Beranda Jualan Jualan Online Arti COD (Cash On Delivery) Dalam Online Shop Adalah? Ini Penjelasannya

Arti COD (Cash On Delivery) Dalam Online Shop Adalah? Ini Penjelasannya

222
2
Penjual : Di jual murah 1 buah laptop toshiba pemakian baru 6 bulan, 3 juta rupiah aja
Pembeli : bisa cash on delivery (Cod) nggak?”

Di atas aadalah contoh percakapan di salah satu group jual beli online di facebook. kalau sahabat baru pertama kali dan belum terbiasa melakukan belanja online tentu akan merasa bingung dengan arti dari Cod atau cash on deliery ini

Karena cukup banyak pembeli yang menyebutkan kata cod dalam setiap transaksi online, Terbukti, cukup banyak yang mencari online shop yang bisa cod katanya.
Itulah yang dulu juga saya rasakan, saya sering merasa bingung dengan beberapa istilah baru yang sering di temukan dalam setiap transaksi jual beli online salah satunya arti COD yang merupakan singkatan dari Cash On Delevery ini.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara lengkap tentang arti cod ini sehingga sahabat tidak merasa bingung lagi.

Arti Cash On Delivery ( COD )

Jadi Arti Cod Adalah?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas kepanjangan COD adalah cash on delivery yang jika diartikan kedalam bahasa indonesia, maka pengertian COD adalah membayar barang pesanan setelah barang dikirim ke tempat tujuan, ataupun tempat yang sudah disepakati sebelumnya oleh penjual dan pembeli.
 
Dengan kata lain, transaksi dengan sistem cod ini artinya penjual dan pembeli sepakat untuk bertemu lebih dahulu di suatu tempat, untuk memastikan barang yang akan di beli apakah sesuai dengan kriteria pembli atau tidak, jika cocok barulah setelah itu akan terjadi transaksi jual beli.
 
Berbeda dengan sistem transaksi jual beli online yang menggunakan sistem via transfer ataupun kartu kredit yang mengharuskan pembeli untuk melakukan pembayaran di awal, barulah setelah itu barang di kriim kepada pembeli.
 
Sampai disini sudah ngertikan tentang arti kata cod ? itulah mengapa banyak juga para pembeli yang mencari toko online yang menerima pembayaran dengan sistem cod agar lebih aman dalam transaksi.

Kekurangan Sistem Cod

Nah, walaupun belanja online dengan sistem cod ini bisa dibilang sangat aman, karena kita bisa melihat dan memastikan barang yang di jual secara langsung, namun kekurangannnya adalah kita tidak bisa menemukan banyak toko online yang menyediakan sistem pembayaran dengan cara cod ini karena keterbatasan jangkaun tempat dari si penjual, mengingat si penjual harus mengantarkan langsung barang jualan mereka ketempat kita.
 
Apalagi buat sahabat yang tinggal di daerah daerah terpencil, tentu akan sulit menemukan toko online yang berdomisili di daerah sahabat sehingga mau tidak mau sahabat harus menggunakan sistem pembayaran melalui transfer.
 
Namun jika sahabat tetap ingin melakukan transaksi online secara cod,maka solusi terbaiknya adalah sahabat berbelanja online di forum dan situs jual beli online yang mempertemukan penjual dan pembeli yang masih satu domisili.
 
Setahu saya cukup banyak forum dan group jual beli online yang ada di daerah kita masing masing, sahabat bisa searhcing di google dengan mengetikan kata kunci ” group jual beli online( daerah sahabat ) “.

Kelebihan Sistem Cod

Kalau kelebihannya sih tentu sudah sangat jelas ya, yang paling menyenangkan dari sistem cod ini yang kita bisa memasatkan apakah barang yang akan kita beli tersebut sesuai dengan apa yang penjual deskripsikan atau tidak, sehingga kita bisa terhidar dari penipuan.
 
Ya, karena walau bagaimanapun yang namananya melakukan transaksi dengan orang yang tidak kita kenal tentu akan rawan dengan penipuan, terbukti dengan banyaknya kasus penipuan yang terjadi pada saat transaksi jual beli online oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga : Apa itu dropshipper, sistem, dan cara kerjanya

Solusi Agar Tetap Aman Belanja Online Meskipun Tidak Bisa Cash On Delivery

arti cod

Seperti yang saya katakan di atas, belanja online dengan cara cod akan sangat sulit terealisasi untuk kita yang tinggal di daerah daerah terpencil ataupun jauh dari kota, mengingat terbatasnya jangkauan dari si penjual.

 Untuk itu saya rasa mau tidak mau, suatu saat sahabat akan belanja online dengang sistem transfer ataupun menggunakan kartu kredit.
 
Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya belanja online dengan sistem transfer juga bisa dibilang aman aman saja koq, asalkan kita selalu waspada dan teliti terhadap track record si penjual ataupun toko online yang menjual barang yang akan kita beli.
 
Nah, mengenai hal ini sayapun ada sedikit tips agar sahabat tetap aman dalam belanja online meskipun tidak bisa cod.

1. Belanja di situs situs yang sudah ternama

 Di indonesia sudah banyak sekali situs toko online yang cukup ternama seperti lazada.co.id, zalora.co.id, blibli.com mereka adalah situs situs ternama yang sudah tidak usah kita ragukan lagi track recordnya.
 
Karena mereka perusahaan besar dan dikeola secara profesional, jadi sangat sedikit sekali kemungkinan mereka melakukan penipuan terhadap para custumernya, karena mereka juga menjaga image bisnis mereka untuk jangka panjang.
 

2. Jangan Belanja Online Di Situs Situs personal yang belum sahabat tahu track recordnya

 Untuk keamanan, sebaiknya sahabat jangan berbelanja di situ situs personal yang belum sahabat tahu track record dari penjualnya, karena tentu sangat berisko, terkecuali sudah banyak ulasan positif tentang si penjual dengan para pembeli lain.

3. Gunakan Sistem Rekber

Yang terakhir, cara aman belanja online tanpa cod ada menggunakan sistem rekber ( rekening bersama ) kalau sahabat sering berbelanja di marketpalce seperti bukalapak.com, tokopedia.com tentu sudah tidak asing lagi dengan sistem rekber ini, karena pihak pengurus situsnya sudah menyediakan rekber ini untuk menjadi jembatan penghubung antara pembeli dan penjual agar tidak terjadi penipuan.

 
Untuk di luar marketplace juga banyak koq, jasa rekber yang cukup terpecaya, yang bisa sahabat gunakan sebagai sarana transaksi belanja online sahabat.

Kesimpulan : Arti cash on delivery ( cod ) adalah melakukan pembelian secara online namun dengan melakukan pembayaran di tempat setelah barang sampai kerumah

Tips Melakukan Cod Untuk Pembeli Dan Penjual

arti cod
 

Nah, bagi kalian yang tertarik melakukan transaksi dengan sistem COD. saya ada beberapa tips nih, agar transaksi yang kalian lakukan berjalan lancar :

Tips COD Untuk Pembeli :

  • Pastikan untuk melakukan pertemuan di tempat yang umum dan aman jika memang anda belum begitu yakin dengan si penjual
  • Ajak teman anda untuk menemani saat melakukan transaksi agar keamanan anda lebih terjaga
  • Jika sudah bertemu, periksalah barang dengan teliti sebelum melakukan pembayaran, dan pastikan barang sesuai dengan deskrips yang sudah penjual katakan
  • Jangan sungkan untuk membatalkan transaksi jika memang barang yang penjual jual tidak sesuai dengan yang mereka katakan
  • Jika barang anda rasa sesuai segera lakukan pembayaran 

Tips COD untuk Penjual :

  • Pastikan untuk melakukan pertemudan di tempat yang aman
  • Kemaslah barang yang anda jual dengan rapi dan profesional agar menimbulkan kesan yang baik di mata pembeli
  • Jaga penampilan dan kerapian agar terlihat profesional dan terpercaya
  • Usahakan untuk tidak datang terlambat ke tempat yang sudah di janjikan
  • Selalu mengaktifkan ponsel jika sewaktu waktu pembeli menghubungi
  • Pada saat bertemu, berikanlah senyum dan salam hangat kepada pembeli
  • Jelaskanlah kembali tentang produk yang anda jual
  • Jika terjadi kesepakatan, pastikan uang yang anda terima asli

Demikianlah pembahasan kita seputat COD dalam online shop dan jual beli online, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial kalian.

Artikel terkait : Kerja Online Terpercaya Di Indonesia

2 KOMENTAR

  1. Mintak solusi. Dalam transaksi online ketika ada penipuan semisal:sudah sukses tranfer ke si penjuwal tapi si penjuwal mengirim pesanan dengan cara COD nah itu gmn??. Trmksh

  2. saya sarankan lebih baik kita transaksi lewat markatplace saja, jika memang kita belum tauh track record dari penjualnya… gak ada solusi jika uang sudah masuk ke rekening si penjual, kecuali kita mau laporin ke pihak yang berwajib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here