Penyebab Susah Cari Kerja Dan Solusinya

54 views

Susahnya cari kerja beberapa tahun belakangan ini semakin kian terasa, hal ini karena tidak adanya keseimbangan antara lapangan pekerjaan yang ada dengan para pencari kerja yang setiap tahun Yang semakin bertambah banyak.

Tidak hanya mereka yang tidak berpendidikan. Bahkan kalangan sarjanapun kini mulai merasakan susahnya mencari pekerjaan dan semakin tingginya perasaingan.

Lantas apa yang harus kita lakukan? apaka kita harus menyalahkan pemerintah atas susahnya cari kerja an ini?

Sebagai masyarakat yang cerdas, tentu tidak elok kiranya kalau kita hanya menyalahkan pemerintah, tanpa intropeksi diri kita sendiri kenapa begitu susah cari kerja.

Karena bisa jadi penyebab utama kita susah medapatkan pekerjaan adalah bersumber dari sikap dan mental diri kita yang hanya tergantung dengan pemerintah dan juga orang lain untuk bisa bekerja.

Berikut Beberapa Penyebab Susahnya Cari Kerja

Susah cari kerja

Nah, untuk itulah saya mencoba mentelaah berdasarnya pengalaman pribadi dan juga teman teman saya beberapa penyebab susahnya mencari pekerjaan, yang semoga bisa menjadi bahan instropeksi diri kita

1. Terlalu Banyak Pilih Kerjaan

Ini adalah salah satu penyebab utama mengapa begitu sulit mendapatkan pekerjaan yang banyak terjadi di masyarkat. karena banyak yang merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang ada sehingga memilih untuk menunggu pekerjaan yang cocok.

Dan apa yang terjadi?

Akhirnya pekerjaan yang cocok itu tak kunjung tiba, karena memang kebutuhan dilapangan sangat sedikit dan tingginya persaingan . Akhirnya menjadi pengangguran hingga bertahun tahun lamanya.

2. Ego Dan Gengsi Yang Terlalu Tinggi

Egi dan gengsi yang terlalu tinggi juga bisa menjadi penyebab utama susah cari kerja an, karena dengan ego dan gengsi yang tinggi kita akan cenderung terlalu selektif dalam memilih pekerjaan yang belum tentu kita dapatkan.

Jangan mentang menang sarjana, tapi tidak mau merintis dari bawah, dan ingin pekerjaan dengan jabatan yang posisi yang tinggi yang tentu sangat sedikit sekali lowongan pekerjaan dibidang ini.

Padahal banyak koq, mereka yang saat ini menduduki jabatan tinggi di perusahaan yang dalunya merintis dari karyawan biasanya dan akhirnya diberi kepercayaan untuk memegang suatu jabatan.

Jadi saran saya, janganlah terlau gengsi untuk menerima pekerjaan yang ada didepan mata selama itu halal, karena bisa jadi pekerjaan tersebut menjadi batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik nantinya.

3. Salah Pilih Jurusan

Salah pilih jurusan pada saat kuliah bisa jadi salah satu penyebab susah cari kerja, karena bisa jadi anda memilih jurusan yang penyerapan tenaga kerjanya sedikit dan banyak dari lulusan jurusan tersebut yang belum mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk kuliah, alangkah lebih baiknya jika melakukan korscek lebih dahulu jurusan mana saja yang membutuhkan tenaga kerja paling banyak dengan sedikit persaingan.

4. Tidak Punya Keterampilan Yang Di Butuhkan

Di era sekarang ini keterampilan “lebih utama dari pendidikan” kenapa?. karena sistem pendidikan indonesia masih belum bisa menghasilkan lulusan lusan yang terampil yang dibutuhkan oleh pihak industri, sehingga setelah lulus kuliah tetap harus belajar lagi.

Berbeda dengan mereka yang memiliki keterampilan dan pengalaman, meskipun pendidikan mereka “rendah” bisa saja cepat mendapatkan pekerjaan, karena sudah terampil berdasarkan pengalaman mereka.

5. Tempat Tinggal Yang Terlalu Jauh Dari Daerah Industri

Tempat tinggal anda yang terlalu jauh dari komplek industri bisa menjadi kendala anda untuk mendapatkan pekerjaan, karena minimnya mendapatkan informasi lowongan kerja, yang biasanya lebih cenderung mendahulukan orang setempat.

6. Pasif Dan Kurang Giat Mencari Informasi lowongan Pekerjaan

Informasi lowongan kerja terkadang tidak diumumkan secara langsung lewat media online ataupun koran, melainkan hanya melalui karyawan dari mulut kemulut.

Sehingga buat kita yang kuran giat bersosialisasi dengan mencari informasi lowongan kerja terkadang sangat sulit mendapatkan infor lowongan kerja karena keduluan oleh orang lain.

Solusi Buat Yang Susah Cari Kerja An

solusi susah cari kerjaan

Nah untuk solusi bagi yang susah cari kerja an itu tergantung dari sumber permasalah yang anda rasakan. So , anda harus tahu lebih dahulu apa sebenarnya penyebab utama bagi anda sulut dapat kerjaan seperti yang saya sebutkan diatas.

1.Solusi Buat yang sulit cari kerja karena terlalu banyak pilih.

Buat anda yang merasa selama ini terlalu banyak pilah pilih kerjaan. maka tidak ada jalan lain, mulai dari sekarang cobalah untuk menerima tawaran pekerjaan yang datang kepada anda, Insaya Allah itu bisa menjadi batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan idaman anda nantinya.

Karena menolak tawaran kerja yang datang sama saja dengan menolak rezeki yang datang dari ALLAH SWT.

2. Solusi Untuk Yang Susah Cari Kerjaan Karena Ego.

Pada dasarnya setiap manusia pasti memilii ego tersendiri, tergantung dari tiap tiap individu dalam mengendalikannya. Apalagi dalam hal pekerjaan, jangan hanya karena ego untuk mendapatkan pekerjaan yang “keren” malah anda menolak tawaran pekerjaan yang datang, yang bisa jadi sebenarnya itu adalah pembuka jalan rezeki bagi anda.

3. Soulusi Buat Yang Merasa Salah Jurusan

Buat anda yang merasa salah jurusan, buah jauh jauh persaan itu, karena walau bagaimanapun segaga seseuatu yang sudah terjadi adalah ketentuan ALLAH yang terbaik untuk kita.

Jadi daripada mengeluh tentang salah jurusan, lebih baik mencari peluang kerja yang sesuai dengan jurusan anda, atau bisa juga membuka lapangan pekerjaan sendiri.

4. Solusi Buat Yang Sulit Dapat Kerja Karena Tidak Punya Kererampilan

Maka mau tidak mau anda harus mengikuti pelatihan pelatihan yang bisa meningkatkan keterampilan anda, baik itu yang di adakan oleh pemerintah maupun yang secara pribadi.

Pengalaman saya pribadi, kalau yang dari pemerintah biasanya disalurkan melalui Dinas Tenaga Kerja daerah setempat melalui balai latihan kerja yang diakan setiap tahunya.

Atau secara pribadi anda bisa mengikuti pelatihan pelatihan yang menurut anda memiliki peluang yang bagus untuk mendpatkan pekerjaan

5. Solusi Bagi Yang Sulit Dapat Kerja Karena Tempat Tinggal Yang Jauh

Bagi anda yang susah cara kerja karena tempat tinggal yang jauh, maka saya anda bisa mencoba mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan cara kost dll.

Atau anda bisa mencoba membangun bisnis sendiri misalnya dengan jualan makanan, ataupun mencoba salah satu dari kerja online.

6. Solusi Buat Yang Sulit Cari Kerja Karena Terlalu Pasif

Maka tidak ada jalan lain selain anda harus mulai bergaul dan mencari informasi dari teman teman anda yang sudah bekerja, karena biasanya info lowongan pekerjaan itu lebih cepat datang dari orang orang yang sudah bekerja

Gravatar Image
Blogger dari kota kecil di kalimantan tengah, Tepatnya di desa sungai kapitan, kumai, pangakalan bun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *