Tingkatkan Ranking Website Dengan 5 Cara Ini

10 views

Meta Deskripsi: Ranking website sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung website. Untuk mencapai ranking teratas, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Menempati urutan teratas halaman pencarian Google dengan keyword yang dibidik tentu sangat menguntungkan bagi pemilik website. Keuntungan yang paling sederhana adalah memiliki kemungkinan lebih besar untuk dilirik oleh calon pengunjung. 

Setelah membeli hosting, domain, dan memilih CMS yang akan digunakan, inilah capaian selanjutnya yang menentukan kesuksesan website. Untuk para pemula yang masih awam, CMS adalah platform yang akan Anda pakai untuk mengelola konten yang ada di dalamnya. Jika menggunakan WordPress, Anda bisa memanfaatkan template WordPress gratis untuk mempercantik tampilan website untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Bayangkan jika website tersebut adalah toko online atau sebuah website pendukung yang terhubung dengan toko online. Meski tidak semua kunjungan berhasil dikonversi sebagai penjualan, potensi mendapatkan keuntungan jelas lebih besar. Karena itu, sangat penting untuk memahami cara meningkatkan ranking website di mata Google. Simak tipsnya berikut ini.

1.Memiliki backlink di website lain

Link building adalah faktor yang penting untuk meningkatkan ranking website. Bentuk link building adalah backlink dari website lain menuju ke website Anda. Perlu diingat, tidak semua backlink akan berdampak positif terhadap website. 

Baca juga: 3+ Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Menambah Portofolio Online

Kriteria backlink yang bagus adalah harus natural dan berkualitas. Backlink yang baik berasal dari pemilik website lain yang sukarela merekomendasikan sebuah postingan karena dinilai penting dan bermanfaat. Ini berarti bahwa kualitas konten website memiliki peran yang sangat besar. Jika konten bagus, secara otomatis akan banyak dikutip dan berbuah menjadi backlink yang baik bagi website.

Cara kedua untuk mendapatkan backlink adalah meminta pemilik website lain untuk melakukannya. Sebelumnya, Anda bisa mengecek broken link di website tersebut, lalu membuat artikel serupa dengan pembahasan yang lebih baik dan mendalam. Tawaran untuk mengganti broken link dengan link yang berkualitas dari Anda tentu bermanfaat bagi kedua pihak.

2.Memperbaiki internal link

Bukan hanya backlink, internal link dengan struktur yang bagus juga dapat meningkatkan ranking website. Internal link adalah tautan atau link yang mengarah pada halaman lain di website yang sama. Tujuan utama menggunakan internal link adalah memudahkan pengunjung menemukan informasi lain yang serupa dengan halaman yang sedang dikunjungi.

Baca juga: 3 Tips Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Online

Jika dilihat dari bentuknya, internal link serupa dengan link di related posts. Namun, internal link yang akan dipakai dapat dipilih dan disesuaikan secara sengaja berdasarkan prioritas. Sementara itu, link di related posts muncul secara otomatis berdasarkan sistem. Dari penjelasan ini, jelas internal link lebih tepat sasaran dan berkualitas.

3.Perbaiki kualitas konten

Setelah beli domain dan hosting, pekerjaan bukan berarti selesai. Seperti yang telah dibahas pada poin pertama, konten merupakan faktor penentu untuk meraih ranking terbaik di Google. Karena itu, jangan pernah mengabaikan kualitas konten yang dipublikasikan. Ada sejumlah kriteria konten berkualitas, yaitu memiliki bobot yang tinggi, kredibel, tidak membosankan, dan bernilai.

Baca juga: 3 Cara Efektif Agar Website Toko Online Mudah Terindex Google

Untuk menulis konten berkualitas, Anda terlebih dahulu perlu melakukan riset. Tidak perlu ragu untuk membandingkan konten beberapa website lain berdasarkan topik yang sama. Selanjutnya, bahas topik tersebut di website Anda secara lebih mendalam dan lengkap. Bukan hanya konten baru, Anda juga perlu memperbaiki konten-konten lama di website dengan cara ini.

4.Optimasi website versi mobile

Apakah website Anda ramah terhadap pengguna mobile? Google ternyata mempertimbangkan faktor mobile friendly untuk menentukan ranking website demi memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Pasalnya, mayoritas pengguna layanan Google saat ini menggunakan perangkat seluler untuk mengakses suatu website. 

Baca juga: 5 Tips Digital Marketing untuk Pemula

Karena itu, tugas pertama yang harus dilakukan adalah mengecek status website Anda. Jika belum mobile friendly, ada beberapa langkah yang dapat dicoba antara lain, mengganti tema website dengan yang lebih responsif, membuat menu yang simpel, memilih jenis font yang tepat, melakukan optimasi pada gambar, mengurangi pop-up, dan menjadikan kecepatan sebagai prioritas.

5.Menggunakan keyword yang tepat

Sebelum membuat konten, memilih keyword sebetulnya merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Untuk menentukan keyword yang tepat, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, kenali target pasar Anda. Cara yang paling mudah untuk melakukan ini adalah dengan teknik Buyer Persona. Ini adalah rincian target pemirsa website, mulai dari jenis kelamin, usia, perkiraan penghasilan, hobi dan minat, hal yang ingin dicapai, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Tips SEO untuk Website Toko Online

Kedua, gunakan juga long tail keyword yaitu kata kunci yang panjang dan tepat sasaran. Selain lebih banyak dicari, saingannya pun biasanya lebih sedikit daripada keyword yang pendek. Untuk mencari long tail keyword, Anda bisa menggunakan beragam tool gratis yang tersedia di internet.

Setelah menemukan keyword yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan konten yang tepat untuk keyword tersebut. Dalam hal ini, konten tidak hanya berupa kata atau gambar, tetapi juga file yang bisa diunduh, tool yang bisa dipakai, dan ulasan dari pengunjung. 

Baca juga: Lancar Belajar Coding Dengan 8 Cara Berikut

Untuk itu, Anda perlu memposisikan diri sebagai calon pengunjung yang sedang mencari informasi tentang keyword yang dimaksud. Dengan demikian, konten website Anda dapat lebih memenuhi kebutuhan pengunjung.

Inilah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ranking website setelah beli domain dan hosting. Tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan, bukan? Selamat mencoba!

Gravatar Image
Blogger dari kota kecil di kalimantan tengah, Tepatnya di desa sungai kapitan, kumai, pangakalan bun.