5 Tips SEO untuk Website Toko Online

9 views

Meta deskripsi: SEO dikenal memberikan keuntungan dan menaikkan penjualan. Bagi yang ingin membuka website toko online, jangan lewatkan tips SEO berikut!

Pada zaman yang dipenuhi kemajuan teknologi ini, tidaklah sulit membuka usaha dengan modal minim. Tanpa mempunyai toko fisik pun Anda sudah dapat berbisnis secara online, bahkan dengan cara install wordpress di localhost pada hosting murah

Banyak kisah kesuksesan para pebisnis yang bermodal kecil, tetapi mampu menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Namun, keberhasilan tersebut tidak dapat diraih secara cuma-cuma. Butuh meluangkan waktu dan tenaga ekstra supaya memperoleh hasil yang maksimal. 

Salah satu langkah yang bisa digunakan sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa paypal adalah dengan memanfaatkan optimasi SEO. Search Engine Optimization atau SEO membuat siapa pun mampu menaikkan lalu lintas website tanpa menguras bujet..

Penasaran bagaimana cara menggunakan SEO untuk situs web daring? Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini.

Tips seo toko online

1.Buat judul dan deskripsi yang menarik

Produk atau jasa apakah yang Anda dijual di situs web toko? Pastikan untuk membuat judul yang jelas dan akurat. Judul ditujukan untuk menarik minat orang lain. Jadi, nama produk atau jasa yang dipasarkan harus ada pada tag judul (H1). 

Tampilkan namanya di 3 kata paling awal sebisa mungkin. Apabila toko online Anda hanya menjual satu merek maka nama seri dan varian sudah cukup untuk judul.

Sementara itu, bagian deskripsi harus disertakan kata kunci di dalamnya. Usahakan memakai kata kunci utama dan kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing) pada deskripsi produk. Nantinya Google akan lebih gampang melakukan crawling pada website toko Anda. Buatlah deskripsi sepanjang minimal 300 kata dan meletakkan kata kunci secara tersebar.

2.Buatlah meta deskripsi

Kata kunci tidak hanya diletakkan pada judul, tetapi juga bisa ditaruh di meta deskripsi. Ini akan membantu situs web toko meraih jumlah klik yang banyak. Google akan meng-highlight kata kunci yang telah diletakkan pada judul dan meta deskripsi. Dengan begitu, audience akan mendapatkan kesan mengenai seberapa relevan isi situs web dengan hal yang sedang mereka cari.

Baca juga: 3 Tips Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Online

Buatlah meta deskripsi dengan bahasa semenarik mungkin sehingga orang tertarik untuk meng-klik laman situs Anda. Masukkan kata-kata sugestif atau persuasif seperti “temukan di sini”, “pelajari selengkapnya”, “cek di sini”, atau “telusuri lebih lanjut”. Walaupun hanya ajakan sederhana, kata-kata tersebut bisa membuat orang semakin berminat dan mencari tahu apa yang Anda tawarkan.

3.Riset kata kunci

Kata kunci atau keyword merupakan pilar penting dalam penelusuran organik. Artikel dengan kata kunci yang kurang tepat hanya akan membuat toko online sulit ditemukan calon pembeli. Riset kata kunci sesungguhnya tidaklah sulit dan bisa dilakukan sendiri.

Terdapat tiga indikator penting dalam mencari kata kunci, yakni kompetisi, volume pencarian, dan intensi kata kunci. Cek volume pencarian yang menunjukkan potensi lalu lintas kata kunci terbanyak. Potensi yang didapatkan akan semakin tinggi apabila volumenya besar.

Baca juga: 3 Cara Efektif Agar Website Toko Online Mudah Terindex Google

Sementara itu, kompetisi memperlihatkan tingkat kesulitan situs toko untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil penelusuran. Adapun intensi kata kunci yang mempertemukan situs toko dengan target pemirsa yang tepat. Cobalah masukkan kata-kata berintensi komersial, misalnya “beli”, “diskon”, “promo”, “jual”, dan “murah”.

4.Tingkatkan kecepatan situs web

Ingin punya situs web dengan waktu pemuatan yang cepat? Manfaatkan optimasi gambar, optimasi performa dan fitur, serta layanan hosting murah. Pilih format, ukuran berkas, dan ukuran dimensi gambar yang paling tepat untuk toko Anda. Tujuannya supaya toko online tak terbebani dengan pemuatan fail berukuran besar.

Baca juga: 3+ Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Menambah Portofolio Online

Selain itu, tingkatkan performa dan fitur website dengan mencopot plugin yang tidak diperlukan. Gunakan pula tema situs yang menyertakan penulisan coding rapi. Selanjutnya, pilih layanan hosting murah yang menghadirkan fitur lengkap. Contohnya, WP Accelerator, Imunify350, dan Litespeed.

5.Atur URL

Sama seperti alamat toko di dunia nyata, URL harus ditulis dengan jelas. Pengunjung dan Googlebot nantinya akan mengetahui jalan menuju situs web Anda dengan mudah. Buatlah URL yang ramah SEO dan susunannya tidak terlalu bertingkat-tingkat.

Pastikan panjang URL berada di antara 50 sampai 60 karakter. Lansiran backlinko.com menyatakan bahwa URL pendek dapat berpotensi menaikkan peringkat di mesin pencarian. Jangan lupa samakan URL dengan judul konten. Hiangkan pula kata-kata yang tak perlu dan hindari menyertakan kategori maupun subkategori dalam URL.

Baca juga: 5 Tips Digital Marketing untuk Pemula

Demikian uraian seputar tips-tips SEO untuk mendukung kemajuan situs web toko online Anda. Setelah memahami pembahasan di atas, langsung saja terapkan dan lihat hasilnya di kemudian hari. 

Perkembangannya bisa jadi tidak berubah begitu saja dalam waktu singkat. Namun, patut diketahui bahwa tidak ada cara yang instan untuk mendapatkan kesuksesan.

Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan jangan lupa bagikan kepada orang-orang terdekat, ya!

Gravatar Image
Blogger dari kota kecil di kalimantan tengah, Tepatnya di desa sungai kapitan, kumai, pangakalan bun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *