Cara Mengirim Uang Lewat Kantor Pos ( Weselpos )

2 min read

Masih berbicara tentang cara mengirim uang, kali ini kita akan membahas tentang cara mengirim uang lewat kantor pos melalui weselpos instan, yang merupakan produk jasa dari kantor pos yang bisa kita gunakan untuk melakukan transper uang tanpa rekening.

Jadi, bagi anda yang mungkin tidak memiliki rekening, ataupun sangat jauh dari perbankan, maka anda bisa memilih mengirim uang melalui kantor pos ataupun melakukan transfer uang lewat alfamart seperti yang sudah saya bahas sebelumnya.

Namun salah satu kelebihan mengirim uang lewat kantor pos pastinya lebih aman karena merupakan perusahaan plat merah milik pemerintah, dan juga kantor pos tersebar di seluruh pelosok indonesia hingga ke desa desa sehingga kita bisa mengirim uang ke keluarga kita di pelosok sekalipun.

Syarat pengriman uang lewat kantor pos juga sangat mudah karena hanya memerlukan ktp atau sim serta nomor hp aktif pengirim dan penerima, maka kita sudah melakukan pengiriman duit

Tapi sayangnya, dalam menggunakan weselpos instan kita hanya bisa mengirim uang maksimal hingga Rp.20 juga saja, sehingga untuk mengirim uang dalam jumlah yang lebih besar kita harus mengirim uang melalui bank ataupun atm, (bisa anda baca di cara transfer uang lewat atm)

Tapi saya rasa hal ini tidaklah menjadi soalan, karena batas maksial pengiriman senilai Rp. 20 juta itu juga sudah relatif cukup besar.

Berikut Cara Mengirim Uang Lewat Kantor Pos

1.Siapkan Data Data Yang Diperlukan

Sebelum kita pergi kekantor pos, tentu kita harus menyiapkan data data yang di perlukan dalam hal ini berupa KTP, No Hp Pengirim, No Hp Penerima, serta uang tunai yang akan anda kirimkan nantinya.

2. Pergi Kekantor Pos Terdekat Dan Isi Formulir Pengiriman

weselpos instan

Setelah anda tiba di kantor pos, langusng saja sahabat minta formulir pengiriman weselpos kepada petugas pos, dan isi data data yang diminta di forumulir tersebut.

Yang biasanya meliputi :

  • Nama Pengirim
  • Alamat pengirim
  • No Hp
  • Nama Penerima
  • Alamat
  • No Hp Penerima
  • Besar Uang Yang Akan Di Transfer
  • Serta layanan yang akan di pilih ( wesel pos instan, standar, atau prima )

3. Serahkan Formulir Kepada Petugas Pos

cara kirim uang lewat kantor pos

Setelah formulir sudah anda isi dengan benar, maka selanjutnya tinggal anda serahkan formulir tersebut kepada petugas kantor pos, untuk segera di proses oleh mereka.

Namun dalam hal ini biasanya kita harus mengantri lebih dahulu, jika memang kondisi saat itu sedang ramai yang melakukan transaksi di kantor pos.

4. Kita AKan Diminta Membuat PIN

cara mengirim uang lewat kantor pos

Setelah formulir kita diproses oleh petugas kantor pos, maka kita akan diminta untuk membuat 4 s/d 6 digit PIN yang berupa angka.

Dalam hal ini kita bebas membuatnya, namun saran saya buatlah yang mudah diingat saja.

5. Petugas Pos Akan Memberikan Resi WeselPos

cara transfer uang lewat kantor pos

Setelah selesai membuat PIN, petugas kantor pos akan memberikan resi tanda bukti pengiriman uang yang telah kita lakukan. yang juga berisa no NTP

6. Beritahu No NTP dan PIN Kepada Penerima Uang

Selesai, selanjutnya tinggal anda beritahu NO NTP dan PIN kepada penerima uang, dan mereka langsung bisa mengambilnya di kantor pos terdekat dengan membawa KTP berserta no NTP dan PIN, untuk di cocokkan oleh petugas pos nantinya.

Biaya Kirim Uang Melalui Kantor Pos

Oh iya, anda jangan sampai lupa membawa uang lebih, karena pengiriman uang melalui kantor pos di kenakan biaya admin yang besarnya tergantung dari jumlah uang yang akan kita kirim.

Berikut ini rincianya :

  • Kirim Uang Rp.200.000 dikenakan biaya sebesar Rp.15.000
  • Kirim Uang diatas Rp.200.000 s/d Rp.5000.000 dikenakan biaya sebesar Rp.27.000
  • Kriim Uang diatas Rp.5 juta s/d Rp. 10 juta dikenakan biaya sebesar Rp.30.000
  • Kirim uang diatas Rp 10 juta s/d Rp.15 juta dikenakan biaya sebesar Rp.35.000
  • Kirim uang diatas Rp.15 juta s/d Rp. 20 juta dikenakan biaya sebesar Rp.45.000

Catatan : Biaya sewaktu waktu bisa saja berubah

Apakah Bisa Mengirim Uang Dari Kantor Pos Ke Rekening Bank?

Nah, yang menarik dari pengiriman uang dikantor pos ini, kita juga bisa mengirim uang tunai ke rekening bank lho.

Jadi, buat anda yang ingin mengirim uang ke rekening teman namun lagi malas ke bank ataupun saldo atm sedang kosong, maka anda bisa menggunakan jasa Waselpos Cash To Account dari pihak kantor pos yang memungkingkan kita untuk mengirim uang langsung ke rekening bank apapun.

Caranya?

Hampir sama dengan cara diatas, kita hanya tinggal datang langsung ke kantor pos terdekat, kemudian minta formulir wasel cash to account kemudian serahkan ke petugas kantor pos, maka uang sudah bisa langsung masuk ke rekning kita.

Demikianlah pembahsan kita tentang cara mengirim uang melalui kantor pos, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *