Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Buka Usaha Toko Oleh Oleh Khas Daerah

Toko oleh oleh merupakan salah satu usaha yang cocok di daerah tempat wisata, seperti yang sudah pernah bahas pada artikel saya yang sebelumnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips buka usaha toko oleh oleh khas daerah bagi sahabat yang tinggal di daerah tempat wisata yang sering di kunjungi oleh wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatan lokal.

Siapa tahu, dengan membaca tips membuka usaha toko oleh oleh khas daerah yang akan saya bagikan ini, bisa menjad inspirasi bagi sahabat pembaca dalam memulai usaha toko oleh oleh yang sukses nantinya.

Karena kalau berbicara potensi bisnisnya mah, saya fikir tidak perlu diragukan lagi. Karena sudah banyak toko oleh oleh yang sukses menjadikan para pengusaha daerah berhasil menjadi pengusaha yang sukses.

Tips Buka Usaha Toko Oleh Oleh

usaha toko oleh oleh

1. Lokasi Toko Oleh Oleh Harus Strategis

Ini adalah yang paling penting menurut saya, karena lokasi toko oleh oleh yang strategis sangat menentukan sukses atau tidaknya toko yang akan sahabat jalankan kelak. Karena jika lokasinya tidak strategis tentu akan sulit di kenal oleh masyarakat maupun para wisatawan yang datang.

Untuk itu, sebelu memulai usaha toko oleh oleh ini, pastikan sahabat sudah memiliki lokasi toko yang strategis, walupun mungkin itu harus dengan menyewa, tentu akan sebanding dengan potensi keberhasilannya kelak.

Dari pada memaksakan membuka toko oleh oleh di rumah, yang lokasinya kurang strategis , tapi usaha sahabat nanti sulit berkembang.

2. Produk Oleh Oleh Khas Daerah Yang Lengkap

Selajutnya, usahakan sahabat bisa menjual segala produk khas daerah sahabat secara lengkap, agar semakin banyak pilihan yang bisa di beli oleh para pengunjung maupun wisatawan nantinya.

Semakin lengkap, semakin bagus, karena semakin menunjukan bahwa toko oleh oleh yang sahabat miliki merupan tempat yang tepat untuk membeli semua yang khas dari daerah sahabat.

Mengenai jenis produknya mah, saya fikir gak masalah, mau itu berupa makanan khas, perhiasan khas daerah, maupun berupakan pakaian dan lainnya.

3. Lakukan Kerja Sama Dengan Pemilik Agen Pariwisata di Daerah Sahabat

Ini, sangat penting di awal awal sahabat membuka usaha toko oleh oleh ini, agar sahabat bisa mendapatkan pelanggan dari wisatawan yang datang ke daerah sahabat. Karena setiap wisatawan yang datang pasti melalui agen pariwisata yang ada di daerah sahabat.

Sehingga jika sahabat berhasil melakukan kerja sama dengan mereka, merekalah yang akan memandu setiap wisatawan yang datang melalui mereka untuk berbelanja oleh oleh di toko milik sahabat.

Ya tentu tidak mudah untuk melakukan kerja sama semacam ini, namun tentu harus di coba, karena setiap bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri.

4. Buat Produk Sendiri

Akan lebih bagus lagi jiika sahabat bisa membuat produk oleh oleh khas sendiri, karena akan menjadi nilai lebih dan memiliki khas tersendiri di bandingkan dengan toko toko lainnya. Terutama untuk makanan makanan khas daerah, yang tentu tidak begitu sullit untuk membuatnya.

Yang terpenting bisa di kemas dengan menarik dan memiliki rasa khas yang enak, maka akan membuat toko oleh oleh yang sahabat miliki cepat di kenal oleh masyarakat.

5. Lakukan Promosi 

Kesalah yang banyak dilakukan oleh para pelaku usaha pemula adalah, tidak melakukan promosi toko miliki mereka, dan hanya mengandalkan para pengunjung datang dengan sendirinya.

Tentu sangat disayangkan, mengingat sarana dan prasaran untuk melakukan promosi di jaman sekarang ini sangatlah banyak , seperti melalui media sosial atau bisa juga dengan mengikuti event dan bazar yang diadakan di daerah sahabat.

Akhir kata, jika sahabat memang memiliki niatan untuk membuka usaha toko oleh oleh, maka jangan ragu untuk memulai dan mencobanya, karena kita tidak tahu usaha mana yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan nantinya.

Posting Komentar untuk "Tips Buka Usaha Toko Oleh Oleh Khas Daerah"