Mari Menciptakan Lapangan Pekerjaan Sendiri

183 views

Menciptakan lapangan pekerjaan sendiri memang bukanlah perkara yang mudah bagi kita para pemula. Namun juga bukan suatu hal yang mustahil untuk kita lakukan, karena buktinya saat ini banyak yang berhasil menciptakankan lapangan pekerjaan sendiri di usia muda.

Apalagi buat kita yang hanya lulusan SMA, saya pikir menciptakan lapangan pekerjaan sendiri itu jauh lebih baik dibandingkan harus mencari kerja kesana kemari dengan gaji yang tidak seberapa ( itupun jika diterima).

Karena saat ini lapangan pekerjaan di indonesia setiap tahunya terus berkurang, yang menyebabkan penyerapan tenaga kerja semakin berkurang. Jangankan yang lulusan SMA, bahkan mereka yang sarjanapun kita banyak yang menjadi pengangguran.

Sesuai dengan data dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) yang menyebutkan, perkembangan penyerapan tenaga kerja dari investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMD melambat. Dalam empat tahun terakhir, terjadi penurunan di tiap kuartal II.

Ini Suatu sinyal buat kita para pemuda pemudi indonesia, untuk saatnya bangkit dan mengubah maindste kita untuk menjadi wirausawan dan membuka lapangan pekerjaan mandiri.

Apalagi di era internet marketing seperti sekarang, sangat banyak peluang bisnis baru yang bisa kita pelajari untuk dapat menyiasati kurangnya lapangan pekerjaan. seperti yang sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya tentang kisah pengusaha sukses yang berhasil membuka lapangan kerja sendiri dan banyak diantarnya para anak muda generasi mlineal

Cara Menciptakan Lapangan Pekerjaan Sendiri

Nah bagaimana cara menciptakan lapangan pekerjaan sendiri bahkan dari usaia muda? berikut ini hal hal yang harus kita lakukan.

1. Berani Memulai & Tidak Takut Gagal

Lapangan Pekerjaan

Kedengarannya sepele, tapi ini sangat penting.

Karena Banyak orang-orang di luar sana yang tidak berhasil membuka peluang wirausaha, karena sebelum memulainya sudah dihantui perasaan takut akan kegagalan dan takut akan resiko yang akan di hadapi nanti.

Akibatnya, Usahapun tidak pernah terlaksana.

Jadi sangat penting untuk anda untuk membuang jauh-jauh rasa takut gagal dan segera memulai langkah awal untuk membangun usaha yang Anda inginkan.

Masalah berhasil atau tidak itu urusan belakangan, yang terpenting kita berani untuk memulainya lebih dahulu, sehingga dari situ kita dapat belajar, apa yang kurang dan apa yang harus kita perbaiki agar usaha kita bisa maju dan bekembang

2. Mulai Dari Yang Paling Mudah 

Menciptakan lapangan pekerjaan

Banyak diantara kita yang terlalu befikir muluk muluk ketika hendak memulai usaha. Harus punya banyak modal lah, harus punya pengalaman lah.

Padahal sebenarnya kita bisa memulai mencitpkan pekerjaan dengan memulai bisnis yang mudah untuk di kerjaan lebih dahulu.

Contohnya seperti :

  • Jualan pulsa elektrik
  • Membuka Loket pembayaran listik
  • Jasa Pencucian Sepeda Motor
  • Jualan Aneka Gorengan
  • Jualan Sayur Dipasar
  • Usaha Sarapan Pagi

Dan masih banyak lagi usaha usaha lain yang bisa kita mulai dengan mudah. Tinggal kita mau atau tidak untuk memulainya.

3. Buka Lapangan Pekerjaan Dari Hobi

Jika anda masih bingung, cobalah untuk membuka lapangan pekerjaan dari hobi anda, karena Ada banyak sekali lapangan kerja yang bisa kita mulai dari hobi yang anda miliki.

Jika anda hobi bermain musik, Maka anda bisa mencoba untuk berjulan alat lat musik, ataupun menjadi content cretor music di youtuber atau bisa juga membuka toko alat alat musik.

Jika anda hobi fotography maka anda bisa mencoba menjual hasil photo anda di situs microstock photo ataupun menjual jasa phtograpy pada saat wedding dll.

Jika anda hobi memancing, maka anda bisa membuka usaha kolam pemancingan ataupun menjual alat alat pancing.

4. Pilih Bisnis Dengan Modal Kecil

bisnis modal kecil

Jika kendala utama anda dalam memulai usaha adalah keterbatasan modal, maka pilihlah bisnis atau usaha dengan modal kecil namun memiliki potensi yang besar untuk bisa berkembang.  

Saya pribadi sangat merekomendasikan bisnis dengan memanfaatkan internet, karena modal relatif kecil namun memiliki potensi penjualan yang besar kalau kita dengan sungguh-sungguh mengembangkannya juga.

  Apalagi di internet juga terdapat model bisnis yang bisa kita jalankan hanya dengan modal koneksi internet saja, seperti menjadi dropshipper ataupun mengikuti program affiliasi.  

Tapi bukan berarti bisnis di internet itu mudah lho !! semua tetap memerlukan proses dan kesungguhan dalam menggelutinya

5. Buat Perencanaan Usaha Yang Matang

buat perencanaan usaha yang matang

Setelah kita memutuskan untuk terjun di salah satu bidang usaha, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat perencanaan usaha yang matang.  

hal ini berguna agar kita lebih mudah dan terarah dalam mengembangkan bisnis kita kelak . 

Butalah perencanaan usaha sederhana lebih dahulu seperti :

  • Dari mana kita akan mendapatkan modal usaha  
  • Target pemasaran produk kita  
  • Sarana promosi yang akan kita gunakan
  • Startegi pemasaran yang akan kita gunakan  

Semakin lengkap dan matang perencanaan yang kita lakukan maka akan semakin bagus dan kemungkinan berhasil akan semakin besar  

6. Banyak Bertanya Dengan Mereka Yang Bergelut Di Bidang Yang Sama


Dalam setiap wirausaha, pasti ada seseorang yang lebih dahulu sukses mengembangkan usaha di bidang tersebut

Nah, tentu mereka sudah mendapat banyak asam garam dalam mengembangkan usahanya tersebut,

Maka akan sangat tepat jika kita bertanya dan menggali ilmu terhadap mereka, bagaimana cara mereka mengembangkan usaha tersebut hingga berhasil sampai sekarang

Ini sangat berguna buat kita para pemula, buat bekal kita dalam membangun dan mengembangkan usaha yang sedang kita bangung agar kita tidak salah arah dalam membawa usaha tersebut

7. Mempelajari Macam Macam Sumber Peluang Usaha

Ada banyak sekali sumber peluang usaha yang harus anda pelajari dan ketahui baik itu yang berasal dari internal dan external diri kita sendiri, ataupun peluang usaha yang berasal dari lingkungan juga harus kita analisa dengan jeli agar bisa mendapatkan suatu peluang usaha baru yang potensial.

8. Lakukkan Evaluasi

Setelah kita melakukan usaha, maka saatnya melakukan evaluasi atas setiap usaha yang telah kita lakukan, cari tahu kelebihan dan kekurangan yang selama ini kita lakukan, kemudian kita perbaiki perlahan-lahan agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi

Beberapa hal yang harus kita evaluasi seperi :

  • hasil dari usaha, perkembangannya, hal-hal yang telah kita lakukan untuk usaha tersebut, dan potensi kedepannya
  • Jika usaha tersebut dapat memberikan hasil yang signifikan maka lanjutkan dan kembangkan lebih baik lagi
  • Jika tidak, cari tahu apa penyebab kegagalan tersebut dan coba perbaiki lebih dulu
  • Jika masih stagnan, maka  ini saatnya kita mencari peluang usaha yang lebih baik lagi

9. Nikmati Prosesnya

enjoy

  Kita harus sadar, tidak ada sesuatu yang mudah di dunia ini, apalagi untuk merintis usaha sendiri dan menjadi orang yang sukses, tentulah di butuhkan waktu, proses, ketekunan, kesabaran dalam menjalankannya.

  Karena dari proses itulah kita sedikit demi sedikit dapat belajar secara langsung  dari alam apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak   Barulah setelah itu kita bisa meraih kesuksesan dalah berwirausaha

Jangan terburu buru menginginkan hasil yang besar sehingga membat kita cepat putus asa dalam berusaha untuk membuka lapangan kerja.

Artikel terkait : Cara Jualan Online

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *