Beranda Bisnis Pemasaran Pengertian Iklan Slogan Dan Poster Menurut Para Ahli Beserta Jenis Dan Tujuan...

Pengertian Iklan Slogan Dan Poster Menurut Para Ahli Beserta Jenis Dan Tujuan Iklan

71
0

Apa itu iklan? Sekilas tentu kita tidak asing dengan pengertian iklan ini, karena hampir setiap hari baik itu di media online dan offline kita selalu di sodorkan iklan baik kita sadari atau tidak.

Hanya saja, kalau kita di suruh mejabarkan dan menuliskan pengertian iklan, terkadang kita tidak bisa menjabarkannya secara jelas dan menggunakan kata yang tidak tepat, meskipun arti iklan yang di maksud sebenarnya adalah sama.
 
Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang :
  • Pengertian iklan
  • Apa fungsi iklan
  • apa persamaan iklan slogan dan poster
  • apakah iklan itu berstruktur dengan lengkap
  • apa tujuan iklan
  • apa perbedaan iklan slogan dan poster

Sehingga nantinya sahabat bisa menjabarkan secara jelas tentang definisi iklan baik secara tertulis ataupun penjabaran.

pengertian iklan

Jadi pengertian iklan adalah?

Suatu bentuk informasi yang di sampaikan oleh persorangan, ataupun lembaga baik secara langsung ataupun menggunakan jasa orang lain melalui media media online dan offline seperti televisi, radio, poster dan media sosial seperti facebook. instagram maupun youtube.

Dengan harapan informasi yang di sampaikan tersebut dapat di terima oleh masyarakat luas sehingga dapat mengenal dan melakukan pembelian jika iklan tersebut berupa iklan produk ataupun jasa.


Namun jika iklan tersebut merupkan iklan pendidikan dan iklan layanan masyarakat, maka tentunya tujuan dari iklan tersebut adalah agar masyarakat lebih sadar akan pendidikan dan segala yang berhubungan dengan layanan masyarakat terkait.


Misalnya iklan pendidikan tentang pentingnya mengajarkan anak untuk menggosok gigi sebelum tidur, atau iklan layanan masyarakat tentang menjauhi narkoba, tentu iklan tersebut tidak bersifat komersil.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

1. Menurut Kriyantono


Iklan adalah bentuk komunikasi non personal yang menjual pesan pesan secara persuasif dari sponsor agar bisa mempengaruhi orang untuk membeli produk dan membayar biaya kepada media yang digunakan.


2. Menurut Suhandang


Arti iklan adalah suatu jenis komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk meyiarkan informasi tentang barang dan jasa dari se pemasang iklan.


3. Menurut Wright


Definisi iklan adalah suatu proses komunikasi yang memiliki andil yang sangat besar dalam proses pemasaran untuk membantu dalam menjual barang ataupun memberikan layanan dan gagasan melalu salurang tertentu . 


Sampai Saat ini sahabat sudah mengertikan apa itu iklan?

Jenis Jenis Iklan

Nah, untuk jenis jenis iklan ini bisa kita bedakan dari beberapa hal.
 
1. Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Media Yang Di Gunakan
 
a. Iklan Media Cetak
 
Dala hal ini iklan di sampaikan dalam bentuk media cetak seperti korang, majalan, poster, spanduk.
 
b. Iklan Media Elektronik
 
Merupakan semua iklan yang memanfaatkan media elekronik dalam hal penyampain pesannya. Contoh nyatanya bisa kita lihat di televisi, radio, film dan di internet seperti melalui search engine seperti google, yaho, bing dan juga melalui media sosial populer seperti instagram, facebook dan youtube.
 
2. Jenis Iklan Berdasarkan tujuannya
 
Nah, jenis iklan juga bisa kita bedakan dari tujuannya yakni :
 
A. Iklan Komersil
 
Yang ini iklan yang bertujuan untuk bisa mempengaruhi seseorang untuk bisa meningkatkat terjadi konversi penjualan suatu barang atau jasa.
 
Iklan seperti ini bisaya merupakan iklan yang berasal dari suatu bisnis yang ingin memperkenalkan produk buatan mereka agar semakin di kenal sehingga penjualan juga semakin meningkat.
 
B. Iklan Non komersil
 
Merupakan suatu iklan yang fokus tujuannya bukan untuk komersil melainkan berujuan untuk memberikan edukasi, ajakan, ataupun hanya sebatas informasi saja kepada masyarakat
 
Dengan harapan masyarakat bisa lebih sadar dan lebih mengerti akan hal hal yang disampaikan tersebut. Misalnya seperti iklan bahaya rokok, narkoba, iklan keluarga berencana, iklan tidak membuang sampah sembarangan dll.

Tujuan Iklan

Berdasarkan dari arti iklan dan jenis jenis iklan itu sendiri, maka sangat jelas bahwa tujuan iklan adalah untuk mempengaruhi seseorang ataupun masyarakat agar mau membeli ataupun melakukan apa yang di sampaikan melalui iklan tersebut.
 
Itulah mengapa kebanyakan dari iklan ini banyak menggunakan publik fiugure dalam penyampain iklannya, agar lebih mudah di terima oleh masyarakat.

Pengertian Slogan

Nah, untuk pengertian slogan sendiri adalah suatu motto ataupun kata kata singkat yang padat dan menarik namun mengandung pesan yang mendalam, agar mudah di ingat oleh masyarakat dan bisa dilakukan baik secara langsung ataupun tidak langsung.
 
Contohnya seperti
 
Slogan Kesehatan :
 
  • Katakan tidak pada narkoba
  • Lebih baik mencegah daripada mengobati
  • Utamakan keselamatan dan kesehatan kerja
  • Kesehatan adalah harta yang paling berharga
Solgan Pendidikan :
 
  • Tut Wuri Handayani
  • Membaca Adalah Jembatan ilmu
  • Generasi hebat adalah generasi yang berpendidikan
Slogan Bisnis :
 
  • Energen : Minum Makan Bergizi
  • Silverqueen : Santai Belum Lengkap Tanpa Silverqueen
  • MIe Sedap : Jelas Terasa Sedapnya
  • Kopu Good Day : Karena Hidup Banyak Rasa
Dari contoh conth di atas maka sangat jelas, bahwa slogan juga memiliki peranan penting dalam dunia periklanan, karena bisa menjadi pesan moral ataupun image dari suatu produk.

Pengertian Poster 

Sedangkan unttuk pengertian poster adalah merupakan iklan ataupun pesan yang di sampaikan dalam bentuk gambar ataupun spanduk baik itu untuk keperluan iklan pendidikan, niaga, iklan masyarakat ataupun di gunakan untuk iklan kampanye yang banyak dilakukan oleh para calog legeslatif.
 
Demikianlah sedikit tentang pengertian iklan, slogan, dan poster semoga bisa memberikan manfaat bagi sahabat semua, jangan lupa juga untuk share artikel ini ke media sosial sahabat dan subscribe cahnnel youtube kami disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here