Beranda Bisnis Pengertian Garmen Adalah ? Berikut Ulasan Lengkapnya ( Beserta Contoh )

Pengertian Garmen Adalah ? Berikut Ulasan Lengkapnya ( Beserta Contoh )

103
0
Jika dilihat dari asal katanya, maka Garmen adalah = pakaian jadi, maka tidak salah jika ada yang mengartikan garmen seperti demikian. Namun sebenarnya garmen adalah tidak hanya sekedar pakaian jadi, melainkan pakaian yang di produksi dalam sekala besar oleh suatu pabrik.


Inilah yang membedakan garmen dengan konfeksi dan juga tailor yang merupakan 2 hal yang juga sama sama memproduksi pakain jadi, namun dalam sekala yang lebih kecil dibandingkan dengan garmen.

Garmen yang cukup dikenal oleh masyarakat sendiri adalah garment bandung, garment semarang dan juga garment surabaya. Karena memang di kota kota tersebut ada banyak sekali pabrik pabrik garment dengan kualitas yang sangat baik.

Sampai disini sahabat mengertikan apa itu garmen?
garmen adalah

Ciri Khas Garmen

Nah biar sahabat lebih mudah untuk memahami, disini saya akan berikan beberapa ciri khas garmen yang sangat mencolok dan membedakannya dari konfeksi dan tailor.

  • Adanya Pemisahan Pekerja Pokok
Nah, salah satu ciri mencolok di dalam pabrik garmen adalah adanya pemisahan disetiap pekerjaan pokoknya, dari menjahit, memotong dan finishing di kerjakan oleh bagian yang berbeda.

Maka jangan heran jika di dalam suatu pabrik garmen sahabat melihat ada ratusan atau bahkan ribuan karyawan lengkap beserta mesin jahit, mesin obras ataupun alat pemotongnya, karena memang biasanya pabrik garemen mengerjakannya dengan sangat detail untuk menjaga kualitas produksi mereka.

  • Fokus Pada Satu Item Produk
Ciri mencolok lain dari garmen adalah, biasanya mereka lebih memilih fokus pada satu item produk saja, karena memang jumlah produksi garmen yang mencapai ribuan sehingga sangat sulit jika harus memproduksi berbagai macam produk.

Hal ini juga di pengaruhi oleh permintaan pasar mereka yang memang skala besar yang berasal dari mall, department store ataupun toko grosir pakaian, dan juga bagian dari branding perusahaan garmen

Perbedaan Garmen Dan Textil

Nah jika diatas sudah saya singgung sedikit tentang perbedaan garmen dengan konfeksi dan juga tailor, maka ada lagi istilah yang uga saling berkaitan dengan garmen sehingga banyak yagn salah mengartikannya yakni textil.

Nah perlu sahabat ketahui perbedaan mencolok dari keduanya adalah, textil terdiri dari 3 rangkain proses yang saling berkaitan yakni :

  • Proses Fiber Making MIll
Yakini proses pembuatan serat serta buatan yang menjadi bahan buku pembuatan benang
  • Proses Spinning Mill
Yakni proses pembuatan benang
  • Proses Pabric Mill
Yakni proses pembuatan kain

Itulah tiga rangkaian proses yang di sebut dengan textil.

Sedangkan garmen sendiri hanya berfokus pada proses pembuatan kain menjadi pakaian saja, maka disini sangat jelas sekali perbedaannya.

Perusahaan Garment Di Indonesia

Untuk melengkapi pembahasan kita tentang garmen, berikut ini saya berikan beberapa contoh Perusahaan garement yang ada di indonesia.

1. PT Pan Brother Tbk (PBRX)

Merupakan salah satu perusahaan garment di idnonesia yang sudah memproduksi brand brand ternama dunia seperti adidas dan uniqlo

2. PT Madani Prodcution

3. PT Dayani Garment Indonesia

4. PT Harindo Tama Mandiri

5. PT Polychem Indonesia Tbk

6. PT Argo Pantes Tbk

7. PT Eratex  DJaya Tbk

8. PT Indo Rama Synthetic Tbk

9. PT Asia Pacifix Fiers Tbk

10. PT Sri Rejeki Isman Tbk

Dan masih banyak lagi perusahaan garment lainnya yang tidak bisa saya sebutkan disini, karena memang perusahaan garmen salah satu penymbang devisa terbesar di negar indonesia, setelah minyak bumi dan gas.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang garmen semoga bisa bermanfaat untuk sahabat yang sedang membutuhkan informasi ini, baca juga artikel saya yang lain = Contoh perusahaan dagang di indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here