berkaitan Untuk Pembentukan Branding

Nah, dalam pembentukan branding ini tentu tidak bisa terjadi begitu saja, karena di perlukan waktu dan hal hal pendukung agar proses branding bisa berjalan dengna baik. Dan dalam hal ini hal hal yang di perlukan adalah.

1. Merek Dagang / Nama Merek

Ini adalah unsur terpenting di dalam proses branding, karena hal inilah yang akan menjadi pembeda sekaligus identitas utama kita yang akan di kenal oleh masyarakat nantinya.

2. Logo / Lambang (bendera. logotype. monogram )

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk membangun branding adalah logo yang unik dan menarik yang menggambarkan dari produk ataupun jasa kia tersebut.

3. Tampilan Visual

Di dalam hal ini juga sangat berperan penting dalam pembentukan branding, karena tampilan visual yang bagus ( berupa kemasan yang menarik, desain produk, desain bangunan dll) akan semakin menggambarkan kredibilitas kita di mata masyarakat.

4. Slogan

Selanjutnya juga di perlukan slogan yang singkat padat dan mudah di ingat namun menggambarkan profesionalitas kita.

Tujuan Dan Manfaat Dari Branding

Untuk tujuan dam manfaat dari branding diantarnya adalah :

1. Membentuk persepsi positif yang menimbulkan kepercayaan masyarakat

2. Membangun cinta atau fanatik terhadap brand

3. Sebagai pemdeda dari merek lainnya

Dalam hal ini jika branding sudah terbentuk maka produk kita akan mudah di bedakan dengan produk lainnya yang sejenis

4. Bisa mengendalikan pasar

Suatu brand yang kuat bisa dengan mudah mengendalikan pasar karena sudah sangat di percaya oleh konsumen

5. Sarana Promosi Yang Kuat

Branding juga merupakan sarana promosi yang kuat dan  efektif jika dilakukan secara konsisten

Contoh Branding Di Dalam Dunia Bisnis

Coba kita perhatikan betapa banyak penjual martabak diseluruh kota di indonesia? sangat banak bukan? banyak di antar mereka yang hanya menjalankan bisnis martabak dengan mengandalkan lokasi yang strategis saja tanpa memikirkan proses branding.

Alhasil usaha mereka mungkin bisa berjalan, namun tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena hanya mengandal proses pemasaran secara langsung.

Berbeda dengan mereka yang jualan martabak dengan cara membangun branding dari awal. Kita sebut saja seperti martabak " Markobar" milk putra presiden jokowi.

Dengan menciptakan nama merek. logo, serta kemasan yang menarik dan juga memanfaatkan promosi digital dan visual. alhasil martabak " Markobar" bisa dengan cepat di kenal oleh masyarakat dan lebih mendatangkan keuntungan yang berlipat tentunya

Itulah salah satu contoh dan manfaat dari branding dalam bisnis, jika kita lakukan dengan baik, maka akan memberikan hasil yang maksimal.

SIlahkan berkomentar sesuai topik artikel yang sahabat baca,
Admin pasti akan menyempatkan untuk membalas setiap kritik, saran ataupun pertanyaan dari sahabat semua
EmoticonEmoticon