3 Cara Efektif Agar Website Toko Online Mudah Terindex Google

11 views

Sudah lama berbisnis, tetapi masih belum memiliki website toko online sama sekali? Tenang, Anda bukan satu-satunya orang yang merasa “ketinggalan” dengan tidak adanya website untuk kebutuhan pemasaran bisnis. Bahkan di era yang serba digital seperti sekarang ini, masih ada juga orang yang tidak mengerti cara membuat email baru di hp smartphone mereka.

Tapi bukan itu intinya. Dalam menjalankan bisnis, Anda juga dituntut untuk mengikuti perkembangan pasar, termasuk media pemasaran apa yang saat ini sedang digemari masyarakat untuk berbelanja. Sekarang e-commerce maupun website toko online sudah jelas jadi pilihan banyak orang. Sehingga mau tak mau Anda juga harus ikut membuatnya

Cara Efektif Agar Website Toko Online Mudah Terindex Google

Baca juga: 3+ Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Menambah Portofolio Online

Untuk memulai sebuah website toko online, Anda bisa mempersiapkan modal pembuatannya. Salah satu langkah awalnya adalah dengan melakukan survey harga domain dan hosting yang cocok dengan kebutuhan pemasaran bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan jasa pembuatan website untuk mewujudkan toko online yang diinginkan.

Sudah membuat website? Bagus… Itu artinya Anda sudah beberapa langkah lebih maju dan lebih siap untuk bersaing di industri bisnis yang hampir seluruh sistemnya terkendali secara digital. Walau begitu, sekadar memiliki website saja tidak cukup. Apalagi kalau Anda asal-asalan saat mengisi kontennya. Traffic tinggi tidak akan didapatkan dengan cara tersebut.

Baca juga: 3 Tips Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Online

Lalu, apa yang perlu dilakukan agar website toko online Anda bisa mendapatkan traffic tinggi yang mendatangkan real buyers? Salah satu usaha yang krusial dan tidak boleh Anda lupakan adalah SEO (Search Engine Optimization). Jika dimaksimalkan, SEO akan meningkatkan performa website, sehingga lebih mudah terindex oleh Google.

Kemudahan dalam melakukan index website tentu akan berpengaruh pada peringkatnya di mesin pencarian. Jika Anda mampu mengoptimasi secara efektif, otomatis peringkat website Anda akan naik dan jumlah pengunjung toko online pun akan meningkat. Kalau begitu, apa saja cara efektif agar website toko online Anda mudah terindex oleh Google?

1. Analisa performa website dengan Google Analytics

Sebagai sebuah online tools yang diciptakan oleh Google, Google Analytics didesain khusus untuk mempermudah Anda dalam melakukan analisa performa website, termasuk website toko online. Melalui Google Analytic, Anda dapat memantau kinerja dari setiap halaman website, mulai dari jumlah kunjungan hingga karakteristik pengunjung toko online Anda.

Mengenai data terkait karakteristik pengunjung toko online, beberapa yang bisa Anda ketahui melalui Google Analytic adalah demografi, halaman apa saja yang diakses paling banyak, hingga waktu yang dihabiskan untuk mengakses halaman-halaman tersebut. 

Walaupun tidak langsung mempengaruhi peringkat website, beberapa informasi yang tersedia di Google Analytics akan mempermudah Anda dalam menyusun konten website. Anda bisa membuat content planning yang lebih tertarget karena data tersebut dapat digunakan untuk mengetahui user experience lebih dalam dan mengevaluasi isi konten yang sudah dibuat.

Untuk dapat memanfaatkan Google Analytics, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Cukup integrasikan tool ini dengan website toko online Anda dengan sign in dan mengisi beberapa data seperti nama akun, nama website, alamat domain, kategori industri, zona waktu, dan setting untuk data sharing.

2.Pastikan tampilannya sudah mobile-friendly

Di jaman yang segala sesuatunya bisa diakses melalui perangkat digital, Anda pun harus ikut memutar otak agar toko online Anda juga dapat diakses secara mudah. Saat ini, smartphone menjadi perangkat digital yang paling banyak digunakan untuk mengakses berbagai informasi. Sehingga, tampilan website Anda pun harus bisa diakses dengan lancar melalui perangkat ini.

Keharusan ini pada dasarnya bukan hanya karena faktor banyaknya pengguna smartphone saja. Sebagai mesin pencarian yang paling populer digunakan saat ini, algoritma Google juga lebih mengutamakan performa website dengan loading cepat, tidak lebih dari 3 detik. Semakin cepat aksesnya, semakin tinggi pula kesempatan untuk “mejeng” di halaman pertama Google.

Baca juga: Cara jualan online di facebook

Salah satu yang bisa dilakukan untuk membuat loading website toko online Anda lebih cepat adalah dengan memastikan tampilannya menjadi mobile friendly. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan website menjadi lebih mobile friendly adalah dengan menggunakan tema yang responsif, memilih jenis font yang tepat, hingga mengoptimasi gambar di dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat tampilan toko online yang lebih mobile friendly dengan menghindari penggunaan pop up dan memaksimalkan Accelerated Mobile Pages (AMP). Anda pun bisa menyertakan kolom pencarian untuk mempermudah pelanggan yang ingin langsung mencari informasi atau konten spesifik di website toko online Anda.

3.Tambahkan sitemap HTML dan XML

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar website toko online lebih mudah terindex Google adalah dengan membuat sitemap, yaitu sebuah file yang berisi daftar halaman di toko online Anda. Selain daftar halaman, di dalamnya juga terdapat informasi mengenai halaman-halaman tersebut, seperti jenis konten dan kapan terakhir kali konten di halaman tersebut diubah.

Terdapat dua macam sitemap pada sebuah website, di antaranya berupa HTML dan XML. Peruntukan keduanya dalam suatu website pun berbeda. Jika XML digunakan untuk kebutuhan data di mesin pencarian, HTML ditujukan bagi para pengunjung toko online Anda. Walau begitu, keduanya punya peran yang sama mempermudah Google dalam melakukan index website Anda.

Mengenai fungsinya, sitemap XML mutlak dilakukan untuk memudahkan Google dalam melakukan crawling di tiap halaman website toko online Anda. Penerapan internal linking pada konten di setiap halaman website akan memaksimalkan kinerja sitemap XML ini.

Sedangkan untuk sitemap HTML, fungsinya di dalam sebuah website adalah untuk meningkatkan user experience melalui navigasi yang lebih mudah. Fungsi ini secara tidak langsung akan mempengaruhi sisi SEO dan mempermudah pengunjung atau pelanggan Anda saat mencari halaman yang sulit ditemukan melalui Google search.

Baca juga: Jenis kerja online dari rumah yang terpercaya

Dari 3 cara di atas, mana yang sudah Anda coba. Selagi toko online Anda masih terus dikembangkan, jangan lupa untuk terus mengusahakan cara-cara di atas agar website toko online Anda bisa terindex Google dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *