5 Tips Digital Marketing untuk Pemula

48 views

Metadeskripsi: Digital marketing harus dilakukan dengan baik untuk meningkatkan kesempatan, pengunjung, sampai keuntungan.

Memasarkan produk dengan melakukan jual beli secara online melalui strategi digital marketing bukanlah sesuatu yang baru. Digital marketing adalah menciptakan strategi daring atau online untuk mendapatkan hasil terbaik melalui website, media sosial, sampai blog pribadi dengan cara daftar domain dan membeli hosting untuk membuatnya

Strategi ini akan mendatangkan banyak peluang, pengunjung, sampai penghasilan. Sehingga tidak heran jika cara membuat website toko online berbayar pun makin banyak dicari saat ini. Tidak heran apabila pemasaran online menjadi sangat penting karena semua orang mencari informasi melalui internet dan perangkat digital yang mendukungnya.

Baca juga: 3+ Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Menambah Portofolio Online

Semua orang menginginkan solusi praktis dari masalahnya dengan melakukan pencarian. Kalau strategi ini tidak Anda manfaatkan, peluang mencapai tujuan akan kecil. Memasarkan apa pun secara online terkesan mudah. Walau terasa cukup sulit, namun Anda masih bisa mempelajarinya dengan baik melalui beberapa tips di bawah ini.

1. Website Sangat Esensial

Website sangat penting kalau kamu mau melakukan digital marketing. Mengapa harus website? Karena seseorang yang ingin mencari informasi atau produk, larinya pasti ke mesin pencari. Mesin pencari website akan muncul dan akhirnya ditemukan melalui mesin pencari ini.

Kalau Anda ingin memaksimalkan website yang dipakai untuk promosi secara online, ada baiknya memperbaiki isinya. Konten website harus relevan dan memberikan informasi. Komponen promosi atau copywriting harus ada. Terpenting dari semua, buat website sederhana dan selalu tampilkan kontak.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial dan website adalah duo yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Apalagi saat ini media sosial seperti Twitter, Facebook, sampai Instagram sekali pun digunakan banyak orang untuk mencari informasi terkait apa pun termasuk produk untuk dibeli.

Media sosial bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi secara langsung. Anda juga bisa melakukan interaksi dengan audiens melalui media ini. Interaksi sangat penting untuk memahami karakter dan kemauan dari target market. Dengan begitu strategi yang dibuat bisa tepat sasaran.

3. Pentingnya Optimasi Mesin Pencari

Kalau mau muncul di posisi atas saat target market melakukan pencarian, kamu harus melakukan optimasi. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat konten relevan, memasukkan kata kunci tertentu, dan mengiklan di Google AdWords kalau mau instan.

Baca juga: 3 Tips Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Online

Kalau Anda mau yang organik saja, pelajari SEO dengan baik. Tunjang website dengan konten berkualitas. Proses ini memang tidak cepat, tapi bisa bertahan lama dan bermanfaat untuk kemajuan usaha yang dibangun.

4. Membuat Konten yang Relevan

Sebelum membuat konten yang akan dimanfaatkan untuk melakukan promosi, pertama-tama ciptakan tujuannya. Misal kamu ingin melakukan promosi blog yang berhubungan dengan traveling. Konten dibuat dengan tujuan memberikan gambaran sekilas tentang blog dan pemiliknya.

Selanjutnya kalau ingin membuat konten yang berhubungan dengan fashion, usahakan membahas produk itu. Apakah membahas sejarahnya atau kelebihannya. Kamu bisa memasukkan call to action atau CTA di akhir konten, baik secara hard selling atau soft selling.

5. Memahami Target Market Sejak Awal

Hal terakhir dan tidak kalah penting kalau ingin sukses dalam melakukan digital marketing adalah memahami audiens. Target market yang kamu sasar harus jelas. Misal kamu melakukan pemasaran online untuk meningkatkan penjualan produk kosmetik, tentu audiens wanita yang akan digaet.

Pahami produk, jasa, atau konten apa yang ingin Anda jual atau berikan ke target market. Kalau sudah memahaminya, kamu bisa dengan mudah menciptakan promosi dan tahu harus di mana melakukan itu agar lebih efisien serta efektif.

Baca juga: 3 Cara Efektif Agar Website Toko Online Mudah Terindex Google

Demikian sedikit ulasan tentang tips digital marketing. Berdasar uraian di atas terlihat jelas kalau website memiliki peranan penting dalam pemasaran online. Selain itu, media penunjang seperti media sosial juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Semoga bisa memberikan pencerahan!

Gravatar Image
Blogger dari kota kecil di kalimantan tengah, Tepatnya di desa sungai kapitan, kumai, pangakalan bun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *