Memahami Perusahaan Jasa( Pengertian, Ciri Ciri, Contoh, Laporan Keuangan, Dll)

699 views

Memahami perusahaan jasa secara keseluruhan sangatlah penting bagi anda yang suatu saat ingin terjun menjadi seorang pengusaha dibidang jasa ataupun membuka perusahaan jasa anda sendiri.

Karena walau bagaimanapun pemahaman materi juga sangat dibutuhkan sebelum anda terjun langsung ke bidang bisnis yang anda suka.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas secara lengkap tentang perusahaan jasa secara keseluruh meliputi, pengertian perusahaan jasa, ciri ciri perusahaan jasa, contoh perusahaan jasa, laporaan keuangan dll, dengan harapan bisa menjadi rujukan bagi anda yang membutuhkan pembahasan mengenai hal ini.

Mari langsung saja kita mulai pembahasannya :

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan Jasa adalah

Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang kegiatan utamanya menawarkan / menyediakan jasa kepada custumer yang mebutuhkan produk fisik maupun non fisik dengan tujuan memperoleh laba dari setiap yang dikerjakannya.

Dengan kata lain perusahaan jasa adalah suatu aktivitas ekonomi yang melibatkan beberapa interaksi dengan custumer tanpa adanya transfer kepemilikan, karena yang mereka jual hanyalah berupa “jasa” dan bukanlah suatu barang yang bisa dipindah tangankan.

Seperti yang diungkapkan oleh beberapa ahli berikut ini :

1.Adrian Payne

Mengatakan bahwa perusahaan jasa adalah suatu aktivitas ekonomi yang mempunyai nilai yang berkaitan dengan sejumlah interaksi dengan konsumen ataupun barang barang tanpa menghasilkan transfer kepemilikan.

2.Cristian Gronross

Mengungkapkan bahwa perusahaan jasa adalah perusahaan yang terdiri dari serangkaian aktifitas yang terjadi antara pelanggan dan penyedia jasa yang sudah menyediakan solusi atas masalah pelanggan mereka.

Contoh Perusahaan Jasa

Contohnya Seperti Perusahaan dibidang perhotelan, yang menyediakan tempat untuk menginap tanpa menjual tempat tersebut kepada custumer mereka. ataupun perusahaan jasa transportasi yang hanya menyediakan mobil untuk antar jemptu tanpa menjual mobil mereka.

Contoh lainnya seperti perusahaan dibidang travel yang menyediakan jasa pergi ke tempat tempat wisata pilihan lengkap dengan fasilitas seperti tour guide, kebutuhan sehari hari, transportasi dll.

Karakteristik perusahaan jasa

Karakteristik perusahaan jasa

Perusahaan jasa sendiri memiliki karakteristik yang sangat unik dibandingkan dengan perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur, diantar yang mebedakannya adalah :

1.Bersifat abatrak

Karakteristik dari perusahaan jasa adalah produk yang di tawarkan tersebut bersifat abstrak alias tidak dapat dilihat, dirasakan layaknya barang fisik.

2.Kualitas sangat bervariasi

Karena jasa merupakan suatu unjuk kerja kualitasnyapun sangat bervariasi dan tidak ada standart yang baku meskipun dikerjakan oleh perusahaan yang sama

3.Tidak Tahan Lama

Produk dari perusahaan jasa bersipat tidak tahan lama, karena tidak bisa di simpan untuk di jadikan persediaan , tidak bisa di jual kembali maupun dikembalikan ke pihak produsen

4.Tidak dapat dipisahkan

Produk jasa umumnya di produksi dan di konsumsi pada saat yang bersamaan dengan melibatkan interaksi pengunjung di dalamnya

Ciri Ciri Perusahaan Jasa

ciri ciri perusahaan jasa

Setelah anda memahami karakteristik dari perusahaan jasa maka tentu sedikit banyak anda sudah mengerti ciri ciri perusahaan jasa yang antara lain adalah :

1.Bisa Memerlukan Produk Fisik Ataupun Tidak Dalam Memproduksi Jasanya

Ciri yang paling menonjol di dalam perusahaan jasa adalah tidak memerlukan produk fisik di dalam usaha yang mereka jalankan, karena mereka hanya menjual jasa.

Namun demikian banyak juga perusahaan jasa yang memerlukan produk fisik sebagai penunjang usaha mereka, misalnya seperti perusahaan yang bergerak dibidang jasa transfortasi, mereka memerlukan produk berupa mobil agar bisa menjalankan usaha tersebut.

2.Harga Jual Produk Tidak Dapat Digeneralisasi

Karena harga jasa yang mereka tawarkan sangat bergantung terhadap kebutuhan konsumen, maka harga jual yang mereka tawarkan tidak bisa digeneralisasi. Namun biasanya pihak perusahaan sudah membuatkan rincian harga dengan paket paket penawaran yang bervariasi.

3.Tidak Memiliki Stok Barang

Perusahaan jasa juga memiliki ciri ciri tidak memiliki stok barang layaknya perusahaan lainnya yang biasanya memajang produk produk mereka di showroom ataupun toko.

Untuk itulah banyak perusahan jasa yang bergantung kepada testiomi para konsumen yang pernah menggunakan jasa mereka untuk meyakinkan para konsumen baru dalam memasarkan jasa mereka.

4.Jasa Yang Diberikan Kepada Konsumen Tidak Bisa Sama Persis

Meskipun banyak perusahaan jasa yang mempunya standar layanan jasa yang mereka berikan, namun konsumen bisa saja mendapatkan hasil yang tidak sama persis dari jasa yang perusahaan berikan karena berkaitan dengan tingakatan skill tenaga kerja yang berbeda, kondisi serta peralatan pendukung yang mungkin saja keadaanya berbeda.

Contoh Nama Perusahaan Jasa

contoh nama perusahaan jasa

Apakah anda sedang mencari contoh nama perusahaan jasa yang unik dan bagus untuk keperluan perusahaan jasa anda?

Anda menemukan artikel yang tepat, karena disini saya akan memberikan beberapa contoh nama perusahaan jasa yang ada di indonesia, meliputi jasa cleaning service, nama perusahaan jasa kontruksi, nama perusahaan jasa keuangan, dan pengiriman barang.

Semoga dengan melihat contoh nama perusahaan jasa yang ada di indonesia ini, anda bisa mendapatkan inspirasi untuk kepentingan perusahaan anda.

Selain itu, saya akan coba memberikan beberapa contoh nama perusahaan jasa yang belum pernah di pakai, yang semoga bisa anda gunakan nantinya.

Jadi !! mari kita mulai saja pembahasannya :

Contoh Nama Perusahaan Jasa Di Indonesia

Seperti kata pepatah, untuk mendapatkan sesuatu yang unik dan menarik itu tidak harus berasal dari sesuatu yang baru dan fresh, melainkan bisa kita dapatkan dari sesuatu yang sudah ada yang selanjutnya bisa kita sempurnakan.

Seperti halnya facebook, yang ide awalnya sebenarnya merupakan penyempurnaan dari my space.

So!! saya rasa dalam hal pemilihan nama juga tentu tidak ada salahnya untuk kita mengambil inspirasi dari beberapa perusahaan jasa yang ada di indonesia berikut ini.

Contoh Nama Perusahaan Jasa Bidang Kontruksi

1. Adhi Karya ( Persero ) Tbk
2. Nusa Kontruksi Enjiniring Tbk
3. Indika Energy Tbk
4.PT acset Indonusa Tbk
5. Darma Henwa Tbk
6. Wijaya Karya Tbk
7. Total Bangun Persada Tbk

Contoh Nama Perusahaan Jasa Bidang Property

1. Agung Podomoro Land Tbk
2. Bumi Citra Permai Tbk
3. Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk
4. Duta Anggada Realty Tbk
5. Duta Pertiwi Tbk

Contoh Nama Perusahaan Jasa Bidang Asuransi Dan Keuangan

1. PT. Asuransi Jiwasraya

2. PT. Asuransi Ekspor Indonesia

3. PT. Asuransi Jasa Rahardja

4. PT. Danareksa

5. PT. PANN Multi Finance

6. PT. Adira Dinamika Multi Finance ( Adira Finance )

7. PT Federal International Finance ( FIF group )

Contoh Nama Perusahaan Jasa Di Bidang Cleaning Service

1. PT. Pro Clean Gemilang Sejahtera

2. PT. Duta Indah Lestari

3. PT. Reborn Cleaning System

4. PT. Sentra Suport Service

5. PT. Mitra Tata Kerja

Tips Dalam Membuat Nama Perusahaan Jasa

Dar nama nama perusahaan jasa di atas saya yakin tentu sahabat akan mendapatkan sedikit gambaran tentang nama apa yang akan sahabat gunakan.

Namun jika sahabat masih bingung dalam membuat nama perusahaan jasa yang cocok, berikut ada beberapa tips dari saya.

1. Simple Dan Mudah Di Ingat

Walaupun mungkin banyak yang mengatakan apalah arti sebuah nama, namun kenyataanya nama yang simple dan mudah di ingat sangat memberikan dampak yang positrf terhadap perekmbangan perusahaan sahabat nantinya.

Karena para pelanggan dengan mudahnya bisa mengingat nama perusahaan kita dan bukan tidk mungkin merekomendasikannya kepada orang lain.

2. Mengandung Nama Bidang Yang KIta Tekuni

Hal ini dimaksudkan agar para pelanggan bisa dengan mudah mengerti bahwa perusahaan sahabat bergerak di dalam bidang yang mereka perlukan hanya dengan membaca nama perusahaa saja.

Seperti Adira Finance misalnya, dengan membaca namanya saja tentu kita sudah tahu, bahwa perusahaan tersebut bergerak dibidang jasa keuangan. 

3. Memiliki Filosofi

Walaupun ini tidak banyak yang menggunakannya, namun saya fikir dengan nama perusahaan yang memiliki filosofi yang baik, bisa menjadi doa dan harapan kita bahwa perusahaan tersebut akan sesuai dengna nama yang kita buat kelak.

Demikianlah beberapa contoh nama perusahaan jasa yang ada diindonesia, semoga bermanfaat untuk sahabat semua

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *