3+ Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Menambah Portofolio Online

Mendapatkan uang walaupun belum mendapatkan kerja kantoran bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Karena dengan adanya teknologi berupa internet seperti sekarang, memungkinkan kita membuat bisnis online sebagai bagian dari portofolio yang bisa memberikan kita penghasilan secara online, salah satunya dengan membuat website yang dikelola melalui hosting Indonesia yang berkualitas, misalnya.  

Seperti yang sudah pernah saya jelaskan di artikel artikel saya yang lain, Internet memang telah menjadi salah satu jalan alternatif menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, atau bahkan menjadi bisnis dan pekerjaan utama kita.

Contohnya seperti kisah sukses yasa singgih yang menjadi The Youngest Forbes Under 30 Asia in Retail & E-commerce Catagory Tahun 2016 lalu, berkat keberaniannya untuk memulai jualan online melalui website dan juga e-commerce.


Tentu ini suatu bukti bahwa setiap orang, termasuk kita bisa mendapatkan uang dari internet, dengan cara berjualan melalui e-commerce atau marketplace dan juga melalui website sendiri agar hasilnya lebih maksimal.


Walau begitu, cara ini bukan berarti jalan untuk mendapatkan uang secara instan. Sama seperti bisnis lain pada umumnya, dibutuhkan dedikasi agar bisa benar-benar menghasilkan uang dari internet.

Namun kabar baiknya, cara ini bukanlah satu satunya cara untuk bisa mendapatkan uang dari internet, karena masih banyak cara lainya yang bisa kita lakukan agar bisa menambah portofolio online kita seperti berikut ini :

  1. Menjadi Pekerja Lepas di Situs-situs Freelance


Ini adalah salah satu cara lain mendapatkan uang dari internet, selain melalui usaha berjualan di marketplace saja. Anda bisa memanfaatkan skill dengan menjadi pekerja lepas di situs-situs freelance ternama, seperti Upwork, Sribulancer, Freelancer, dan lain-lain.

Yang mana pada situs-situs tersebut, biasanya calon klien akan memasang iklan untuk mendapatkan seseorang yang sesuai dengan kriterianya. Agar bisa di-hire dengan segera, Anda harus memiliki portofolio yang menjanjikan dengan niche yang spesifik. Ketatnya persaingan di dalamnya menuntut Anda untuk memperbanyak portofolio dan memiliki nilai unik yang diunggulkan.


Jika sudah mengetahui apa spesialisasi Anda, buatlah profil yang tidak hanya sekadar menarik, namun juga engaging. Jangan lupa juga untuk menyertakan beberapa contoh portofolio yang relate dengan kompetensi Anda. Apabila Anda sudah memiliki website portofolio sendiri, Anda akan lebih siap dan percaya diri dalam meyakinkan calon klien untuk bekerja dengan Anda.


2.Menjual Stok Foto dan Video


Berawal dari iseng atau hanya sekadar hobi, ternyata kegemaran Anda dalam mendokumentasikan momen di lingkungan sekitar bisa jadi peluang bisnis yang menghasilkan. Salah satu caranya adalah dengan menjual stok foto maupun video di berbagai website komersil untuk video dan fotografi, seperti Shutterstock, iStockPhoto, VideoHive, dan lain-lain.

Jika menjual kumpulan dokumentasi berupa video dan foto yang Anda miliki, pastikan Anda sudah mencari tahu seperti apa style foto dan video yang paling banyak diminati. Setelah Anda memahami permintaan market di website-website tersebut, Anda bisa mulai memilah foto ataupun video mana yang layak untuk diunggah dan dikomersilkan.


Selain mengumpulkan koleksi foto yang sudah dimiliki, Anda juga perlu menambah terus portofolio foto maupun video secara rutin. Jika Anda sudah memiliki website portofolio fotografi Anda sendiri dan ahli dalam niche tertentu, seperti mengambil foto produk misalnya, akan lebih baik lagi apabila Anda belajar dan mulai merambah ke niche lain. Dengan begitu, portofolio Anda akan semakin beragam dan mampu membidik lebih pasar yang lebih luar.

3.Menjadi Content Creator di YouTube


“YouTube, YouTube, YouTube, lebih dari TV!”


Pernah mendengar jargon tersebut? Well, platform ini memang cukup familiar di kalangan millenial. Sebagai sebuah platform video terbesar milik Google, YouTube telah menjadi salah satu mesin pencari terbesar yang cukup sering digunakan. Terdapat berbagai suguhan konten di dalamnya, mulai dari video yang informatif hingga entertainment yang sifatnya hiburan.

Beralihnya kebiasaan menonton dari TV biasa ke YouTube membuat platform ini semakin menjanjikan untuk dijadikan media pengiklanan. Tanpa meninggalkan website, para digital marketer pun mulai merambah ke YouTube untuk mendapatkan segmentasi audience yang lebih luas. Peluang untuk menghasilkan uang dari platform ini pun juga semakin besar.


Maka, tidak heran jika makin banyak orang yang berlomba-lomba menjadi kreator di YouTube. Bagi para kreator yang telah mempunyai banyak subscriber dan jumlah penonton yang tinggi di tiap videonya, hasil AdSense pun akan semakin meningkat. Namun, AdSense bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dari YouTube.


Cara lain untuk menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan menawarkan jasa content placement atau advertising yang masuk ke dalam konten video yang diproduksi. Jika Anda biasa membahas seputar gadget, Anda bisa memberikan penawaran kepada brand untuk menggunakan jasa review Anda di YouTube dengan menetapkan rate card tertentu.


4.Menjual Craft atau Kerajinan di Etsy


Selain fotografi, kegiatan iseng-iseng lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari internet adalah dengan menjual kerajinan tangan atau craft. Selama ini mungkin Anda hanya menemukan para penjual craft di bazaar atau pameran seni. Namun kini Anda bisa menjualnya secara online di platform seperti Etsy.

Sebagai salah satu platform yang cukup besar, Etsy bisa dimanfaatkan untuk menjual berbagai hasil craft, mulai dari DIY pouch, perhiasan, pelengkap furniture, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan Etsy, Anda bisa menjangkau market lebih luas hingga mancanegara. 


Maka dari itu, akan lebih baik apabila Anda memiliki website portofolio yang memuat display kerajinan tangan yang sudah dibuat. Selain deskripsi mengenai produk-produk craft yang Anda jual, Anda dapat melengkapinya dengan konten-konten yang relevan. Konten tersebut bisa berupa tips instalasi, perawatan, hingga tutorial untuk membuat produk serupa secara.


Jika Anda sudah mempunyai website portofolio, Anda bisa menyertakannya di profil Etsy. Gunanya agar para pelanggan bisa mengenal brand yang Anda miliki lebih jauh melalui website tersebut. Selain itu, sertakan juga informasi lain seperti nomor kontak, email, dan media sosial. Dengan cara ini, pelanggan Anda akan lebih mengingat produk-produk Anda.

Kesimpulan

Mendapatkan uang dari internet bukanlah sesuatu yang mustahil. Walaupun memerlukan dedikasi yang tinggi untuk bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan, bisnis yang dijalankan secara online juga bisa memiliki nilai investasi yang layak untuk dipertahankan. 


Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mulai mencobanya dari sekarang. Mulailah dengan menggunakan WordPress hosting untuk website portofolio bisnis online yang Anda miliki dan jangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai belahan dunia.

SIlahkan berkomentar sesuai topik artikel yang sahabat baca,
Admin pasti akan menyempatkan untuk membalas setiap kritik, saran ataupun pertanyaan dari sahabat semua
EmoticonEmoticon