Cara Jualan Online

Cara Jualan Online Laris Tanpa Modal DI Facebook, Instagram,Dan Tokopedia

60 views

Mengetahui cara jualan online di facebook, instagram, tokopedia dan sangatlah penting bagi anda para pemula yang mempunyai keinginan untuk belajar berjualan online.

Kenapa?. Karena cara jualan online di instagram, facebook, tokopedia dan adalah cara jualan online “Paling Mudah” yang bisa anda coba lebih dahulu dibandingkah anda harus membuat toko online sendiri menggunakan website ataupun blog yang tentu anda perlu mengusai tentang website lebih dalam.

Sedangkan berjualan online di media sosial yang saya sebutkan di atas, anda hanya tinggal daftar dan membuat akun media sosial tersebut maka anda sudah bisa belajar berjualan online.

Apalagi data dan fakta menunjunkan dari total  264 juta jiwa penduduk indonesia, saat ini hampir sekitar 150 juta jiwa menggunakan internet dan juga media sosial dan durasi rata rata masyarakat indonesia mengunakan media sosial sebersar 3,5 jam perhari. Ini menunjukan bahwa potensi pasar internet sangatlah besar jika di garap dengan benar

data penggun internet dan media sosial di indonesia

Cara jualan online di internetpun umumnya bisa dimulai tanpa modal “( modal kuata doank). jadi anda gak usah takut untuk belajar dan mencoba materi materi yang ada di internet, karena tanpa mencoba maka selamanya kita tidak akan mengetahuinya.

Dan buat anda yang tertarik buat belajar, simak materi lengkapnya dibawah ini :

Contents

1.Cara Jualan Online Tanpa Modal

Sebagian dari kita pasti befikir tidak akan mungkin ada cara jualan online tanpa modal. Hari gini lho masa masih ada yang gratisan. !!.

Jika anda juga berfikir begitu , pasti anda belum mengenal dunia internet marketing lebih jauh dan bagaimana konsep jualan online yang benar. karena sebenarnya juga sudah cukup banyak koq contoh sukses yang berjualan online tanpa modal hingga menjadi pengusaha sukses dan memiliki toko online sendiri.

Tapi bagaimana caranya? Sejauh yang saya tahu ada beberapa cara ampuh bisa jualan online tanpa modal :

Menjalin Kerja Sama Dengan Para Pedagang Di Pasar

Unuk menjlain kerja sama dengan para pedagang dipasar ini saya kira tidak terlalu sulit koq, karena yang kita perlukan hanyalah berupa gambar barang dagangan yang mereka miliki tanpa harus meminjam barang dagangan mereka.

Jadi, selama kita bisa menjelaskan dan berkomunikasi dengan baik dengan mereka, pasti banyak yang mau menjalin kerja sama dengan anda, toh mereka juga tidak bakalan rugi. ( malah diuntungkan)

Jika sudah dapat, maka anda bisa langsung menjual barang dagangan mereka di facebook, instagram dan tokopedia ataupun melalui toko online anda sendiri.

Jualan Online Dengan Sistem Affiliasi

Cara jualan online tanpa modal yang ke 2 adalah dengan cara menjual produk produk orang lain yang menyediakan sistem affliasi. seperti misalnya produk produk dari lazada.caom ataupun blibli.com.

Dengan sistem affliasi ini maka kita akan mendapatkan persenan setiap ada produk yang laku terjual dari link affliasi yang kita promosikan.

Jualan Online Dengan Sistem Dropship

Jualan online dengan sistem dropship juga salah satu cara jualan online tanpa modal, karena biasanya semua sudah disediakan termasuk foto produk ataupun katalog, kita hanya tinggal mempromosikannya saja, dan jika ada yang laku maka pihak mereka yang akan mengirimkannya dengan nama toko kita

Menjualan Produk Digital ( Foto, Vidio. Logo, Gambar Vektor ) Di Situs Mikrostock.

Selanjutnya jika anda memiliki keahlian dibidang digital seperti fotografi, desain grafis, dan juga membuat vidio keren yang original, anda bisa menjualnya disitus situ microstock karya anda tersebut.

Yang menarik dengan cara ini adalah, 1 produk anda bisa laku berkali kali, karena memang produk yang anda jual adalah produk digital yang bisa dijual berulang ulang selama masih ada yang memerlukan

Jualan Jasa Melalui internet ( Sesuai Kemampuan Anda)

Cara jualan online tanpa modal selanjutnya adalah dengan cara berjualan jasa sesuai kemampuan anda. misalnya anda memiliki kemampuan membuat artikel yang seo  maka anda bisa menawarkannya kepada para blogger ataupun pemilik website.

Ataupun jika anda memiliki keahlian editing vido anda bisa menawarkan jasa anda kepada para youtuber ataupun yang memerlukannya.

2. Cara Jualan Online Di Facebook (Fb)

cara jualan online di facebook

Nah untuk cara jualan online di facebook sendiri saya yakin sebenarnya anda sudah mengerti teknisnya, karena asalnya anda memiliki akun facebook maka anda bisa mulai berjualan online di facebook lewat status ataupun group di facebook.

Namun untuk hasil yang maksimal, saya ada beberapa tips yang bisa anda coba lakukan

Menentukan Produk Yang Tepat Untuk Kita Jual (Unik & Menarik)

Perlu anda Ingat !. yang jualan online di media sosial seperti facebook, itu sudah sangat-sangat banyak. Jadi, kemampuan kita dalam memilih produk yang tepat sangat menentukan keberhasilan kita dalam menjual sesuatu di facebook.

Jika produk yang kita jual itu-itu saja, dan terkesan pasaran, maka wajar kalau kita akan kesulitan dalam memasarkan produk yang akan kita jual. Karena tentu mereka akan lebih memilih membeli sesuatu dari orang-orang yang sudah mereka percayai, karena sudah memiliki trak racord yang baik.

Tapi kalau kita jualan sesuatu yang sedang treds kan bagus?

Iya memang bagus.

Tapi jangan lupa sudah banyak yang menjual produk-produk tersebut, sehingga akan sulit untuk kita bersaing dengan mereka yang sudah lebih dulu berjualan, karena sudah memiliki tingkat kepercayaan yang lebih dari custumer.

Menyiapkan Gambar Atau Foto Produk Yang Berkualitas

Kualitas dari foto atau gambar produk yang kita gunakan untuk jualan online di facebook harus sangat kita perhatikan.

Karena gambar tersebut mewakili semua produk yang akan kita jual, sebagus apapun produk yang akan kita jual, jika gabarnya jelek maka akan terkesan jelek di mata custumer kita.

Untuk itu pastikan gambar produk yang kita gunakan berkualitas tinggi, sehingga bisa menimbulkan kesan yang baik bagi para custumer.

Tentunya hal tersebut dapat terwujud jika sahabat miliki pengetahuan tentang fotografy, cara foto produk yang baik, dan sering latihan agar bisa mendapatkan hasil yang berkualitas.

Atau bisa juga sahabat menggunakan jasa freelance fotographer profesional, sehingga sahaat tidak usah repot repot untuk belajar dan menghabiskan banyak waktu.

Memperbanyak Teman Atau Follower Facebook Sobat

jualan di facebook

Semua teman-teman di facebook adalah calon custumer kita, untuk itu agar jualan online kita di facebook laris manis, maka hal pertama yang harus sahbat lakukan adalah memperbanyak pertemanan di facebook kita lebih dulu.

Semakin banyak pertemanan yang kita dapatkan, maka semakin besar peluang kita untuk bisa sukses jualan online di facebook.

untuk itu berusahalah untuk meningkatkan jumlah pertemanan lebih dulu .

Ada 2 cara yang bisa kita lakukan:

Cara Gratis

1. Menambah pertemanan dengan menggunakan tombol cari teman

Cara yang paling umum untuk kita memperbanyak pertemanan di facebook adalah dengan menggunakan tombol cari teman yang sudah di sediakan oleh facebook.

Hanya saja kita perlu berhati-hati karena ada batas pertemanan yang boleh kita add dalam satu hari, dimana kalau kita langgar maka kita akan mendapatkan peringatan dan akun facebook kita akan di nonaktifkan.

Untuk itu jangan terlalu terburu-buru untuk add pertemanan dalam 1 harinya, jika sudah mendapatkan peringatan, berhenti dan lanjutkan esok harinya lagi.

2. Bergabung di group-group yang aktif


Bergabung di group-group facebook yang aktif juga bisa kita gunakan untuk menambah pertemanan kita dengan cara aktif di group tersebut.

Baik itu sekedar memberikan komentar ataupun melakukan tanya jawab dengan member di sana, maka setelah kita cukup di kenal, dengan sendirinya akan banyak yang meminta pertemanan dengan kita.

Cara Berbayar

1.Promosi menggunakan facebook ads

Jika kita ingin cepat meningkatkan jumlah peremanan ataupun follower di facebook, maka promosi menggunakan facebook ads adalah salah satu pilihan yang tepat.

Hanya saja ini tidak gratis, jadi kita harus menyiapkan baudget tersendiri untuk melakukan promosi menggunakan facebook ads.

2. Menggunakan Jasa Menanambah Pertemanan Di Facebook

Selain facebook ads kita bisa juga menggunakan jasa dari orang lain untuk menambah pertemanan di facebook.

Hanya saja, kita juga harus hati-hati dalam memilih jasa ini, karena terkadang banyak yang menggunakan cara yang tidak lazim dan menggunakan akun palsu.

Posting Produk Secara Rutin Di Facebook

cara jualan online di facebook

Setelah 3 langkah di atas, maka kini saatnya untuk kita melakukan posting atau promosi produk secara rutin di wall ataupun group-group facebook yang sesuai dengan produk yang kita jual.

Yang perlu perhatikan di dalam mempromosikan produk yang kita jual adalah jangan sampai menggunakan cara-cara spam yang tidak di sukai oleh pengguna facebook.

Seperti promosi di kolum komentar, di wall fb orang lain, ataupun promosi dengan melakukan tag secara berlebihan.

Jangan lakukan itu semua, karena gak ada gunanya yang ada kita bakalan mendapatkan cap yang jelek dari teman-teman kita di facebook.

Buat Postingan Yang Kreatif

Yang saya maksudkan di sini adalah membuat postingan produk dengan cara kreatif, jadi tidak kita tampilkan dengan gambar yang itu-itu saja.

Kita bisa berkreasi dengan cara membuat postingan yang lucu-lucu ataupun yang sedang trends untuk menarik interaksi dengan teman-teman kita di facebook.

Karena pada dasarnya orang lain tidak akan suka jika di suruh membeli ataupun di tawarkan sesuatu dari orang yang belum mereka kenal.

Dengan sering adanya interaksi dengan teman-teman kita di facebook maka kita akan lebih mudah ketika hendak memasarkan produk yang akan kita jual.

Buat Fanspage Atau Group Facebook Khusus

Menggunakan akun facebook pribadi kita saja tidaklah cukup, akan lebih baik kalau kita membuat fanspage facebook atau group khusus untuk mempersentasikan produk yang kita jual.

Sehingga kita bisa lebih mudah mengelola produk-produk yang kita tawarkan dalam suatu wadah.

Dengan membuat fanspage atau group facebook khusus, kita juga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan banyak pelanggan sekaligus.

Demikian beberapa langkah untuk berjulan online melalui facebook agar dagangan kita cepat laris dan laku,, semoga bisa membantu dan bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan buat sahabat semua.

Catatan : untu jualan online difacebook anda tidak harus menggunakan modal sendiri lho, karena anda bisa berjualan dengan sistem reseller atapun dropshipper, silahkan anda baca dan pelajari lebih dahulu tentang :

Metode Pembayaran Untuk Jualan Di Facebook

Sebagai penutup, perlu anda ketahui juga metode pembayaran yang umum digunakan difacebook itu ada 2 yakni :

System Transfer

Adalah sistem yang umum digunakan untuk jualan di facebook dimana  pembeli akan melakukan pembayaran melalui transfer rekening langsung ke penjual.

Hal ini biasanya dilakukan jika, pembeli sudah percaya dan mengetahui secara pasti track record dari sang penjual sehingga mereka percaya sepenuhnya

System COD ( Bayar Ditempat )

Nah, banyak juga yang menggunakan metode cod untuk menciptakan rasa aman bagi para pembeli. Untuk sistem cod ini silahkan sahabat baca lebih lanjut di arti cod

3. Cara Jualan Online Di Instagram ( IG)

Cara jualan online di instagram (IG) sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara jualan online di social media lain yang amat sangat tergantung dengan jumlah followers ataupun jumlah pertemanan kita dengan pengguna lain

Karena teman-teman kita di sanalah yang akan menjadi target pemasaran kita, semakin banyak jumlah follower maka akan semakin mudah untuk sukses jualan lewat instagram

Meskipun masih banyak faktor lainnya, namun jumlah follower yang banyak merupakan syarat utama yang harus kita kejar. Layaknya kita berjualan di sebuah toko, semakin strategis dan berada di tempat keramaian maka akan semakin laris toko tersebut, dan semakin sepi lokasi dari toko tersebut, maka akan sulit juga untuk mendapatkan pelanggan

Nah begitu juga kalau kita ingin jualan online di instagram ataupun social media lain, maka sebisa mungkin kita menjadikan akun instagram kita berada di tempat keramaian dengan memperbanyak jumlah followernya, sehingga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan nantinya

Cara Berjualan Di Instagram Agar Cepat Laku

Cara Jago Jualan Di Instagram

1. Buat akun instagram dengan nama brand atau produk yang sobat jual

 Jika sobat ingin jualan online di intagram, jangan gunakan akun intagram pribadi sobat untuk jualan, tapi buatlah akun intagram baru yang khusus dan menggunakan nama produk yang akan sobat jualan

Misalnya sobat akan menjual sepatu, maka buatlah akun dengan nama “Sepatu Kulit” “Jual Sepatu Keren” “Serba Sepatu” dll, buatlah semenarik mungkin

Sehingga nanti para pengunjung akan lebih mudah mengetahui bahwa akun instagram kita merupakan tempat jualan sepatu

2. Isi profil dengan data yang lengkap

Jangan sampai lupa untuk mengisi profil akun intagram sobat dengan lengkap, baik itu alamat, kontak bb, telphone ataupun social media yang lain yang aktif

Ini sangatlah penting, untuk meyakinkah para follower kita, bahwa akun toko online kita terpercaya dan bukanlah penipuan

3. Berinteraksi Secara baik dengan follower dan pengunjung

Interaksi yang baik juga sangat penting, untuk menjalin hubungan dan kedekatan dengan teman-teman kita di intagram

Untuk itu jangan lupa untuk membalas komentar, atau pertanyaan dari mereka, ataupun sekedar memberikan komentar dan liki terhadap foto yang mereka upload

4. Gunakan foto produk yang berkualitas tinggi

Saat posting ataupun upload fhoto di instagram sangatlah penting untuk menggunakan foto yang berkualitas tinggi sehingga menimbulakan kesan yang menarik

Karena foto produk yang kita upload mewakili produk yang akan kita jual, sebagus apapun produk yang kita jual, kalau fotonya jelek, maka akan terkesan jelek juga

Untuk itu pastikan sobat menggunakan foto yang berkualitas tinggi dalam setiap posting foto produk yang akan sobat jual

5. Gunakan Hastag (#) saat posting

Gunakan selalu #hastag saat kita memposting foto produk yang kita jual, agar mudah di temukan oleh para pengguna instagram

Misalahnya sobat jualan baju muslim, maka gunakanlah #bajumuslim #jualbaju #bajumuslimterbaru dll

6. Jangan pernah jualan ke teman dekat dan keluarga

Kata-kata ini saya kutip dari pendiri “alibaba.com” Jack Ma. di mana nasihat beliau berbunyi ” Ketika berjualan ke teman dan keluarga, berapapun yang anda jual ke mereka, mereka akan selalu berfikir, anda sedang mencari untung dari uang mereka.

Dan semurah apapun anda menjual ke mereka, mereka tidak menghargainya”

Itulah bunyai kutipan dari seorang pengusaha suksese pendiri alibaba.com , boleh sobat ikuti boleh juga tidak

7. Hubungkan akun instagram sobat ke social media lain

Di instagram terdapat fasilitas social media sahring di mana, posting kita di intagram juga akan di tampilkan di social media lain yang sudah kita atur di social media sharing

Maka sobat bisa memanfaatkan ini untuk menambah follower ataupun menambah jangkauan audience di social media lainnya

8. Jangan lakukan spam coment

Banyak di antar teman-teman kita yang melakukan komentar spam di akun-akun terkenal seperti artis dan yang lainnya, dengan harapan mendapatkan kunjungan yang melimpah

Mereka salah besar, justru promosi dengan cara sapam hanya akan memperburuk image akun instagram kita dan akan mendapatkan cap jelek

Karena melakukan komentar spam, bukanlah tindakan yang etis

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari instagram

Cara Jago Jualan Di Intagram Dengan Memperbanyak Followers

Seperti yang saya bilang di awal, untuk sukses jualan online di social media tak terkecuali intagram adalah mempunyai banyak follower yang tertarget

Hanya saja untuk meninggakatkan jumlah follower itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi jika bisanis kita masih baru

Dan sama sekali tidak mengerti social media marketing, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan follower dalam jumlah yang banyak

Kecuali kita artis terkenal.. hehe

Untuk itu saya akan berbagi tips memperbanyak follower instagram yang di langsir oleh okezone.com dari Rico Huang pemilik beberapa akun ternama di instagram

1. Cari akun yang menjual produk yang sama seperti kita di instagram, tentunya akun tersebut sudah memiliki follower yang sangat banyak

Ini bertujauan agar kita mendapatkan followers yang tertarget dan efisien, karena mereka yang menjual produk yang sama dengan kita pastilah memiliki follower yang potensial untuk membeli

2. Setelah itu Follow semua followers dari akaun tersebut minimal 50.000 akun

Pada prinsipnya, semakin banyak yang kita follow akan semakin banyak pula yang mem follow back akun kita

Untuk itu jangan ragu untuk memfollow akun instagram sebanyak-banyaknya, apalagi jika akun tersebut sangat potensial untuk target bisnis kita

3. Setelah angka following kita mencapai angka 50.000 maka kunci akun kita

Ini bertujuan untuk memberikan rasa penasaran kepada akun-akaun yang kita follow untuk bisa melihar produk-produk yang kita tawarkan, maka dia akan mem follow back akun kita

4. Unggah Foto sebanyak-banyaknya ketika posisi akun sedang di kunci

Pada saat akun dalam posisi terkunci, unggah foto produk secara rutin dan sebanyak-banyak namun tetap menjaga kualitas dan kreatifitasnya

Sehingga pada saat para follower melihatnya akan memberikan kesan yang baik dan merekapun tertarik

Baca juga : Inspirasi kegiatan yang menghasilkan uang di saat liburan

5. Lakukan strategi diskon harga dengan coret harga lama

Sudah sifat dasar manusia, suka dengan yang gratis dan murah seperti diskon, layaknya seprti di toko ataupun mall

Maka berjualan di intagrampun kita bisa menerapkan strategi ini untuk meningkatkan jumalah penjualan produk kita

salah satu caranya dengan mencoret harga lama dan menggantinya dengan harga baru, jadi bisa memberikan kesan wow kepada para pengunjung akun kita

Demikian Sedikit tentang cara jago jualan online di intagram, silahkan sobat bagikan ke teman-teman sobat di social media, jika sobat rasa artikel ini bermanfaat

4. Cara Jualan Online Di Tokopedia

Tips Jualan Online Laris

1.Cari Produk Yang Beda Dan Unik, Agar Tidak Kalah Bersaing Dengan Yang Sudah Ada

Harus selalu kita Ingat, Situs jual beli online itu sudah banyak, jadi kalau kita jualan produk yang itu-itu saja pasti kita akan kalah bersaing dengan lapak online yang sudah lebih dulu ada

Karena mereka sudah memiliki pelanggan setia dan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dari pengguna internet . Jadi, akan sangat sulit untuk kita bersaing dengan menjual produk yang sama,;

Untuk itu alangkah lebih baiknya kalau kita menjual produk yang baru dan masih fresh sehingga peluang kita bisa lebih besar di sana

2. Tentukan Target Penjualan  Anda, Apakah Ibu Rumah Tangga, Orang Kantoran, Pegawai Negeri, atau yang lainnya?

Setelah kita putuskan produk yang mau kita jual, maka kita harus tau siapa saja yang cocok untuk kita targetkan sebagai pembeli kita.Apakah orang kantoran, ibu rumah tangga, pengusaha, anak sekolah, lebih spesifik lebih bagus

Sehingga nantinya kita bisa mendapatkan pengunjung yang tertarget, jangan sampai produk yang kita jual salah sasaran dan salah dalam menerapkan strategi jualan online

Dan yang paling bagus untuk kita jadikan target adalah mereka yang hobi dengan belanja online

3. Siapakan Rekening Khusus Untuk Transaksi Jualan Online Mu

Semua transaksi di toko online pasti melalui rekening bank sebagai alat transaksi pembayarannya

Untuk itu sebelum berjualan online sobat harus punya rekening khusus untuk transaksi jualan online sobat nanti. Semakin lengkap semakin bagus, agar custumer punya banyak pilihan dalam metode pembayarannya nanti

Jangan sampai mencampur adukan  transaksi di toko online dengan rekening pribadi karena akan sangat sulit untuk mengontrol setiap transaksi kedepannya

4. Buat Target Jangka Pendek, Menengah Dan Jangka Panjang

Sebelum kita terjun lebih jauh untuk membuka lapak secara online, maka tentukan target sobat secara terperinci dari jangka pendek sampai jangka panjangnya, agar semua yang di lakukan nanti bisa terarah

Target yang jelas juga akan membantu memotivasi kita dalam mengembangkan jualan yang akan kita bangun

Sehingga pada saat kita mengalami sedikit kendala, kita tidak akan merasa kesulitan dalam menyelesaikannya

Sebagai contoh untuk langkah awal, gak usah muluk-muluk kita bisa buat target medapatkan pelanggan 10 orang selama 1 bulan, atau target mendapatkan pengunjung 100 orang selama 1 bulan

5. Persiapkan Catatan Khusus Untuk Setiap Transaksi Jualan Online Kita Nanti

Jangan lupa untuk mempersiapkan catatan khusus untuk setiap transaksi jualan online kita nanti, sebagai bahan evaluasi dan pengingat setiap transaksi yang terjadi, serta kita bisa mengetahui barang-barang apa saja yang paling di minati

Catatan ini juga akan membantu kita agar kita bisa mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang kita dapatkan

Sehingga kita tidak mencampur adukan antara keungan pribadi dengan keuangan hasil jualan online kita

6. Cari Mentor Yang Sudah Berpengalaman Di Bidangnya

Belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman akan mempercepat proses kesuksesan kita dalam membangun sebuah bisnis, tak terkecuali dengan berjualan online

Untuk itu jangan ragu untuk berinvestasi lebih dengan belajar secara private ataupun online dengan mentor-mentor yang sudah berpengalamn dalam mengembangkan toko online dan internet marketing

Cara termudah menumukan mentor adalah dengan mencari orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia blogging dan internet marketing

Biasanya mereka memiliki sebuah blog ataupun website yang cukup populer,dari situ kita bisa hubungi mereka dan meminta untuk mengajarkan tekink teknik dalam mengembangkan bisnis mereka

Ataupun meminta bantuan mereka untuk mencarikan mentor yang berpengalaman di bidang IM, karena mereka memiliki bayak seklai relasi dalam bidang ini

7. Buat Sebuah BLog Atau Website Untuk Lapak Online Kamu

Mesikupun kita bisa memulai jualan online dengan membuka lapak di facebook, twitter , intagram dll

Namun sangat di sarankan untuk kita membuat blog atau website khusus untuk lapak online kita, jika kita ingin serius dalam bisnis jualan online

Karena dengan memiliki blog atau website sendiri kita memiliki kebesan dalam mengelola tata letak dan tampilan dari blog kita, serta bisa menjadi brand dari toko online kita nanti

Untuk membuatnya sobat bisa memesan kepada ahlinya, atau kalo sobat mau bisa membuatnya sendiri

8. Siapkan Mental Baja Dan Siap Tempur

Tidak ada yang mudah dalam memulai sesuatu, apalagi itua adalah hal yang baru buat kita, untuk itu siapkan mental kita dengan sebaiik-baiknya

Agar jika menghadapi suatu kendala, kita tidak mudah menyerah dan bisa mengevaluasi diri terhadap apa yang terjadi

Tanamkan pada diri kita, tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan kerja cerdas tak terkeculai sukses dalan jualan online, 

hanya orang-orang yang tidak mudah menyerahlah yang bisa meraih kesuksesan di dunia ini

10 comments

  1. siang gan..informasi ini sangat bagus dan memberi pengetahuan bagi pemula bisnis onlain terutama menggunakan media FB…semoga bisa lancar dan sukses selallu kedepannya..amiinn

  2. Sayangnya fanspage sudah tidak bisa menjadi alat untuk berporomosi dengan adanya pembatasan dari facebook soal jangkauan kiriman. Salam kenal gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *