Pengertian Reseller, Cara Kerja, Syarat Dan Keuntungannya Adalah?

628 views

Setelah kemaren sudah kita bahas apa itu dropship, maka sekarang saatnya kita bahas tentang apa itu Reseller dan arti reseller beserta cara kerja, syarat menjadi reseller serta keuntungan menjadi reseller itu sendiri.

Kenapa harus di bahas?

Karena keduanya serupa tapi tak sama, dimana Arti Reseller dan Dropshipper memiliki kemiripan, namun keduanya berbeda, sehingga seringkali banyak orang yang salah kaprah dan menganggap reseller adalah sama dengan dropshipper. padahal pengertian reseler dan dropship itu berbeda dalam penerapannya.

Nah, Agar sahabat tak salah mengartikan, maka kali ini saya akan coba untuk menguraikan tentang apa itu reseller online dan bagaimana cara kerjanya sehingga sahabat tidak bingung lagi jika di tanya tentang reseller itu apa?

Ok, langsung aja ya.

Reseller  Artinya?

reseller artinya

Dari segi bahasa reseller terdiri dari kata (Re = Kembali, Seller =Penjual) jadi reseller artinya penjualan kembali.

Sehingga apapun yang bisa kita jual kembali bisa di sebut reseller donk?

Iya, kira-kira  demikian arti dari kata reseller, dengan kata lain reseller adalah orang orang yang melakukan penjualan kembali barang barang yang mereka beli dari distributor, agen, ataupun supplier dengan tujuan untuk meraih keuntungan tentunya.

Syarat Menjadi Reseller

Untuk syarat menjadi reseller sendiri tiap tiap distributor atau supplier memiliki persyaratan yang berbeda beda, ada yang biasanya memberlakukan batas minimum belanja untuk mendapatkan harga reseller, dan ada juga yang mewajibkan menjadi member mereka dahulu baru bisa menjadi reseller mereka.

Dalam hal ini pihak distributor memiliki pertimbangan masing masing dalam menerapkan aturan kepada para reseller mereka.

Bahkan untuk para distributor dan supplier online mereka juga menerapkan sejumlah uang pendaftaran bagai yang ingin bergabung menjadi reseller mereka namun tidak sedikit juga toko online dengan status open reseller gratis

Cara Kerja Reseller

Secara garis besar, cara kerja reseller bisa saya gambarkan kedalam 3 Rantai distribusi dibawah ini :

  1. Distributor Atau Supplier

Distributor atau supplier adalah pihak pertama yang menyediakan dan menjual barang atau jasa dengan harga relatif murah di bandingkan dengan harga yang ada di pasaran, sehingga jika ada orang yang ingin menjual kembali barang yang sudah di beli akan mendapatkan sejumlah untung yang lumayan.

Inilah yang kemudian di sebut reseller tangan pertama.

  1. Reseller

Reseller adalah, orang yang membeli produk dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk di jual kebali dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penjulan barangnya tersebut.

  1. Custumer

Custumer adalah pembeli atau konsumen yang membeli langsung kepada reseller ataupun distributor.

Cara kerjanya sama halnya dengan proses jual beli biasa, dimana reseller membeli kepada distributor dengan harga yang murah, kemudian reseller menjualnya kembali kepada custumer dengan markup harga yang cukup untuk mendapatkan keuntungan

Sampai di sini saya harap sahabat sudah sedikit mengerti tentang apa itu reseller.

Bahasa gampangnya reseller adalah membeli suatu barang kepada distibutor atau supplier untuk di jual kembali ke konsumen dengan harga yang lebih mahal untuk memperoleh keuntungan.

Nah kalau reseller online shop berarti membeli suatu barang terhadap distirbutor atau supplier toko online untuk di jual kembali baik secara online maupun offline.

Keuntungan Reseller

Dari beberapa hal yang saya uraikan diatas tentu sudah sangat jelas bahwa seorang reselller memilki beberapa keuntungan diantaranya :

  1. Mendapatkan Harga Yang Lebih Murah Dari Pasaran

Menjadi reseller artinya kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari pasaran, karena memang untuk pembeliannyapun biasanya harus borongan dalam jumlah yang banyak, sehingga mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Menambah Relasi Bisnis

Selain mendapatkan harga yang murah, menjadi seorang reseller juga akan menambah relasi bisnis karena tentu kita akan menjalin kerja sama jangka panjang dengan pihak distributor, yang akan menjadi relasi bisnis kita atau bahkan membuka peluang bisnis baru.

Perbedaan Reseller Dengan Dropshipper Adalah?

Seperti yang saya bilang sebelumnya reseller dan dropshipper itu serupa tapi tak sama, dari uraian di atas udah keliatan belum bedanya?

Mirip banget kan? hampir gak bisa di bedakan?

Ya memang mirip banget yang membedakan reseller dan  dropshipper itu hanya dari stock barang saja.

Kalau reseller kita wajib membeli dan punya stock barang kalau dropshipper gak, karena di dropshipper yang kita perlukan cuma katalog produk berupa foto-foto saja untuk kita tawarkan kepada custumer.

Selebihnya semuanya sama, yaitu kegiatan menjual kembali suatu barang dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih dari barang tersebut.

lebih lengkap tentang dropshipper silahkan baca apa itu dropship?

Pilih Reseller Atau Dropshipper?

Nah, Sekarang sobat sudah pada tau apa itu reseller dan apa itu dropshipper

sekarang pertanyaannya mau pilih yang mana?  reseller atau dropshipper?

Kalau menurut saya pilih yang mana aja sama saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung mana yang cocok dengan keadaan dan kondisi sahabat saat ini

Kalau sobat tidak memiliki cukup modal maka yang terbaik adalah memilih dropshipper sebagai bisnis yang tepat, karena di dropshipper tidak memerlukan modal sedikitpun

Namun jika sobat memiliki cukup modal maka menjadi reseller adalah yang terbaik karena kita bebas mengontrol barang yang akan kita jual, kita pun bisa melihat secara langsung kualitas dari barang yang akan kita jual tersebut

Selain itu dengan menjadi reseller juga, kita bisa belajar bagaimana caranya memanage dan manajement keuangan yang baik, yang sangat di perlukan bagi para wirausahawan agar bisnisnya dapa berkembang pesat.

Kesimpulan :

Reseller Adalah penjualan kembali yang memiliki memiliki sistem yang hampir sama dengan dropshipper, hanya saja menjadi reseller di perlukan modal yang cukup untuk membeli dan menyetok barang yang akan kita jual nanti.

Namun dengan menjadi reseller dari suatu online shop tentunya kita akan mendapatkan harga yang lebih murah di bandingkan dengan harga yang ada di pasaran, sehingga kita akan lebih mudah untuk menjualnya kembali

Artikel Terkait : Cara Jualan Online.

13 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *