Beranda Bisnis Pemasaran Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya

Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya

70
0
Apa yang di maksud dengan Segmentasi Pasar ? Segmentasi pasar adalah? pengertian segmentasi pasar apa ya?, petanyaan tentang segmentasi pasar seperti ini seringkali saya dengar di kalangan mahasiwa ataupun mereka yang sedang melakukun riset pemasaran untuk bisnis mereka.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini izinkan kami untuk membahas secara lengkap tentang pengertian segmentasi pasar lengkap beserta contoh segmentasi pasar yang ada di lingkungan kita dan tujuan dari segmentasi pasar yang dilakukan oleh mereka.

Jadi Pengertian Segmentasi Pasar Adalah?

segmentasi pasar adalah

Ok, sebelum kita bahas lebih dalam tentang segmentasi pasar, maka tentu kita harus mengertahui pengertian dari segmentasi pasar itu sendiri, agar kita bisa memahaminya dengan lebih mudah.

Dan untuk itu maka harus kita bedah dari asal kata segmentasi pasar itu sendiri yang berasal dari (kata Segmen yang berarti = Bagian, golongan, atau daerah yang di batasi) dan (kata pasar yang berarti = Tempat melakukan jual beli, atau daerah yang menjadi target penjualan).

Jadi segmenatasi pasar adalah pembagian pasar menjadi kelompok kelompok tertentu yang di sesuaikan dengan karakteristik, perilaku konsumen yang ada di pasar tersebut.

Atau bisa kita artikan juga sebagai proses pengidentifikasian, ataupun proses riset perbedaan prilaku konsumen yang terjadi di suatu pasar sebagai bahan evaluasi agar proses pemasaran produk yang dilakukan nanti tepat sasaran yang tentunya akan menunjang kesukesan suatu bisnis.

Contoh Segmentasi Pasar

Agar pemahaman sahabat lebih jelas, berikut ini saya berikan contoh beberapa segmentasi pasar dari produk produk yang ada di indonesia.

Segmentasi pasar dari aqua

Siapa yang tidak kenal produk yang satu ini? kalau sahabat jeli dalam mentelaah, maka segmentasi pasar yang di tunjukan aqua sangatlah jelas, diantarnya :

Secara umum : aqua menyasar segmentasi pasar orang orang yang super sibuk dan memiliki mobilitas tinggi namun tetap ingin mepunyai gaya hidup sehat, hal ini bisa kita lihat dari kemasan aqua mudah di bawa kemana saja dan dimana saja.

Untuk segementasi wilayah, aqua menyasar seluruh wilayah indonesia, karena memang tidak hanya masyarakat di kota saja, di pedasaanpun kita sudah banyak orang orang milineal yang lebih menyukai sesuatu yang instan dan praktis.

Untuk segmentasi demografi aqua menyasar semua kalangan, karena memang akua bisa di konsumsi siapa saja baik itu laki laki, perempuan, tua maupun muda.


Sedangkan untuk segemtasi psikologis, segmentasi pasar aqua menyasar kelas menengah keatas yang memang lebih memperhatikan asupan makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Dengan segmen pasar yang sangat jelas seperti ini terbukti promosi produk aqua sangat efektif dan sekarang menjadi icon minuman mineral pertama di indonesia

Segmen Pasar Dari Sepeda Motor Matic

Contoh lain bisa kita lihat juga segmentasi pasar dari sepeda motor matic, yang secara umum menyasar mereka yang ingin lebih praktis dalam berkendara, karena tidak perlu menggunakan gigi layaknya sepeda motor biasanya.
 
Secara psikologis : sepeda motor matik menyasar kelas menengah keatas, karena memang harga sepeda motor yang cukup tinggi.
 
Secara demografi segmen pasar dari sepeda motor matic adalah kalangan anak muda dan generasi milenial yang ingin tampil lebih trendi dan moderen.
 
Sedangkan secara geografi segmen pasar sepeda motor matic menyasar semua wilayah di indonesia.
 

Segmentasi Pasar Iphone (apple )

4 dasar segmentasi pasar
Baca juga : Pengertian Branding Menurut Para Ahli



Mari kita perhatikan juga segmentasi pasar dari iphone ataupun apple, yang secara psikologi menyasar kalangan atas dan para pebisnis.

 
Serta secara geografi segmen pasarnya lebih mengarah ke negara negara eropa yang meiliki perekonomian lebih baik dari asia.
 
Serta secara domografi segmen pasar dai apple adalah kalangan executive dan para pengusaha, pejabat dan kalangan atas lainnya.


Sehingga apple selalu berusaha menyediakan produk dengan kualitas NO 1 meskipun dengan harga yagn bisa di bilang mahal untuk kalangan bawah. namun pemasaran produk seperti inipun terbukti berhasil.
 

Tujuan Segmentasi Pasar

Dari pengertian dan contoh segmentasi diatas maka sangat jelas tujuan dari segmentasi pasar adalah.
 
Agar bisa mengukur secara pasti target pasar yang akan kita tuju yang selanjutnya akan di tindak lanjuti dengan pemilihan produksi apakah harus dilakukan secara masal ( untuk target pemasaran umum ) ataukah hanya memasarkan untuk kalangan tertenu yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda.
 
Tujuan lain dari segmentasi pasar adalah agar pemasaran bisa lebih terarah yang menghindari terjadi kerugian dan memperbesar kemungkinan untuk memperoleh laba yang cukup tinggi.
 

Manfaat Segmentasi Pasar

Untuk manfaat segmentasi pasar sendiri juga sudah jelas antara lain
 
1. Produsen lebih memiliki kesempatan kesempatan yang lebih baik dalam memilih pemasaran yang akan di lakukan, karena sudah mengetahui secara menyeluruh tentang prilaku konsumen yang akan menjadi target pemasaran.
 
2. Produsen dalam mengatur produk lebih baik dan lebih efisien di sesuaikan dengan yang sudah mereka rencanakan sebelumnya.
 
3. Produsen dapat mengalokasikan anggaran dengan lebih tepat berbekal dari pengetahuannya terhada dari respon dari perliaku pasar yang berbeda beda.
 

Cara Melakukan Segmentasi Pasar

Nah setelah kita mengetahui lebih jauh tentang apa itu segmentasi pasar, maka tidak lengkap rasanya kalau kita tidak jabarakan juga bagaimana tahapan tahpan untuk melakukan segementasi pasar agar bisa melakukannya baik dengan benar..
 
Nah berikut ini tahapan tahapan dalam melakukan segmentasi pasar:
 
1. Tahap Pengamatan Secara Langsung
 
Dalam hal ini kita harus memiliki team khusus yang bisa melakukan pengamatan secara langsung di lokasi pasar yang menjadi target pasar kita.
 
Pengamatan disini bisa dengan cara melakukan survei dan wawancara terhadap pedang serta pembeli yang ada di wilaya tersebut. Bisa juga dengan memanfaatkan data data penting seperti tingkat pendidikan masyarakat, gaya hidup , serta adat istiadat yang ada di daerah tersebut.
 
Tahapan ini sangatlah penting, maka tak heran jika ada beberapa perusahaan yang bahkan menggunakan jasa konsultan dengan mendapatkan data segmentasi pasar yang benar benar valid.
 
Diantara hal hal yang harus diamati adalah
 
  • apakah wilayah tersebut mudah di akses dan tidak rawan bencana alam serta apakah wilayah tersebut termasuk perkotaan atau pedesaan
  • TIngkat ekonomi masyarakat serta kelas sosial yang ada di daerah tersebut
  • Serta pengamatan mengenai respon konsumen terhadap produk tertentu
 
2. Tahap Analisis Data Yang Di Dapat
 
Setlah tahap pengamatan secara langsung tentu harus ada analisis data yang di dapat, yang tentu harus didiskusikan dengan pihak pihak terkait untuk melakukan analisis dan evaluasi terhadap data yang sudah didapat.
 
3. Tahap Realisasi Segmentasi Pasar
 
Taha terakhir tentu adalah realisasi terhadap segemntasi pasar, dimana di tahap ke 3 ini kita sudah mengetahui perbedaan prilaku pasar, serta target pasar yang akan kita pilih untuk selanjutnya melakukan produksi dan pemasaran produk yang akan di pasarkan.
 
Demikianlah pembahasan kita tentang segmentasi pasar secara lengkap, semoga bisa menambah pengetahuan dan memberikan pencerahaan tentang pertanyaan sahabat selama ini.
 
Materi lainnya silahkan sahabat baca : Pengertian manajeman pemasaran menurut para ahli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here