tips digital marketing

3 Tips Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Online

13 views

Bagi para fresh graduate, masalah terbesar yang mulai dihadapi di awal masa kelulusan adalah mendapatkan pekerjaan yang tepat. Banyak di antara mereka yang dihinggapi rasa galau karena tidak segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan atau merasa tak kunjung cocok dengan pekerjaan yang didapatkan.

Jika Anda baru saja lulus, tidak ada yang salah apabila Anda ingin mengikuti idealisme untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion. Terbukti tidak sedikit di antara para lulusan baru yang rela menganggur hingga akhirnya menemukan pekerjaan yang dirasa tepat. Namun jika Anda melakukannya, langkah ini bisa jadi merepotkan diri Anda sendiri.

Baca juga: 3+ Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Menambah Portofolio Online

Walau jumlah lulusan yang belum memiliki pekerjaan semakin membludak, banyak dari mereka yang enggan menunggu dan memulai usaha sendiri. Salah satunya adalah dengan membuat toko online. Baik dengan membeli hosting sendiri atau melalui jasa pembuatan website toko online, para lulusan baru ini mencoba peruntungan dengan membangun bisnis dari nol.

Apakah terbesit di pikiran Anda untuk mencoba membuat toko online sendiri? Jika masih belum memiliki modal berlebih untuk menggunakan jasa pembuatan website, Anda bisa memanfaatkan blog sebagai media jual beli online. Dengan cara membuat blog di blogspot, bisnis online sudah bisa Anda mulai tanpa mengeluarkan banyak biaya sebagai modalnya.

Walau begitu, website bukanlah satu-satunya modal yang diperlukan saat Anda ingin membangun bisnis online sendiri. Lebih dari itu, Anda juga harus menguasai keahlian digital marketing dan memanfaatkan berbagai tools selain website untuk membangun sebuah bisnis. Keahlian ini yang nantinya digunakan untuk membentuk impresi brand Anda di ranah online.

Lantas bagaimana jika Anda belum tidak memilikinya sama sekali. Tidak ada pilihan selain mencoba mempelajarinya step-by-step hingga akhirnya Anda bisa mengerti strategi seperti apa yang harus diambil agar bisnis Anda dapat berkembang lebih pesat secara online. Berikut 3 tips digital marketing yang bisa diterapkan saat memulai bisnis online.

1.Display foo yang memanjakan mata

Sebagai pemilik bisnis, aspek utama yang dapat menarik pelanggan baru adalah konten foto maupun video. Dalam mempromosikan bisnis online, metode mouth to mouth atau mulut ke mulut saja tidak cukup. Anda harus menyuguhkan konten berupa foto yang dapat meyakinkan calon pelanggan untuk benar-benar membeli produk toko Anda.

Mari kita ambil contoh. Misalnya Anda ingin membangun sebuah bisnis online pada bidang fashion. Konten yang ditampilkan tentu harus didukung dengan adanya model yang membuat item fashion tersebut terlihat stylish saat digunakan. Sehingga jika Anda beriklan di media sosial, audience yang melihat akan langsung berhenti untuk melakukan klik ke website Anda.

Baca juga: Jenis kerja online dari rumah

Dalam pembuatan konten foto, gear seperti kamera dan lensa bukanlah penentu hasil akhirnya. Aspek lain seperti komposisi foto produk yang akan diambil dan properti pendukung di dalamnya pun harus dicermati. Sebelum melakukan sesi foto, akan lebih baik apabila Anda membuat konsep dari foto produk yang akan dijadikan media promosi bisnis Anda.

Komposisi foto yang dimaksud tidak hanya melibatkan properti dan produk toko online Anda, tetapi juga beberapa faktor lain seperti pencahayaan, angle, background, dan komposisi warna. Bayangkan saja kalau Anda memotret produk di tempat yang minim cahaya, hasilnya foto produk pun tidak akan maksimal. Effort dalam proses editing juga menjadi lebih lama dan berat.

2.Gunakan copywriting yang menarik

Masih berkaitan dengan konten promosi sebuah bisnis online, aspek tulisan untuk kebutuhan copywriting juga tidak boleh kelewatan. Walaupun foto atau video yang Anda gunakan bisa memanjakan visual audience yang melihatnya, elemen copywriting seperti tagline hingga caption bisa membuat calon pelanggan semakin tertarik lagi dengan produk Anda.

Adanya copywriting dalam sebuah promosi suatu bisnis mampu menambah kekuatan dari produk yang Anda jual. Kekuatan ini ditunjukan melalui aspek-aspek yang tidak bisa ditampilkan secara visual, seperti tekstur, aroma, hingga perasaan yang timbul setelah menggunakannya. Jika foto bisa memanjakan mata, copywriting harus bisa membuai imajinasi calon pelanggan yang akan membelinya.

Mari kita ibaratkan sebuah bisnis produk kecantikan sebagai contoh. Apabila Anda menjual produk-produk kecantikan seperti makeup atau skincare, hal yang bisa dideskripsikan dengan lebih detail adalah formula yang terkandung di dalamnya, tekstur dan aroma produk, hingga hasil dari pemakaian produk tersebut.

Selain rincian deskripsi produk, copywriting yang menarik juga harus diterapkan pada pembuatan tagline campaign. Dalam promosi online, campaign promosi produk biasanya mengandalkan hashtag tertentu yang digunakan pada caption konten di media sosial.

Baca juga: Cara terbaik mendapatkan pasif income di internet

Hashtag yang unik memungkinkan audience platform tersebut untuk ikut mempromosikan produk yang Anda jual dan menambah exposure campaign yang sedang berlangsung. Semakin tinggi tingkat exposure yang didapatkan, semakin meningkat juga kemungkinan pertambahan pelanggan yang bisa Anda dapatkan.

3.Optimasi SEO pada website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu modal bisnis yang bisa Anda andalkan adalah website toko online. Walau tren media sosial sedang naik, namun keberadaan website mampu memperkuat personal branding dari bisnis Anda di mesin pencarian. Online presence dari sebuah website juga lebih menguntungkan secara jangka panjang jika dibandingkan dengan platform media sosial.

Apabila Anda sudah memiliki sebuah website, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengoptimasi konten di dalamnya. Selain mengandalkan dua poin sebelumnya, Anda juga perlu memperkuat konten website dengan SEO (Search Engine Optimization). Dengan SEO, konten yang Anda kelola akan menunjang performa website di mesin pencarian, seperti Google.

Kesimpulan

Mendapatkan penghasilan dari sebuah bisnis online bisa menjadi opsi yang menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan web hosting murah untuk membuat website toko online dan mempromosikan produk melalui berbagai platform online lain, seperti media sosial. Namun, Anda perlu memahami cara kerja digital marketing untuk memasarkannya.

Melalui tiga tips di atas, Anda bisa mengelola konten dengan lebih maksimal di berbagai platform digital, baik melalui website maupun media sosial. Dengan begitu, produk Anda akan lebih dikenal masyarakat luas dan omset penjualan pun semakin meningkat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *