Beranda Bisnis Peluang Usaha Mau Usaha Di Daerah Sepi ? Kenapa Tidak

Mau Usaha Di Daerah Sepi ? Kenapa Tidak

100
0
Mau usaha di daerah sepi, sering kali membuat kita bingung memilih usaha yang tepat untuk kita jalankan. Karena jika kita salah melangkah dalam memulai usaha di daerah sepi, maka otomatis usaha kita sangat sulit berkembang, karena belum banyaknya pertumbuhan penduduk di sana


Seperti di pedesaan misalnya. Tentu usaha di daerah sepi seperti pedesaan, tidak bisa kita samakan dengan usaha di daerah perkotaan yang tentunya ramai akan penduduk, sehinga hampir semua bidang usaha bisa kita coba di sana.


Usaha di daerah pedesaan, tentu harus kita sesuaikan dengan lokasi desa tersebut, dan dengan menggali potensi potensi desa yang kemudian bisa kita kembangkan menjadi suatu usaha

usaha di daerah sepi

Seperti yang pernah saya ceritakan di artikel saya sebelumnya. Tentang seorang pemuda yang berhasil merubah kebun strowberry milknya menjadi bisnis agrowisata, sehingga menjadi untuk berlipat lipat, yang sebelumnya sempat hampir mengalami kebangkrutan.


Baca di : Belajar bisnis agrowisata dari Irfandie Adi Pradana


Maka bagi kita yang mau usaha di daerah sepi, maka tentu kita harus jeli melihat peluang ataupun memilih usaha usaha yang tidak tergantung dari banyaknya orang atau jumlah penduduk yang ada.


Bagi saha bat yang masih bingung hendak memilih usaha apa di kampung sahabat.

Berikut ini Beberapa Usaha Yang Cocok Dilakukan Di Daerah Sepi

1. Menjadi
Seorang Blogger

Nah menjadi
blogger ini merupakan salah satu usaha di daerah sepi yang terbaik yang bisa sahabat coba. 



kenapa? 


karena menjadi
seorang blogger ini tidak tergantung dengan jumlah penduduk dan tingkat
keramaian di dalam suatu daerah, layaknya usaha usaha lain seperti usaha kuliner ataupu toko pakaian.
Jadi,
meskipun tempat tinggal kita saat ini sangat sepi, itu bukanlah masalah dan
kita bisa memulai menjadi blogger tanpa harus tergantung dengan siapapun.
Tapi apa itu
blogger ? buat sahabat yang belum mengerti silakan baca di artikel
sayang sebelumnya, tentang : Apa itu blogger dan fungsinya
Intinya, Blogger ini merupakan seseorang yang memiliki blog atau website diisi dengan
artikel ataupun tulisan-tulisan untuk orang-orang yang berkunjung blog mereka,
semakin banyak pengunjung maka semakin besar pula peluang penghasilan yang bisa
blogger dapatkan.
diantaranya
seperti dari Google AdSense iklan Mandiri ataupun dari content placement.
Yang sedang sahabat baca sekarangpun merupakan sebuah blog milik blogger dari kalimantan, yang alhamdulillah bisa memerikan penghasilan tambahan kepada pemiliknya melaui iklan google adsense yang ada di blog ini.

2. Beternak
Ayam Dan Bebek

Selanjutnya,
usaha yang cocok di daerah yang sepi adalah beternak ayam dan bebek, karena
seperti kita ketahui ayam dan bebek merupakan kebutuhan masyarakat yang paling
banyak saat ini .
Hal ini bisa kita
lihat di rumah makan, restoran, atau pun di usaha usaha kuliner lainnya, ayam
dan bebek masih merupakan menu andalan yang banyak dicari oleh masyarakat .
Nah tentu hal
ini merupakan suatu peluang yang sangat bagus buat kita yang tinggal di daerah yang
sepi karena beternak ayam dan bebek ini lebih bagus dan cepat berkembang di
daerah yang cenderung sepi dibandingkan dengan daerah yang ramai akan penduduk.



Yan meskipun memang untuk pemasan ayam dan bebek kita harus menjualnya ke kota ataupun ke pasar, namun saya rasa tidak begitu sulit untuk menjual ayam dan bebek ini, jika kita punya usaha ternak yang sudah berhasil.


Usaha ternak ayam dan bebek yang saya maksud disini tidak hanya berfokus terhadap ayam dan bebek pedaging, melainkan bisa sahabat coba berternak ayam dan bebek petelur yang hasil usahanya juga tidak kalah menjanjikan.

Baca juga : Usaha ternak ayam potong masih sangat menjanjikan

3. Berkebun Buah Mengkudu

Usaha di daerah sepi yang potensial selanjutnya adalah berkebun buah mengkudu. Karena selain tumbuhan yang satu ini mudah tumbuh dimana saja. serta tidak memerlukan perawatan yang sangat kompleks.
 
Harga jual buah mengkudu ini relatif bagus dan mudah karena banyak perusahaan jamu yang membutuhkannya sebagai salah satu bahan produksi mereka.
 
Kalau sahabat tidak percara silahkan sahabat klik di google dengan kata kunci “harga mengkudu” ataupun ” jual mengkudu” maka sahabat bisa dengan mudah menemukan para tengkulak tengkulak buah mengkudu yang menawarkan harga harga yang cukup bagus.
 
So !! saya rasa berkebun buah mengkudu ini merupakan salah satu pilihan tepat untuk sahabat yang ingin punya usaha tapi tinggal di daerah sepi.
 
Mengenai lahan, saya rasa untuk di daerah pedesaan tidaklan menjadi masalah, karena jika kita tidak memiliki lahan sendiri maka kita bisa meminjam atau menyewa lahan kepada masyarakat yang memiliki lahan.

4. Berkebun bunga hias

Selanjutnya sahabat bisa juga mencoba berkebun bunga hias seperti mawar, melati, bunga sepatu dan bunga bunga hias lainnya, yang tentunya sangat banyak di butuhkan masyarakt untuk sekedar menghiasi taman taman rumah mereka, ataupun untuk acara acara penting seperti pernikahan dan lain sebagainya.
 
Apalagi bekebun bunga hiasa ini tidak memerlukan lahan yang luas karena bisa kita kembangkan melalui pot ataupun polibek, sehingga tidak ada alasan untuk mencoba berkebung bunga hias ini.
 
Untuk bibit bunganya bagaimana?
 
Jika memang di daerah sahabat sulit untuk mendapatkan bibit bunga hias, maka sahabat bisa membelinya secara online di marketplace seperti shopee, disana ada banyak penjual yang menjual bibit bungan hias
 

5. Membuat Makanan Ringan

Misalnya seperti membuat keripik tempe ataupun keripik singkong yang tentu dengan mudah kita dapatkan di desa kita, maka itu sudah bisa jadikan bisnis yang cukup menjajikan jika di kelola secara benar.
 
Dengan cara mengemasnya menjadi makanan ringan yang moderen dengan menggunakan branda atau merek sendiri.
 
Banyak contoh yang sudah sukses dengna usaha makanan ringan seperti ini, seperti mama tina contohnya, bisa sahbat lihat di vidio di bawah ini kisahnya
 

6. Usaha Ternak Kambing Dan Sapi

Jika sahabat punya modal lebih, maka usaha di daerah sepi yang potensial adalah usaha ternak sapai dan kambing.
 
Kenapa?
 
Karena tentu lingkungannya sangat cocok untuk pertumbuhan sapi dan kambing, karena masih tersedianya rumput segar dan alami yang merupakan makanan pokok sapi dan kambing sehingg mereka cepat tumbuh besar.
 
Apalagi, setiap hari raya idul adha, dan juga acara resmi, sapai dan kambing merupakan salah satu makanan yang paling pavorit, maka tentu usaha ini merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan keuntungannya.

7. Jualan Online

Yang terakhir. bisnis yang cocok buat sahabat yang tinggal di daerah yang sepi adalah jualan online, karena jualan online ini tidak memerulukan tempat khusus dan bisa menjangkau pembeli hingga keseluruh pelosok indonesia.
 
Jadi biarpun sahabat tinggal di tempat yang sepi, jika sahabat bisa melakukan teknik jualan online yang baik dan tepat, maka sahabat bisa mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai derah di seluruh indonesia.
 
Yang terpenting adalah sahabat mengetahui bagaiamana teknik pemasaran online yang baik dan benar serta secara konsisten menjalankan usaha sahabat tersebut.
 
Demikianlah sedikit tengang usaha yang cocok buat sahabat yang tinggal di daerah yang sepi. semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Rahasia Sukses Menjalankan Usaha Di Derah Sepi

Rahasia Sukses Menjalankan Usaha Di Daerah Sepi
 

1. Pilih Porduk Yang Bisa Dikemas Dan Tahan Lama

Ini adalah salah satu kunci sukses menjalankan usaha di daerah sepi.
 
Kenapa?
 
Karena jika produk kita bisa di kemas dan tahan lama, maka akan lebih mudah dalam pemasara nantinya, karena kita tidak hanya mengandalkan pemasaran di daerah tersebut, melainkan kita bisa menjualnya hingga keluar daerah.
 
Terutama bagi sahabat yang memilih bisnis di bidang kuliner, ini sangat pentinng untuk sahabat lakukan, karena jika sahabat hanya mengandalkan pemasaran di daerah sekitar, maka bisnis akan sulit berkembang.
 

2. Membuat Brand Sendiri

Ini juga sangat penting buat kita lakukan, agar promosi yang bisa kita lakukan tidak sia sia, dan usaha kita bisa cepat di kenal oleh masyarakat.
 
Coba bayangkan, jika kita menjual sesuatu menggunakan merek orang lain, maka tentu yang akan di kenal adalah merek tersebut, sehingg jika pelanggan ingin membeli kembali mereka akan mencari merek yang ada di kemasan tersebut.
 
Lain halnya jika produk kita sudah memiliki brand sendiri, maka secara tidak langsung akan mempermudah proses promosi dari mulut kemulut yang akan mempercepat perkembangan bisnis kita.
 

3.Melakukan Pemasaran Di Luar Daerah

Jika produk yang sahabat jual merupakan produk fashion atau barang keperluan rumah tangga, maka saya sarangkan agar sahabat menyara pemasaran di luar daerah dengan cara mengikuti bazar bazar yang di adalah oleh pemerintah daerah, ataupun datang langsung ketempat tempat strategi yang ada di perkotaan ataupun di desa.
 
Misalnya seperti di perumahan perusahaan kelapa sawit, dimana setiap bulannya pasti diakan semacam pasar malam yang bisa dijadikan tempat hiburan sekaligus tempat berbelanja bagi mereka.
 
Hal semacam ini harus dilakukan, untuk memperluas jaringan pemasan yg tidak didapat di daerah sahabat.
 

4. Memaksimalkan Pemasaran Melalui Internet

Dan cara pamungkas untuk mendongkrak penjualan usaha di daerah sepi sahabat, maka sahabat harus melakukan pemasaran melalui internet yang kita tahu memiliki jangkauan pemasaran yang tak terbatas.
 
Dalam hal ini sahabat bisa memanfaatkan marketplace seperti shopee.co.id, bukalapak.com, tokopedia.com dll.
 
Sahabat tinggal daftar dan membuat akun disana, maka sahabat sudah bisa menjual produk di kalangan mereka.
 
Sahabat bisa juga menjual melalui media sosial seperti facebook, instagram ataupun dengan cara membuat blog dan website sendiri, jika nanti usaha sudah berkembang.
 
Demikianlah rahasia sukses menjalankan usaha di daerah sepi, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Kesimpulan :

Meskipun kita tinggal di daerah yang sepi bukanlah suatu halangan untuk kita memiliki usaha sendiri, karena tentu masaih banyak usaha yang cukup potensial yang tidak tergantung terhadap jumlah penduduk yang ada
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here