Beranda Bisnis Ini Dia Contoh Bisnis Ramah Lingkungan Yang Bisa Kamu Coba

Ini Dia Contoh Bisnis Ramah Lingkungan Yang Bisa Kamu Coba

68
1
Saat ini, bisnis ramah lingkungan mulai di galakan di berbagai negara di seluruh belahan dunia dimanapun, karena memang saat ini isu isu akan semakin menipisnya lapisan ozon, dan makin maraknya pencemaran lingkungan, menggelitik kesadaran masyarakat dunia untuk mulai berbenah salah satunya dengan berbisnis ramah lingkungan.

Dengan berbisnis ramah lingkungan, itu artinya sahabat ikut andil dalam menjaga kelangsungan lingkungan hidup kita, yang tentunya jika terus di biarkan tercemar, bukan tidak mungkin akan mengancam kelangsungan hidup manusia suatu saat nanti.


Namun seperti apa bisnis ramah lingkungan tersebut?


Pada dasarnya setiap bisnis yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan secara langsung maupun tidak langsung maka bisa di katakan sebagai bisnis yang ramah lingkungan.


Apapun itu bidang bisnisnya !! selama tidak menggunakan alat ataupun ahan baku yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan maka itu sudah bisa di golongkan bisnis ramah lingkungan.


Hanya saja, jika sahabat ingin berperan lebih dalam menjaga lingkungan, maka sebaiknya sahabat lebih konsen kepada bisnis ramah lingkungan di bidang pengelolaan limbah, bisnis yang menggunakan energi terbarukan, yang dengan cara demikian sahabat ikut berperan aktif dalam mengatasi pencemaran lingkungan.

Berikut ini Contoh Bisnis Ramah Lingkungan Yang Bisa Sahabat Coba

1. Jam Tangan Dari Limbah Kayu

Bisnis Ramah Lingkungan

Produk jam tangan dari limbah kayu merupakan salah satu contoh produk ramah lingkungan yang bisa sahabat amati, tiru dan modifikasi.

Karena ternyata produk jam tangan dari limbah kayu yang banyak terbuang ini sangat bernilai ekonomis jika di olah dengan keterampilan yang baik
 
Seperti yg dilakukan oleh pemuda asal semarang yang benama Purnomo yang sudah menggeluti pembuatan jam tangan dari limbah kayu sejak 2016 silam berawal dari banyaknya sisa sisa limbah kayu bekas pembuatan gitar di sekitar rumahnya.

Dari situ dia mulai mengasah kemampuannya lewat tutorial tutorial yang ada di youtube, sampai akhirnya menjadi seorang profesional. Karena sekarang jam tangan kayu miliknya banyak dimintai masyakat, bahkan ada juga warga jepang yang memesan langsung. Begitu juga pak gubernur jawa tengah Ganjr Pranowo pernah memesan jam tangan kayu miliknya.

Tak hanya prunomo, saat ini sudah banyak pengusah pengusaha lain yang menjadi pengrajin jam tangan dari limbah kayu di kota kota lainnya.

So !! ini kesempatan bagus buah sahabat untuk mencoba menjadi pengrajin juga.

2. Kacamata Kayu

ide bisnis kreatif

Masih dari limbah kayu, bisnis ramah lingkungan yang bisa sahabat contoh adalah bisnis pembuatan kaca mata dengan frame limbah kayu..

Bisnis ini tentu ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah kayu yang sudah tidak terpakai namun memiliki kualitas yang bagus.
 
Masalah harga jual mah jangan di tanya.. jika sudah di olah menjadi kacamata kayu yang cantik maka harganyapun menjadi menarik yang memberi keuntungan yg juga menarik.

3. Tas Dari Bungkus Kopi

ide usaha kreatif inovatif

 Siapa yang menyangka coba bungkus kopi sachet yg setiap hari kita buang di tempat sampah ternyata bisa di sulap menjadi tas cantik yang bernilai ekonomis .

 
Dengan kreatifitas tinggi, bungkus kopi di rajut dan di anyam menjadi tas yang bisa di gunakan ibu ibu kondangan ataupun pergi kepasr
 
Sungguh kreatif bukan?
 
Dengan kreatifitas kita mampu menjaga lingkungang sekaligus berbisnis
 

4. Sedotan Dari Bambu

bisnis ramah lingkungan di indonesia

 Sedotan dari plastik merupakan salah satu biang kerok masalah pencemaran lingkungan karena memang sedotan berbahan plastik ini hanya sekali pakai dan langaung di buang..

Kebayangkan jika seluruh indonesia memakai sedotan plastik setiap hari maka berapa sampah yang di hasilkan?
 
Untuk itu sedotan dari bambu merupakan solusi untuk membantu mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus peluang bisnis ramah lingkungan yang sangat menjanjikan untuk sukses

5. Cincin Dari Batok Kelapa

ide peluang usaha adalah

Jika di tempat sahabat banyak terdapat limbah batok kelapa, maka sahabat bisa menyulapnya menjadi aneka macam perhiasan seperti cincin dan juga bandul kalung..

Seperti yg dilakukan pemuda ini, dengan kreatifitas yg dialakukan batok kelapa menjadi cincin. Cantik yg banyak diminati masyarakat

6. Bisnis Arang

bisnis kreatif anak muda
Masih dari limbah batok kelapa, sahabat juga bisa merubahnya menjadi arang yg bernilai ekonomis, karena arang dari batok kelapa ini ternyata lebih tahan lama di bandingkan dengan arang dari kayu
 
Banyak sudah yg menggeluti bidang bisnis ini dan banyak yg menjadi pengusaha sukses.
 

7. Kerajianan Dari Kerang

macam-macam usaha kreatif

Kulit kerang juga bisa di jadikan kerajinan yg menarik jika kita mau belajar dan mengasah keterampilan kita

 
Seperti contoh gambar di atas, dengan sedikit kreatifitas, bisa menjadi kerajinan yang cantik dan menarik yang tentunya benilai ekonomis.
 

8. Perlatan Rumah Tangga Dari Limbah Kaca

 
Limbah kaca merupakan salah satu limbah yang sulit terurai selain plastik, maka dari itu ini juga bisa menjadi masalah lingkungan.
 
Namun kita bisa merubahnya menjadi peralatan rumah tangga sehingga bisa membantu mengurangi dampak lingkungan dan mendapatkan usaha yang menguntungkan
 

9. Lukisan Dari Kulit Terlur

 Dan bagi sahabat yang hobi melukis sahabat tidak perlu harus melukis dengan tinta melulu karena sahabat bisa menggunakan kulit telur sebagai gantinya.

Dengan bahan kulit telur tentu hasil lukisan kita akan terlihat untik dan menarik dan berbeda dengan yang lainnya.

10. Casing Handphone dari bambu

ide bisnis kreatif di dunia

 Ini bisnis ramah lingkungan yang paling istimewa menurut saya.

Tau kenapa?
 
Karena sesuai trend saat ini yang merupakan zaman mobile..
 
Casing handphone dari bambu ini bisa menjadi bisnis ramah lingkungan potensial karena prospek pasar luas dan semua kalangan.

Salah satu pengusaha yang menggeluti bisnis ini bahkan terbilang cukup sukses dan memiliki omzet yang luar biasa.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here