Beranda Bisnis Bisnis Online Arti Endorse Adalah? Ini Penjelasan, contoh dan kelebihannya

Arti Endorse Adalah? Ini Penjelasan, contoh dan kelebihannya

289
0

Arti endorse ini apa ya? saya yakin pertanyaan ini pasti akan terlintas di benak anda yang sehari hari sering berselancar di internet. Karena memang kata Endorse ini sendiri sangat bomiing dan sering disebutkan oleh para artis dan nitizen, bahkan sering dijadikan bahan bersenda gurau.

Terang saja ini membuat banyak orang penasaran, dan mencari tahu apa sih sebenarnya arti dari kata endorse ini, dan kenapa banyak orang yang membicarakannya.

Maka tanpa pikir panjang, saya langsung ngambil laptop dan searching di google dan kemudian saya ketikan “arti endrose” maka muncullah beberapa artikel yang menjelaskan tentang pengertian endorse yang sedang booming tersebut, dan akhirnya sayapun mengerti apa itu endorse dan kenapa kata endorse ini begitu booming terutama di kalangan pengguna instagram.

Nah barang kali ada teman teman yang senasib dengan saya dan belum tahu arti kata endorse ini, untuk itulah saya berinisiatif untuk menuliskannya di blog ini.

Ok yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:

Arti Endorse Adalah?

Yang perlu saya garis bawahi dan perlu sobat ketahui, sebenarnya endorse ini memiliki arti ganda lho, karena sebelum kata ini booming di media sosial instagram, kata endorse ini sebenarnya sudah umum di gunakan di dalam asuransi. jadi, biar pemahaman kita tambah lengkap tentang endorse ini maka kita akan bahas keduanya.

1. Pengertian Endorse Dalam Pemasaran Online

Di dalam pemasaran online endorse artinya dukungan yang di berikan oleh seseoarang yang memiliki pengaruh ( public figure ) seperti seorang artis atau selebgram, terhadap suatu produk atau jasa, dengan sejumlah imbalan dan kesepakatan terntentu.
 
Karena konon katanya jika suatu produk ataupun jasa di endorse oleh para selebritis maka produk atau jasa tersebut bisa laris manis terjual, karena di serbu oleh para followers dan fans berat dari artis tersebut, sehingga banyak para pemilik produk maupun toko online yang rela mengeluarkan budget yang cukup besar agar produk mereka di endorsement oleh para artis tersebut, dan merupakan salah satu cara efektif memasarkan produk mereka.
 
Nah, di indonesia sendiri istilah endorse dalam pemasaran online ini populer setelah adanya media sosial instagram yang saat ini sedang naik daun dan sudah memiliki 45 juta pengguna akrif setiap bulannya.
 
Dari instagram ini jugalah muncul istilah selebgram, yakni seseorang yang terkenal di instagram dan memiliki banyak followers meskipun dia bukan datang dari kalangan selebritis layar kaca.
 
Sampai disini sudah mengerti tentang arti endore kan?
 
Berikut contoh endorse dari salah satu artis indonesia di instagram.
 
Apa Itu Endorse
 
Gambar di atas saya ambil dari akun instagram chelsea olivia pada saat mengedorse salah satu produk buat anaknya, dengan pemaparan yang di lakukan olenya di inatagram tersebut, tentu akan mampu meningkatkan penjualan atau popularitas produk tersebut, itulah mengapa banyak produk yang berani membayar mahal artis untuk menendorse produk mereka.

Tapi kalau harus di bandingan promosi di televisi maka tentu biaya akan jauh lebih murah di bandingkan dengan promosi secara endorse ini.

Lalu apakah edorsement di dalam pemasaran online ini hanya berlaku di kalangan artis saja?

Tentu tidak, banyak juga koq mereka yang bukan kalangan artis dan publice figure bisa mendapatkan para advertise yang ingin mengendorse produk mereka di akaun orang tersebut, tentunya dengan syarat akun tersebut sudah cukup terkenal dilihat dari banyaknya follower akun instagram mereka dan juga tingkat interaksi follower mereka terhadap apa yang di posting oleh sang empu akun instagram tersebut.

Jika seseorang memiliki akun instagram dengan follower yang banyak dan tingkat interaksi followernya tinggi, maka merekapun bisa dengan mudah untuk bisa menjadi endorsement meskipun mereka bukan dari kalangan artis.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di artikel saya tentang cara mendapatkan uang dari instagram, salah satunya adalah dengan menjadi endorsement ini.

Tarif Endorse Selebgram

Nah, untuk harga endorse selebgram itu sendiri sangatlah bervariasi tergantung dari seberapa terkenal serta sebarapa banyak follower dan seberapa akrif  follower mereka.

Semakin terkenal dan semakin banyak follower mereka maka tentu akan semakin mahl tarif endorsenya.

Seperti syahrini misalnya, dari beberapa informasi yang saya dapatkan tarif endorse mencapai hingga 100 juta untuk sekali posting. wow

Koq mahal banget ya?

Bagi kita yang belum mengerti alur dari pemasaran memang angka tersebut terlihat sangat mahal.

Namun bagi para pebisnis, bisa saja itu menjadi sangat murah jika di bandingkan harus beriklan di telivisi ataupun media promosi lainnya dengan tingkat konversi yang jauh lebih tinggi jika mereka melakukan endorse.

Bukitnya sampai saat ini banyak koq mereka yang rela mebayar mahal para artis untuk melakukan endorsement. Itu artinya ada perputaran roda bisnis yang berjalan di sistem pemasaran ini.

Cara Mendapatkan Endorse Di Instagram

Seperti yang sudah saya uraikan di atas. bagi yang ingin mendapatkan endorse di instagram, maka yang mencari tolak ukur utama bagi para pengiklan adalah

  • Jumlah follower instagram

Untuk tahap pemula usahakan anda bisa mendapatkan puluhan samapi ratusan ribu follower ( agar para pengiklan berdatangan )

  • Tingakat Enggagement

Maksudnya adalah seberapa aktif follower anda didalam melakukan like dan komentar di setiap postingan anda di instagram. semakin aktif maka akan semakin memiliki nilai jual di mata pengiklan.

Karena percuma punya banyak follower kalau tinggak enggagemnetnya rendah.

2. Pengertian Endorsement Didalam Asuransi

Seperti yang saya jelaskan sedikit di atas, istilah edorsement sebenarnya sudah lebih dulu di kenal di dalam bidang asuransi lho, namun meskipun memiliki kata yang sama kedunya memiliki makna yang sangat berbeda.
 
Karena artie endorse di dalam asuransi adalah sebuah surat atau dokument yang berisikan dan menyatakan adanya perubahan serta penambahan beberapa data pada polis yang sudah di terbitkan tersebut, perubahan tersebut bisa berupa data ahli waris, tanggal efektif polis, data premi dan lain sebagainya.
 
So !!, jika nanti sahabat di tanya apa itu endorse? maka silahkan tanya balik endorsement yang mana dulu nich, karena endorse itu memiliki banyak makna tergantung dari bidang yang kita bicarakan, yang di dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah Ambigu.
 
Sampai disini sudah mengertikan dengan apa itu endorsement? didalam pemasaran online maupun asuransi?.

Kelebihan Pemasaran Online Melalui Endorsement

Sebagai tambahan informasi berikut ini beberapa kelebihan pemasaran online melaui cara endorsement, sehingga endorse banyak digunakan para pebisnis

  • Sangat Efektif

Kelebihan yang paling menonjol dalam melakukan pemasaran melalui endorse adalah sangat efekitf. Kenapa? karena para artis ataupun public pigure selalu menjadi sorotan masyarakat di setiap sisi kehidupannya baik hal pribadi ataupun pekerjaan.

Sehingga apapun yang mereka posting di akun media sosial mereka akan selalu banyak mendapat tanggapan dan tak jarang banyak yang mengikutinya.

Hal ini tentu sangat bagus dalam dunia bisnis

  • Lebih hemat Dan Tertarget

Promosi dengan cara endorse juga bisa dibilang sangat hemat dan lebih tertarget bandingkan dengan promosi di media lain.

Karena kita bisa menyesuaikan promosi kita dengan artis ataupun selebgram yang sesuai dengan “image” ataupun konten yang biasa mereka terbitkan di intagram

  • Menambah Followers

Promo melalui endorse, selain bisa meningkatkan penjulan nilai tambahnya adalah juga akan menambah follower akun instagram anda, sehingga di lain kesempatan tentu anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari follower ataupun berikalan lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here