Beranda Bisnis Apa Itu Manufaktur ( Dilihat Dari Segi Bahasa Dan Industri )

Apa Itu Manufaktur ( Dilihat Dari Segi Bahasa Dan Industri )

58
0
Dari segi bahasa manufaktur ( ejaan bahasa indonesia ) atau manufacture ( ejaan bahasa inggris) merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yakni ( Manus = Tangan ) dan ( faktus= Membuat )


Dengan kata lain, jika dilihat dari segi bahasa ini maka manufaktur adalah sesuatu yang di buat dengan tangan, seperti kerajinan tangan dan lukisan dan lain sebagainya.


Tidak ada yang salah dengan ini, karena memang pada abad abad lalu, manufaktur memang lebih diartikan kepada ( made by hand ) sebelum teknologi permesinan berkembang pesat.

manufaktur adalah



Namun saat ini, nampaknya pengertian manufaktur lebih diarahkan kepada sesuatu yang di buat dengan bantuan permesinan dan komputer.

Pengertian Manufaktur Dilihat Dari Segi Industri



Dalam bidang indusri Manufaktur Adalah suatu bidang industri yang mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai ekonmis yang lebih tinggi.


Dalam hal ini biasanya proses perubahan barang mentah menjadi barang jadi di bantu oleh alat alat permesinan dan komputer serta penambahan bahas fisik maupun kimia sehingga bisa dilakukan dalam skala besar.


Oleh sebab itulah industri manufaktur biasanya digeluti oleh perusahaan perusahaan besar serta berbadan hukum tetap.

Proses Manufaktur

Yang perlu jadi catatan disini proses manufaktur sendiri pasti selalu membutuhkan penambahan produk fisik maupun kimiawi adalam prosesnya agar bisa menghasilkan produk yang lebih bernilai.


Contohnya dalam merubah kayu menjadi sofa ataupun tempat tidur, Maka untuk menghasilkan produk yang lebih bernilai tentu dibutuhkan penambahan bahan fisik seperti baut, mur, busa, serta cat, dalam prosesnya.


Begitu juga dalam industri tekstil misalnya, maka tentu diperlukan penambahan bahan baku fisik berupa pewarna kimia agar bisa menghasilkan kain serta pakian yang berkualitas.


Jadi dalam proses manufaktur tidak bisa dilakukan tanpa adanya penambahan produk fisik maupun kimia.

Baca juga : Contoh perusahaan jasa

Industri Manufaktur Di Indonesia

Untuk idustri manufaktur di indonesia sendiri pertumbuhannya cukup baik dan menjadi salah kekuatan ekonomi indonesia untuk bersaing dengan negara negara lain.
 
Hal ini diungkapkan oleh pihak kementrian Perindustrian Indonesia melalui websitenya, yang menyatakan bahwa industri manufaktur indonesia sudah bangkit sejak tahun 2015 lalu, yang mana banyak pemain lokal seperti indofood, gauda foods. wings, mayora, dua kelinci dan teh sosro yang sudah mendunia.
 
Pihak kementrian perindustrian juga mengatakan jika industri manufaktur ini juga bisa menjadi penopang indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi terbesar di asia nantinya dan mampu bersaing dengan negara negara seperti china dan india.
 
Kebangkitan industri manufaktur ini hampir terjadi di semua bidang seperti industri otomotif dan elektronik yang mengalami pertumbuhan hingga 20 %, industri kay, paper, barang cetakan juga terus mengalami pertumbuha positif karena di dukung oleh perumbuhan indsuri makanan dan minuman, tekstil, farmasi dan packaging dll.


Demikianlah pembahasan tentang apa itu manufaktur, jika sahabat suka dengan artikel ini jangan lupa untuk membagikan artikel ini di medsos sahabat.



Artikel Terkait : Contoh perusahaan manufaktur di indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here