Beranda Bisnis Bisnis Online Arti PPOB Adalah ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Arti PPOB Adalah ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

115
0
PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Banking, yang merupakan sistem pembayaran online yang berbasis internet dan perbankan, yang memungkinkan personal ataupun perusahaan untuk bisa membayar tagihan ataupun cicilan seperti listrik, pdam, pulsa, kredit sepeda motor dll secara mandiri.


Kalau sahabat pernah membaca artikel saya sebelumya tentang rekomendasi bisnis pembayaran online terbaik, maka saya yakin sahabat akan mengerti tentang arti ppob ini.


Karena PPOB adalah merupakan suatu sistem yang memungkinkan juga seseorang untuk memiliki bisnis loket pembayaran online dari rumah dengan modal yang sangat minim sekalipun, mengingat sekarang sudah sangat banyak sekali bisnis ppob yang bisa kita coba untuk memulai usaha.


Contohnya  seperti paytren, ataupun fastpay dan banyak lagi yang lainnya.


Jadi kesimpulannya PPOB adalah : susatu sistem pembayaran yang memanfaatkan online banking dalam transaksi pembayarannya, sehingga mempermudah seseorang dalam melakukan setiap pembayaran tagihan pokok bulanan.

Kelebihan System PPOB Adalah?

ppob adalah

Nah, setiap system pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali dengan system ppob ini. 

Dan untuk itu system ppob ini memiliki kelebihan :

1. Mempermudah setiap pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran, karena bisa dilakukan melalui ponsel yang berbasis android.

dalan hal ini, tentunya seseorang haruslah lebih dahulu terdaftar di salah satu bank, ataupun perusahaan yang berbasis ppob, selanjutnya melakukan instalasi mobile banking ataupun aplikasi sejenis, untuk bisa melakukan pembayaran dimanpun dan kapanpun.

2. Tidak Perlu Antri

Dibandingkan melakukan pembayaran dengan sistem manual melalui loket, ataupun teller bank, maka pembayaran dengan system ppob sangat efesien karena tidak perlu antri dan pergi keloket ataupun ke bank hanya untuk membayar tagihan seperti listrik, pulsa, bpjs dll

3. Hemat Biaya

Dalam hal ini sytem ppob juga membuat kita lebih hemat biaya karena, bisa melakukan semua transaksi dari genggaman.

Kekurangan Sytem PPOB Adalah

Namun system ppob juga memliki kekurangan antara lain seperti harus melakukan deposit ataupun memiliki saldo di tabungan kita lebih dahulu sebelum akhirnya kita melakukan tansaski dari rumah.

Khusus ppob dari bank, maka sahabat haruss lebih dahulu mengaktifkan sms banking ataupun mobile banking rekening sahabat sebelum akhirnya bisa melakukan transaksi.

Kekurangan lainnya, jika sahabat memanfaatkan system ppob sebagai bisnis pembayaran, maka keuntungan yang di dapat relatif sangat minim karena hanya berkisar Rp.1000 s/d Rp.1300 pertransaksi, belum termasuk biaya tinta, kertas dan perawatan peralatannya.

Hukum Transaksi PPOB

Dikutip dari laman NU online, maka hukum transaksi PPOB adalah di perbolehkan mengingat transaksi dengan perusahaan ppob adalah jenis transaksi Bai’ maushufin fidz dzimmah, yakni jual beli yang jelas sifat, jenis dan manfaat barangnya.

Selain itu di dalam transaksi PPOB juga tidak terdapat unsur gharar, sehingga boleh dilakukan oleh siapa saja baik sebagai alternatif pembayaran ataupun sebagai bisnis tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here