Beranda Bisnis Wirausahawan Adalah Orang Sukses Yang Memiliki Ciri Ciri Sebagai Berikut

Wirausahawan Adalah Orang Sukses Yang Memiliki Ciri Ciri Sebagai Berikut

60
0
Dilihat dari asal katanya maka wirausahwan berarti keberanian untuk melakukan sesuatu yakni bersal dari kata (Wira = Kepahlawanan / Keberanian), dan (Usahawan = Perbuatan Untuk Mencapai sesuatu).

Maka dengan demikian, setiap orang yang memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu maka bisa kita sebuat sebagai wirausahawan, Jadi tidak hanya terbatas kepada ruang lingkup seorang entrepreneur atau pengusaha saja.


Tapi ingat, ini pengertian wirausahawan jika di tinjau dari segi bahasa atau asal katanya.


Namun jika di lihat dari segi maknanya maka wirausahwan adalah sesorang yang memiliki keamampuan untuk melakukan aktifitas yang bisa menciptakan sesuatu yang baru yang bisa membawa perubahan kepada orang banyak.


Terutama dalam hal bisnis dan perdagangan. 


Karena memang kata wirausahawan sendiri di indonesia di artikan sebagai seorang entrepreur atau pengusaha yang mampu menciptakan produk baru yang ia manajemen sendiri serta diciptakan untuk jangka panjang.

CIri Ciri Wirausahawan

wirausahawan adalah
Nah, untuk mempermudah pemahaman sahabat tentang wirausahwan, berikut ini saya akan berkian contoh ciri ciri dari seorang wirausahawan

1. wirausahawa adalah orang yang pandai dan berbakat mengenali produk baru


Ciri yang pertama dari seorang wirausahwan adalah seorang  yang kreatif yang mampu membaca peluang serta mengembangkannya menjadi suatu bisnis yang lebih baik dengan program jangka panjang yang jelas dan matang.


Sifat kreatif ini seolah melekat dalam diri seorang wirausawan meskipun dia dilahirkan bukan dari seorang keluarga pengusaha, karena bisa dibilang sifat ini merupakan anugerah dari tuhan yang di berikan kepada wirausahawan sukses tersebut.


Contohnya seperti wirausawan pencipta aplikasi gojek


Dilihat dari sejarahnya gojek, ide awal tercetusnya untuk membuat aplikasi ini hadir ketika dirinya sedang bercengkerama dengan para tukang ojek pengkolan yang sering mengeluh karena sulitnya untuk mendapatkan penumpang yang mau datang ke pangkalan untuk menggunakan jasa ojek mereka.


Dari situlah ide membuat aplikasi gojek muncul agar bisa mempermudah para tukang ojek untuk memperoleh penumpang tanpa harus menunggu di pangkalan. dan akhinrya gojek menjadi salah satu sturt up terbesar di indonesia saat ini.


2. Wirausahawan adalah Seorang Yang Kreatif


Dalam diri wirausawan terdapat jiwa yang kreatif dalam memandang suatu peluang usaha ataupun suatu permasalah yang terjadi di sekitarnya.


Dimana mereka mampu untuk meciptakan perubahan dari sesuatu yang sebelumnya dianggap biasa biasa saja menjadi sesuatu yang luar biasa.


Dalam hal ini bisa saya contohkan adalah seperti pemilik usaha waralaba Randol, yang berhasil mengubah cendol yang dulunya terkesan sebagai minuman tradisional yang ketinggalan zaman.


Menjadi minuman yang kekinian dan disukai banyak orang bahkan hingga keluar negeri. dengan cara merubah tampilan dan kemasannya menjadi lebih menarik dan di sesuaikan dengan zaman.


Ini merupakan suatu bukti dari kreatifitas seorang wirausahawan.


3.wirausaha adalah orang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam dirinya


Ciri dari wirausahawan yang ketiga adalah memiiki dorongan kekuatan dalam dirinya untuk melakukan ide ataupun sesuatu yang mereka yakini bisa membawa perubahan terhadap usaha yang mereka lakukan.


Mereka juga selalu yakin dan percaya terhadap apa yang mereka lakukan akan memberikan hasil yang maksimal nanitnya meskipun mungkin akan di capai dalam jangka waktu yang cukup lama.


4. wirausahawan berani mengambil resiko yang terkait dengan proses


Wirausahawan juga bernai mengambil resiko yang terkait dengan proses yang dia lakukan dalam membangun usaha mereka dan siap menghadapi kegagalan ataupun keterpurukan dalam usaha mereka, karena mereka tahu kegagalan kegagalan itulah yang sebenarnya bisa mengantarkan mereka kepada kesuksesan.


Untuk itulah tidak ada ceritanya seorang wirausawan yang memiliki mental tempe, karena umumnya mereka adalah yang memiliki mental yang kuat karena sudah di tempa di dalam kegagalan kegagalan dalam membangun bisnis mereka.


5. WIrausahwan memiliki planing jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang


Seorang wirausahawan juga selalu memiliki perencanaan usaha yang matang baik untuk jangka pendek , jangka menengah, jangka panjang terkait dengan seitap bisnis yang mereka lakukan, dan konsisten menjalankan planing tersebut sampai mendapatkan hasil yang maksimal.


Sehingga setiap langkah mereka selalu berpedoman kepada planing tersebut dan tidak melakukan langkah langkah yang gegabah dalam mengambil keputusan terkait pekembangan bisnis yang mereka bangun.

Berikut yang bukan ciri seorang wirausahawan

1. Gampang Menyerah
Gampang menyerah bukan ciri seorang wirausahawan, karena tidak ada kesuksesan yang bisa didapat dengan mudah tanpa harus mengalami berbagai kesulitan lebih dahulu.

2. Tidak Kreatif

Seseorang yang tidak memiliki kreatifitas juga bukanlah seorang wirausawan karena kreatifitas merupakan hal mutlak untuk bisa menciptakan hal hal baru yang lebih sesuai dengan zaman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

3. Takut terhadap resiko yang akan terjadi

Takut terhadap resiko yang akan terjadi juga bukan ciri seorang wirausahawan, karena tidak ada sesuatu didunia ini yang tanpa resiko bahkan setiap hari kita juga selalu berhadapan dengan resiko.

4. Tidak Memiliki Rencana Kerja

Seseorang yagn bukan wirausawan juga akan bekerja tanpa arah dan rencana kerja, sehingga bisnisnya stagnan dan tidak pernah berkembang bahkan bisa mati secara perlahan.

Dilihat dari ciri dan pengertian wirausahawan diatas, maka dapat kita simpulkan bawha wirausahawan dan pedagang itu berbeda.

Wirausahawan dan Penjual Itu Berbeda

Melihat penjabaran tentang arti wirausahawan beserta ciri cirinya diatas maka sangat jelas bahwa sebenarya penjual dan wirausawan itu berbeda, walaupun banyak masyarakat yang menganggapnya sama.

Perbedaa yang sangat mencolok adalah pedagang lebih befokus kepada keuntungan semata, mereka jual hari ini dan dapat untuk itulah yang ada difikiran mereka.

Sedangkan wirausawan berbeda, tidak masalah mereka tidak mendapatkan keuntungan hari ini yang terpenting apa yang mereka jalankan sudah sesuai dengan prosedur dan mereka yakin akan memetik hasilnya suatu saat nanti.


Pedagang juga akan memperlakukan custumer hanya sebatas pembeli yang bisa di ambil keuntungannya, sedangkan wirausahawan akan memperlakukan seorang pembeli sebagai mitra dan memberikan pelayanan sebaik mungkin karena mereka tahu dari hal tersebut akan membuat custumer merasa puas dan bukan tidak mungkin mereka akan kembali membeli produk kita dan merekomendasikannya kepada orang lain.

Demikianlah sedikit ulasan tentang wirausahawan, semoga kita yang membaca ini bisa menjadi salah satu wirausahawan sukses di indonesia kelak.

Baca juga : Kisah Pengusaha Sukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here