Beranda Media Sosial Email Pengertian E-Mail Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pengertian E-Mail Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

70
0
pengertian e-mail bagi kita seorang internet markerter tentu sudah tidak asing lagi, karena hampir setiap hari kita bergelut dengan alamat email, email dan email.

Namun, bagi sahabat pelajar, ataupun mungkin yang masih jarang bersentuhan dengan internet, tentu akan sedikit bingung tentang Apa itu email ataupun pengertian email ini, yang mungkin tidak sengaja banyak sahabat temukan kata ini di media sosial ataupun kebetulan mendapatkan pertanya tentang arti alamat email ini.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit menjelaskan kepada sahabat tentang pengertian email, agar sahabat bisa mengerti dan tidak bertanya tanya kesana kemari tentang arti email ataupun pengetian e-mail ini.

So !! simak baik baik artikel ini sampai habis ya !

1. Pengertian E-mail Adalah ?

a. Pengertian e-mail menurut bahasa

Perlu sahabat ketahui kata email tersebut merupakan singkatan dari electronic mail yang merupakan bahasa inggris yang jika di artikan kedalam bahasa indonesia.

Electronic = elektronik
Mail = pesan

Jadi arti dari email adalah = Pesan Elektronik, karena memang penggunaan email sendiri haruslah menggunakan alat elektronik seperti laptop, komputer ataupun smart phone yang terhubung ke jaringan internet.

b. Pengertian email menurut para ahli

Menurut Erima dan Yosep
 
Arti email adalah salah satu fasilitas yang begitu populer di internet yang paling awal di kembangkan di internet yang mana dengan email ini setiap orang bisa menyusun, mengirmkan, membaca dan membalas pesan elektronik dengan mudah, cepat, aman dan praktis.
 
Menurut Ali Zaki
 
Email adalah Surat elektronik ( Surel ) yang memungkinkan semua orang bisa saling berkirim pesan melalui internet.
 
Menurut Indra Kertajasa
 
Email adalah sebuah pasailitas untuk melakukan kegiatan surat menyuran melalui jaringan internet.
 
Maka dari sini tentu sudah sangat jelas bahwa pengertian e-mail adalah merupakan elektronik mail atau pesan elektronik yang di sampaikan melalui jaringan internet.
 

2. Jenis Jenis Email

Nah, setelah sahabat mengetahui tentang definisi email, maka tentu tidak ada salahnya untuk kita mengetahui jenis jenis dari email ini, agar semakin lengkap pengetahuan sahabat tentang email.
 
Berikut jenis jenis dari email tersebut :
 
a. Web Mail
 
Merupakan suatu email yang berbasis website, dimana jika kita ingin mengakses dan menggunakan email tersebut maka harus melalui website penyedia email tersebut melalui sebuah browser seperti fire fox ataupun google crome tentunya.
 
Contoh dari web mail yang populer seperti google mail ataupun yaho mail yang merupakan salah satu penyedia email secara gratis.Artikel terkait : Cara buat email dari hp

 
b. Pop Mail
 
Merupakan pasilitas yang memuangkinkan kita untuk membaca email meskipun dalam keadaan tidak terhubung dengan internet, karena email yang masuk pada server komputer dapat di tampung di komputer local melalui Internet server provider (ISP ) yg jadi langganan kita
 
Contohnya seperti Microsoft outlouk express dan Eudora mail
 
c. Forward Mail
 
Merupakan fasilitas email yang bisa meneruskan pesan email dari email yang satu ke yang lainnya, yang biasanya di gunakan oleh mereka yang sering bergonta ganti emailNah sekarang sudah pada tahu kan pengertian email itu apa?

Cara Kerja Email ?

Nah untuk cara kerja email ini sendiri kalau di lihat dari penggunaannya sangatlah simple, karena kita hanya perlu mengakses email yang kita gunakan menggunakan alamat email dan password yang sudah kita punya
 
Maka kemudian kita bisa mengirim pesan ataupun file dengan sangat cepat ke alamat email lain yang kita tuju.
 
Lengkapnya bisa sahabat lihat pada gambar di bawah ini :
 
pengertian email
 
Dalam prosesnya terlihat bagan yang cukup panjang memang, namun pada kenyataannya semua itu bisa berlangsung sangat cepat bahkan hanya dalam hitungan detik saja email kita sudah bisa terkirim.
 

Manfaat Email Bagi Manusia

Nah, biar lebih jelas pemahaman sahabat tentang apa itu e-mail berikut saya jelaskan juga beberpa manfaa email bagi kehidupan manusia.
 
1. Bisa mengerim surat, foto, file dengan cepat dan aman
 
Itulah mengapa saat ini email sudah menjadi kebutuhan pokok manusia mnodern, terutama mereka yang bekerja di kantoran, karena email sudah menjadi bagian penunjang pekerjaan dan penghubung antara kantor yang satu dengan yang lainnya dan mempermudah komunikasi dan pengiriman file jarak jauh.
 
2. Salah satu sarat wajib untuk mendaftar akun media sosial dan internet banking
 
Nah saat ini tentu hampir semua manusia di dunia menggunakan media sosial sebagai sarana informasi ataupun silaturahmi melalui internet.
 
Dan salah satu sarat untuk membuat akun media sosial tersebut maka kita harus memiliki alamat email agar kita bisa mengakses media sosial tersebut.
 
Begitu juga dalam hal penggunaa internet banking, m banking dan transaksi keuangan lainnya, maka pasi kita wajib memiliki email agar bisa menggunkan itu semua.
 
3. Sebagai personal branding
 
Email juga bisa kita gunakan sebagai pesonal branding maupun identitas diri dan bisnis kita, karena umumnya saat ini email merupakan salah satu media populer untuk penawaran bisnis dan kerja sama.
 
4. Sebagai Sarana Marketing
 
Bagi para interent markerter, email juga berguna sebagai sarana marketing ataupun pemasaran produk produk mereka, karena biasanya pengguna yang di targetkan lebih tertarik jika di promosikan melalui email.
 

Demikianlah sedikit penjelasan tentang pengertian e-mail secara lengkap, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Artikel terkait : Contoh alamat email yang profesional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here