Lancar Belajar Coding Dengan 8 Cara Berikut

8 views

Meta deskripsi: Belajar coding menjadi nilai plus dan memberikan peluang menguntungkan. Ayo, belajar coding dengan lancar memakai cara-cara berikut!

Programming atau coding merupakan salah satu kemampuan yang menjadi pembicaraan di masa kini. Banyak sekolah yang khusus mengajarkan coding untuk anak-anak usia 13 tahun atau lebih. 

Tak hanya itu, seminar dan kelas kerap kali dibuka untuk para pekerja yang ingin buat website gratis dengan belajar coding. Belajar coding sangat bermanfaat untuk melatih tingkat ketelitian, mengembangkan daya pikir logis, serta menumbuhkan potensi diri. 

Baca juga: 3+ Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Menambah Portofolio Online

Kemampuan coding bisa menjadi pekerjaan masa depan yang menguntungkan. Bagi yang ingin menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia, coding merupakan cara untuk mengubah ide cemerlang menjadi kenyataan.

Sesungguhnya, Anda dapat belajar coding sendiri di rumah, lo. Belum lagi, kalau beli hosting murah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips berikut agar bisa lancar belajar coding!

1. Memahami konsep dasar coding

Terdapat lima konsep dasar dalam coding yang perlu Anda pahami sebelum belajar bahasa pemrograman, yakni

  • Variabel, merupakan angka, nilai, memory address, maupun character string yang memungkinkan pemrogram untuk menciptakan sebuah program.
  • Struktur kontrol, yaitu serangkaian blok pemrograman yang melakukan analisis variabel serta menentukan arah berikutnya.
  • Struktur data, format khusus yang bekerja menyimpan data dan menganalisis menurut tujuan tertentu.
  • Sintaks, yakni script atau kode yang dimengerti oleh komputer demi mencapai tujuan si pemrogram.
  • Tools, program komputer yang dibutuhkan untuk membuat, memelihara, menunjang, dan menjalankan debug pada program ataupun aplikasi lain.

2.Menentukan bahasa pemrograman

Tujuan coding akan menentukan bahasa pemrograman yang Anda pilih. Maka dari itu, pilih terlebih tujuan coding terlebih dahulu supaya bahasa pemrograman dan sumber pembelajaran yang akan dipakai bisa dipilih.

Sebagai contoh, apabila Anda bermaksud membangun situs web dengan ssl certificate murah, pasti bahasa pemrogramannya akan berbeda dengan perancang gim ponsel. Untungnya, mayoritas bahasa pemrograman mempunyai konsep dasar yang mirip sehingga pemula sekalipun dapat menerapkannya.

3. Mempelajari bahasa coding satu per satu

Pemula sebaiknya fokus mempelajari satu jenis bahasa pemrograman. Cara ini ditujukan supaya Anda tak kebingungan atau mencampuradukkan pelbagai macam sintaks. Cobalah awali dengan belajar bahasa yang simpel, seperti bahasa pemrograman JavaScript, HTML/CSS, atau Phyton.

Baca juga: 3 Tips Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Online

Namun, bagi Anda yang hendak mengembangkan situs web, bisa jadi akan belajar HTML dan CSS secara bersamaan. Alasannya, kedua bahasa pemrograman tersebut memang dipakai berbarengan.

4. Mempelajari dasar-dasar tiap bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman apa pun yang akan dipelajari butuh dimulai dari dasarnya. Contohnya, apabila hendak belajar Phyton, coba awali dengan membaca bagian pengenalan dan tutorial. Uraikan sebuah proyek besar menjadi beberapa langkah yang lebih simpel.

Baca juga: 3 Cara Efektif Agar Website Toko Online Mudah Terindex Google

Bukan masalah jika Anda menghabiskan waktu berhari-hari demi mempelajari satu langkah sebelum mulai belajar hal lain. Sesudah menguasai keseluruhan tutorial, cobalah hapus dan ulangi kembali dari awal.

5. Belajar coding yang diciptakan orang lain

Temukan potongan coding milik orang lain dengan mudah untuk memperkaya wawasan. Pemrograman dan coding merupakan sumber terbuka yang dapat diakses semua orang sehingga Anda dapat mempelajarinya dengan mudah. 

Pelajari coding simpel, lalu amati beberapa aspeknya. Misalnya, keefektifan metode yang digunakan, mencari kesalahan dalam potongan coding, atau mencari tahu cara mengubah kode supaya fungsinya berubah.

6. Mempelajari dan mempraktikkan via sumber online

Tersedia berbagai kelas online yang diperuntukan bagi pembelajaran coding. Pengguna akan diajari mulai dari dasar-dasarnya. Bentuk kelas online pun sangat bervariasi, mulai dari berbasis video tutorial, teks, sampai kelas interaktif. Kelas interaktif dinilai lebih efektif karena menyediakan praktik langsung seputar materi spesifik. Beberapa situs untuk belajar coding gratis, antara lain, Khan Academy, Scratch, Code.org, serta Codecademy.

7. Mencari mentor yang tepat

Beragam komunitas pemrograman dapat diikuti. Anda akan bertemu dengan banyak pemrogram dan pengembang yang bisa diajak sebagai teman diskus atau mentor dalam hal coding

Baca juga: 5 Tips SEO untuk Website Toko Online

Nasihat, pengalaman, kritik dan saran dari mereka bisa menambah pengetahuan serta pengalaman bagi para pemula. Bukan hal yang mustahil apabila Anda akan menjadi mentor setelah benar-benar andal.

8. Memanfaatkan hosting

Anda dapat belajar coding dan bereksperimen dengannya memakai bantuan hosting murah. Bagi pengembang pemula yang ingin menciptakan situs web impian, hosting bisa membantu proses pembelajaran. Mulai dari personalisasi tampilan hingga penambahan widget.

Baca juga: 5 Tips Digital Marketing untuk Pemula

Sekian informasi mengenai cara-cara jitu untuk lancar belajar coding yang wajib Anda cermati. Ternyata belajar coding tidak sesulit yang dipikirkan kebanyakan orang, ya? Hal yang terpenting adalah ketekunan dan ketelitian agar apa yang telah dipelajari bisa dengan mudah dipahami.

Pada dasarnya, tak ada metode pembelajaran coding yang sempurna untuk diterapkan pada semua orang. Kenali terlebih dahulu bahasa pemrograman dari berbagai sumber agar bisa memperoleh metode yang paling nyaman. Selain itu, walaupun membutuhkan waktu dan kesabaran, semuanya akan dibayar oleh kemampuan yang mumpuni.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Selain itu, jangan lupa gunakan hosting murah untuk menunjang proses pembelajaran Anda.

Gravatar Image
Blogger dari kota kecil di kalimantan tengah, Tepatnya di desa sungai kapitan, kumai, pangakalan bun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *