Pengertian Ekonomi Secara Umum ( Makro, Mikro, Syariah, Kreatif, Islam )

Pengertian Ekonomi Secara Umum ( Makro, Mikro, Syariah, Kreatif, Islam )
pengertian ekonomi

Bagi sahabat yang sedang mencari pengertian ekonomi, berikut ini sudah saya siapkan pengertian ekonomi secara lengkap yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Dan ternya pengertian ekonomi secara umum itu adalah bagian dari ilmu sosial yang mempelajari tentang aktivitas manusia yang berkaitan dengan proses produksi, distribusi dan konsumsi baik terhadap barang maupun jasa.

Dengan kata lain pengertian ekonomi adalah suatu usaha manusia dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya untuk bisa mencapai kemakmuran dalam hidupnya.

Jadi jangan heran jika dimasyarakat kita definisi ekonomi ini sering di kaitkan dengan keuangan dan bisnis, karena memang ternyata mereka saling berkaitan dan merupakan bagiaan dari ilmu ekonomi itu sendiri.

Sesuai dengan isitilah dari ekonomi itu sendiri, yang menurut wikipedia berasal dari bahasa yunai, yakni ( Oikos = Rumah Tangga ) dan (Nomos = peraturan ), yang bisa kita artikan menjadi peraturan rumah tangga ataupun manjemen rumah tangga.

Dimana dalam hal ini yang di maksud rumah tangga itu bukan hanya rumah tangga individu melainkan juga rumah tangga suatu organisasi atau bahakan rumah tangga negara, yang sering kita dengan dengan istilah APBN ( anggaran pendapatan dan belanja negara ) ataupun APBD ( anggaran pendapatan dan belanja daerah ).

Pengertian Ekonomi Makro

Nah sedangkan untuk pengertian ekonomi makro sendiri adalah ilmu ekonomi yang menjelakan perubahan ekonomi yang bisa mempengaruhi masyarakat umum, perusahaan, ataupun pasar yang sangat erat kaitannya dengan stabilitas harga. pertumbuhan ekonomi, dan juga laju inflasi.

Atau dengan kata lain definisi ekonomi makro adalah ilmu eknomi yang membahas masalah perkonomian yang lebih besar dan luas terhadap seluruh kegiatan ekonomi di suatu negara.

Pengertian Ekonomi Mikro

Sedangkan arti ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang meneliti bagaimana perilaku konsumen maupun perusahaan dapat mempengaruhi penawaran dan permintaan suatu barang ataupun jasa yang selanjutnya bisa mempengruhi harga di pasaran.

Contohnya seperti jika menjelang harga raya idul fitri ataupun idhu adha, dimana masyarakat umumnya lebih konsumtif dalam hal konsumsi, sehingga mempengaruhi harga harga di pasaran yang cenderung melambung tinggi.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Nah ekonomi kreatif sendiri adalah ekonomi baru yang mengintensifkan kreatifitas dan juga informasi dengan mengandalkan ide ataupun kreatifitas sumberdaya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Yang sangat erat kaitannya dengan industri kreatif, yang merupakan suatu industri yang memanfaatkan kreatifitas, ide, keterampilan untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan ataupun kesejahteraan masyarakat.

Dimana ekonomi kreatif ini biasanya terdiri dalam bidang :

  • Periklanan
  • Kerajinan
  • Arsitektur
  • Kesenian
  • Desain 
  • Fashion
  • Teknologi
  • Film
  • Musik
Dan masih banyak lagi yang lainnya. Contoh dari ekonomi kreatif ini adalah teknologi payment gateway

Pengertian Ekonomi Syariah

Selanjutnya pengertian ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang di ilhami oleh nilai nilai Islam yang sangat menentang exploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh dan melarang melakukan penumpukakan kekayaan.

Yang berujuan agar terjadinya

  • Kesatuan
  • Keseimbangan
  • Kebebasan
  • Tanggung Jawab
Yang mana semua itu berpedoman terhadap hukum islam yang mengharamkan RIba ( Bunga)  dan menghalakan jual beli.

Pengertian Ekonomi Islam

Nah untuk ekonomi isalam sendiri adalah suatu ilmu eknomi yang semuanya di sesuaikan dengan hukum islam yang tertuang alam rukun iman dan islam serta al-quran dan hadist.

Yang memiliki prinspip dasar :

  • Menolak terjadiny akumulasi kekayaan yang di kuasai oleh segelinti orang saja
  • Berbagai sumber daya di pandang sebagai pemberian dari ALLAH swt 
  • Berbasi kerja sama / saling tolong menolong
  • Melarang segala macam bentuk riba
  • Membayarkan Zakat terhadap kekayaan yang sudah memnuhi nisab
  • Tidak mengantungkan kepada nisab yang tidak jelas
  • Transaksi keuangan yang jelas dan tercatat
  • Keadilan dan keseimbangan dalam berniaga
Baca juga : Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi 

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Dan untuk melengkapi kajian kita tentang arti ekonomi pada kesempatan kali ini, berikut pandangan para ahli tentang apa itu ekonomi :

1. Menurut Khursid Ahmad

ekonomi adalah suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi yang terjadi dimasyarkat terkait dari perilaku manusinya itu sendiri

2. Menurut Jhon Stuart Mill

Ekonomi ialah suatu ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan

3. Menurut Edwin Cannan

Ekonomi adalah suatu ilmu yang bertujuan untuk menerangkan faktor faktor umum yang menentukan kebijakan material

4. Menurut Hennipman

definisi ekonomi ialah studi yang bertugas menganalisis manusia dan reaksi yang di berikannya terhadap kehidupan ekonomi

5. Menurut N Gregory Mankiw

Ekonomi ialah pembelajaran mengenai cara masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada

Demikianlah pengertian ekonomi secara umum, semoga bisa memberikan manfaat untuk sahabat semua yang membacanya.


EmoticonEmoticon